Tanya: Bagaimana kriteria, indikator dan bukti fisik dari setiap komponen dalam penilaian kinerja wakasek/ waka madratsah itu?
Tabel 3.2. Kriteria, Indikator dan Bukti Fisik Masing - Masing Komponen dalam Penilaian Kinerja
Wakil
Kepala Sekolah/ Madratsah
A. KOMPONEN 1
: KEPRIBADIAN DAN SOSIAL
|
NO.
|
KRITERIA
|
INDIKATOR
|
BUKTI
|
1.1
|
Berakhlak
mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan
akhlak mulia bagi komunitas di Sekolah/Madrasah.
|
1.
Melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya.
2.
Memiliki sikap dan perilaku keteladanan bagi warga
sekolah.
3.
Bersikap empati terhadap masalah yang dihadapi warga
sekolah.
4.
mengembangkan budaya
senyum, salam, sapa, sopan, santun.
5.
Memperoleh pengakuan dari warga sekolah terhadap
keteladanannya
|
· Kuesioner
· Hasil Wawancara
|
1.2
|
Melaksanakan
tupoksi sebagai kepala sekolah dengan penuh kejujuran, ketulusan, komitmen,
dan integritas.
|
1.
menerapkan kejujuran dalam melaksanakan tugas pokok dan
fungsinya.
2.
menerapkan
ketulusan dalam melaksanakan tugas
pokok dan fungsinya.
3.
menerapkan
komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.
4.
menerapkan integritas yang tinggi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.
|
· Kuesioner
· Hasil Wawancara
|
1.3
|
Bersikap
terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai wakil Kepala
Sekolah/Madrasah.
|
1.
Bersikap terbuka menerima pendapat, kritik dan saran
dari pihak lain.
2.
Bersikap terbuka dalam melibatkan seluruh pemangku
kepentingan dalam penyusunan program
sekolah.
3.
Bersikap terbuka dalam pengelolaan keuangan sekolah.
4.
Bersikap terbuka dalam membangun sistem informas. manajemen sekolah.
|
· Kuesioner
· Hasil Wawancara
|
1.4
|
Mengendalikan
diri dalam menghadapi masalah dan tantangan sebagai Wakil Kepala Sekolah/Madrasah.
|
1.
Mampu mengendalikan emosi (sabar, senang, bijaksana, berjiwa besar)
2.
Mampu menghadapi masalah
3.
Mampu memecahkan masalah.
4.
Mampu mengelola tantangan baru
|
· Kuesioner
· Hasil Wawancara
|
1.5
|
Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.
|
1.
Berperan aktif dalam pelaksanaan program pemerintah
dibidang sosial kemasyarakatan (contoh: donor darah, bencana alam dan
lainnya).
2.
Berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di
lingkungan sekolah (contoh: gotong royong, kerja bakti kebersihan
lingkungan).
3.
Berperan aktif
dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan tempat tinggal
(contoh: pengurus RT, RW dan lainnya).
4.
Berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan
berkaitan pelestarian lingkungan hidup.
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
1.6
|
Tanggap dan peduli terhadap kepentingan
orang atau kelompok lain.
|
1.
Bersikap simpatik/tenggang rasa terhadap orang lai.
2.
Bersikap empati/sambung rasa terhadap orang lain.
3.
Peduli terhadap kepentingan orang atau kelompok lain
4.
Bersikap objektif dalam mengatasi konflik internal
sekolah.
|
· Kuesioner
· Hasil Wawancara
|
1.7
|
Mengembangkan dan mengelola hubungan Sekolah/Madrasah dengan
pihak lain di luar sekolah dalam rangka mendapatkan
dukungan ide, sumber belajar, dan
pembiayaan Sekolah/Madrasah.
|
1.
merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah,
swasta dan masyarakat.
2.
melakukan pendekatan dalam rangka memperoleh dukungan
dari lembaga pemerintah,
swasta,Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI), dan masyarakat
3.
memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga swasta,
pemerintah dan masyarakat.
4.
memanfaatkan dukungan masyarakat untuk meningkatkan SDM
kependidikan yang profesional, manajemen yang efektif dan profesional, dan
lingkungan pendidikan yang kondusif.
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
B.
KOMPONEN 2 : KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN
|
NO.
|
KRITERIA
|
INDIKATOR
|
BUKTI
|
2.1
|
Bertindak sesuai
dengan visi dan misi
Sekolah/Madrasah.
|
1.
Mampu menyusun
program sekolah sesuai dengan
visi dan misi sekolah.
2.
Mampu menerapkan program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah.
3.
Mampu mengambil
keputusan dan berani menghadapi
tantangan/resiko untuk tercapainya visi dan
misi sekolah.
4.
Mampu
mengevaluasi program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah.
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
2.2
|
Merumuskan tujuan yang menantang
diri sendiri dan orang lain untuk
mencapai
standar yang tinggi.
|
Mampu merumuskan tujuan sekolah;
yang sesuai prinsip SMART
1. Specific
(tujuan yang fokus pada pencapaian standar)
2. Measurable
(dapat diukur)
3. Achievable
(dapat dicapai)
4. Realistic
(berbasis kondisi nyata)
5. Time bound
(target waktu yang jelas)
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
2.3
|
Mengembangkan Sekolah/Madrasah
menuju organisasi
pembelajar (learning
organization).
|
1.
Mampu merencanakan program pengembangan SDM
2.
Mampu melaksanakan program pengembangan SDM melalui
berbagai cara :
a) pelatihan
b)
seminar
c)
MGMP/MGBK/KKG
d)
MKKS/KKKS/MKTAS
e)
studi lanjut
3.
Mampu melaksanakan KTI dalam rangka pengembangan
sekolah
4.
Mampu menciptakan
suasana sekolah yang mendorong semua warga sekolah untuk terus menerus
belajar
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
2.4
|
Menciptakan budaya dan iklim Sekolah/Madrasah
yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran.
|
1.
membuat program berkaitan dengan budaya dan iklim
sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
2.
melaksanakan program berkaitan dengan budaya dan iklim
sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
3.
mengevaluasi
program berkaitan dengan budaya
dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
4.
melaksanakan
program tindak lanjut berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang
kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
2.5
|
Memegang teguh tujuan sekolah dengan
menjadi contoh dan bertindak sebagai pemimpin pembelajaran.
|
1.
menunjukkan konsistensi dalam memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan
prestasi akademik dan non akademik siswa (contoh: peningkatan KKM,
pengembangan extrakurikuler)
2.
menunjukkan konsistensi dalam memegang teguh tujuan sekolah berkaitan
dengan peningkatan kompetensi guru (contoh: workshop pendidikan karakter)
3.
menunjukkan konsistensi dalam memegang teguh tujuan sekolah berkaitan
dengan peningkatan kompetensi tenaga kependidikan (contoh: bintek efektivitas
dan efisiensi kerja)
4.
menjadi contoh pemimpin pembelajaran (contoh:
memodelkan pembelajaran PAIKEM, beradaptasi dengan perubahan baru dalam
pembelajaran misalnya pendidikan
kewirausahaan)
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
2.6
|
Melaksanakan kepemimpinan yang
inspiratif.
|
1.
menerapkan kepemimpinan yang dapat memotivasi warga
sekolah dalam mencapai tujuan sekolah (contoh: memberi apresiasi terhadap
prestasi yang dicapai warga sekolah).
2.
menerapkan kepemimpinan yang kreatif (contoh: mendorong
munculnya ide-ide baru berkaitan hemat energi, pelestarian lingkungan).
3.
menerapkan kepemimpinan yang inovatif (contoh: memfasilitasi
implementasi ide-ide baru berkaitan hemat energi, pelestarian lingkungan).
4.
menjadi inspirasi warga sekolah berkaitan keteladanan
penerapan nilai-nilai karakter (contoh; jujur, disiplin).
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
2.7
|
Membangun rasa saling percaya dan
memfasilitasi kerjasama dalam rangka untuk
menciptakan kolaborasi yang kuat di
antara warga Sekolah/Madrasah.
|
1.
berkomunikasi dengan baik dan bertindak secara efektif untuk membangun lingkungan kerja yang baik.
2.
berkomunikasi dengan baik dan bertindak secara efektif untuk membangun rasa saling percaya diantara warga sekolah.
3.
berkomunikasi dengan baik dan bertindak secara efektif untuk memfasilitasi kerja sama yang baik.
4.
berkomunikasi dengan baik dan bertindak secara efektif untuk menciptakan iklim kerja dan
kolaborasi yang kuat diantara warga sekolah.
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
2.8
|
Bekerja keras untuk mencapai
keberhasilan
Sekolah/Madrasah sebagai
organisasi pembelajar yang efektif.
|
1.
menunjukkan kesungguhan dalam membuat program yang
melibatkan semua warga sekolah
berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar (contoh :
pengembangan keprofesian berkelanjutan guru dan tenaga kependidikan, program
remedial dan pengayaan).
2.
menunjukkan kesungguhan dalam melaksanakan program yang
melibatkan semua warga sekolah
berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar.
3.
menunjukkan kesungguhan dalam mengevaluasi program yang
melibatkan semua warga sekolah.
berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar
4.
menunjukkan kesungguhan dalam membuat program tindak lanjut yang melibatkan semua
warga sekolah berkaitan dengan sekolah
sebagai organisasi pembelajar.
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
2.9
|
Mengembangan kurikulum dan
kegiatan pembelajaran sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah
|
1.
menyusun program kurikulum dokumen1 (memuat mata
pelajaran, muatan lokal, pengembangan diri, pengaturan beban belajar,
ketuntasan belajar, kenaikan kelas, kelulusan, pendidikan kecakapan hidup,
pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global), dokumen 2 ( silabus dan
RPP) yang melibatkan stakeholder
sekolah sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah.
2.
melaksanakan
program kurikulum dokumen 1
dan dokumen 2 KTSP.
3.
melakukan evaluasi
program kurikulum dokumen 1
dan dokumen 2 KTSP.
4.
melakukan program tindak lanjut untuk pengembangan
kurikulum dokumen 1 dan dokumen 2
KTSP.
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
2.10
|
Mengelola peserta didik dalam
rangka pengembangan kapasitasnya secara optimal.
|
1.
membuat program sekolah yang berkaitan dengan peserta
didik baik akademik maupun non akademik dalam rangka pengembangan potensinya
secara optimal (contoh : program pengenalan bakat minat, tes IQ, program
OSIS, program ekstrakurikuler).
2.
melaksanakan program sekolah yang berkaitan dengan
peserta didik baik akademik maupun non akademik.
3.
melakukan evaluasi
program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik
maupun non akademik.
4.
membuat
program pengembangan tindak
lanjut yang berkaitan dengan peserta
didik baik akademik maupun non akademik.
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
C. KOMPONEN 3 : PENGEMBANGAN SEKOLAH |
NO.
|
KRITERIA
|
INDIKATOR
|
BUKTI
|
3.1
|
Menyusun rencana pengembangan Sekolah/Madrasah
jangka panjang,
menengah, dan pendek dalam rangka mencapai
visi, misi, dan tujuan
Sekolah/Madrasah.
|
1.
melibatkan semua unsur di sekolah dalam menyusun
Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)/ Rencana Kerja Sekolah(RKS), dalam rangka
mencapai visi,misi dan tujuan sekolah (contoh: membentuk Tim Pengembang
Sekolah (TPS) ).
2.
mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan sebagai bahan
penyusunan rencana pengembangan sekolah.
3.
mengidentifikasi
peluang dan tantangan sebagai bahan untuk mendiagnosis jenis kebutuhan yang
diperlukan dalam perbaikan mutu sekolah.
4.
memimpin penyusunan rencana pengembangan sekolah dan
membekali semua unsur di sekolah dalam pembuatan rencana pengembangan sekolah
(contoh: pelatihan TPS dan pembuatan EDS).
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
3.2
|
Mengembangkan struktur
organisasi Sekolah/Madrasah yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan.
|
1.
menyusun struktur organisasi yang efektif dan
efisien sesuai dengan kebutuhan
pengembangan sekolah.
2.
menyusun deskripsi
tugas setiap komponen dalam struktur organisasi.
3.
memonitor pelaksanaan tugas setiap komponen dalam
struktur organisasi.
4.
Mampu mengevaluasi struktur organisasi sesuai dengan
kebutuhan pengembangan sekolah.
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
3.3
|
Melaksanakan pengembangan Sekolah/Madrasah sesuai dengan rencana jangka panjang, menengah, dan jangka pendek sekolah menuju tercapainya visi, misi, dan
tujuan sekolah.
|
1.
menyusun
Program Rencana Kerja Sekolah
(RKS/RPS) yang terdiri dari Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), Rencana
Kerja Tahunan (RKT), Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) dalam rangka mencapai
visi, misi dan tujuan sekolah.
2.
melaksanaan program Rencana Kerja Sekolah (RKS) .
3.
mengevaluasi program Rencana Kerja Sekolah (RKS) .
4.
melaksanakan
program tindak lanjut Rencana Kerja Sekolah (RKS).
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
3.4
|
Mewujudkan peningkatan kinerja sekolah yang signifikan sesuai
dengan visi, misi, tujuan sekolah dan standard nasional pendidikan.
|
1.
meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai
dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang manajerial
(contoh: peningkatan kinerja sekolah secara efektif dan efisien di bidang sarana.prasarana,
pengelolaan, pendidik dan tenaga kependidikan serta pembiayaan).
2.
meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai
dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang akademik
(contoh: peningkatan kinerja
sekolah secara efektif dan efisien
dibidang standar isi, SKL, standar proses, standar penilaian).
3.
membuat inovasi dalam rangka meningkatkan kinerja
sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang
berkaitan dengan bidang manajerial.
4.
membuat inovasi dalam rangka meningkatkan kinerja
sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang
berkaitan dengan bidang akademik.
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
3.5
|
Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan Sekolah/Madrasah dengan prosedur yang
tepat.
|
1.
melakukan monitoring pelaksanaan program kegiatan
sekolah secara terprogram (contoh: ada program monitoring yang memuat latar belakang, tujuan, prosedur,
jadwal, penanggung jawab).
2.
melakukan evaluasi pelaksanaan program kegiatan sekolah
secara terprogram(contoh: ada program evaluasi yang memuat latar belakang, tujuan,
prosedur, jadwal, penanggung jawab).
3.
membuat pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah.
4.
membuat sistem
monitoring, evaluasi dan pelaporan dengan prosedur yang tepat.(contoh:
menggunakan Paket Administrasi Sekolah )
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
3.6
|
Merencanakan dan menindaklanjuti hasiil monitoring, evaluasi, dan pelaporan.
|
1.
membuat program
tindak lanjut monitoring,evaluasi dan pelaporan (contoh: program tindak
lanjut sesuai dengan hasil monitoring, evaluasi, pelaporan).
2.
melaksanakan
program tindak lanjut monitoring, evaluasi dan pelaporan.
3.
mengevaluasi pelaksanaan program tindak lanjut monitoring, evaluasi
dan pelaporan.
4.
membuat sistem pelaksanaan program tindak lanjut monitoring, evaluasi
dan pelaporan (contoh: siklus penerapan paket administrasi sekolah).
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
3.7
|
Melaksanakan penelitian tindakan sekolah
dalam rangka meningkatkan kinerja Sekolah/ Madrasah.
|
1.
membuat program penelitian tindakan sekolah/kelas dalam
rangka meningkatkan kinerja sekolah (contoh: program mendatangkan nara sumber
dalam membimbing workshop pembuatan PTS maupun PTK untuk kepala sekolah dan guru, mempunyai program
berkelanjutan PTS/PTK melalui MGMP
sekolah).
2.
melaksanakan
penelitian tindakan sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja
sekolah.
3.
membuat evaluasi program penelitian tindakan
sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah.
4.
membuat program
tindak lanjut penelitian tindakan sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan
kinerja sekolah.
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
D. KOMPONEN 4:
KEWIRAUSAHAAN
|
NO.
|
KRITERIA
|
INDIKATOR
|
BUKTI
|
4.1
|
Menciptakan
inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah/ madrasah.
|
1.
memfasilitasi kreatifitas dan inovasi yang bermanfaat
bagi pengembangan sekolah (contoh: memfasilitasi guru dalam pembelajaran
PAIKEM, memfasilitasi tenaga administrasi sekolah dalam memanfaatkan
teknologi informasi komunikasi).
2.
menerapkan kreatifitas dan inovasi yang bermanfaat bagi
pengembangan sekolah.
3.
membudayakan kreatifitas dan inovasi yang bermanfaat
bagi pengembangan sekolah.
4.
mengembangkan budaya kreatif, inovatif yang bermanfaat
bagi pengembangan sekolah.
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
4.2
|
Memiliki
motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya
sebagai pemimpin pembelajaran.
|
1.
memberikan contoh
kedisiplinan dan kinerja guru
untuk mewujudkan visi dan misi sukses sekolah dalam melaksanakan tugas pokok
dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran (contoh: mengajar PAIKEM, ada kemauan yang kuat
untuk mengembangkan diri, pelatihan kepemimpinan, belajar dari kepala sekolah
yang sukses).
2.
Berperan aktif dalam forum pertemuan ilmiah untuk sukses dalam
melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran (contoh:
seminar pendidikan, karya tulis ilmiah).
3.
Berperan aktif dalam
forum musyawarah/ kelompok kerja kepala sekolah, MGMP dan organisasi
profesi lainnya.
4.
Memberikan keteladanan dan aktif dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan (contoh: ada karya inovasi
pendidikan, publikasi ilmiah, pengembangan diri).
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
4.3
|
Memotivasi
warga sekolah untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya
masing-masing.
|
1.
memotivasi
diri dalam melaksanakan tugas
pokok dan fungsinya sebagai kepala sekolah(contoh: antusias dalam melaksanakan tugas sebagai
guru, kepala sekolah).
2.
memotivasi
siswa untuk sukses. (contoh: menjadi contoh dalam
berkata,bersikap dan bertindak yang memotivasi misal memberi dorongan,
memberi pujian, bertutur kata positif).
3.
memotivasi guru
dalam melaksanakan pembelajaran. (contoh: menjadi contoh dalam berkata,
bersikap dan bertindak yang memotivasi misal memberi dorongan, memberi
pujian, bertutur kata positif).
4.
memotivasi tenaga administrasi sekolah dalam bekerja. (contoh: menjadi contoh
dalam bersikap dan bertindak yang memotivasi misal memberi dorongan, memberi pujian, bertutur kata positif).
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
4.4
|
Pantang
menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang
dihadapi Sekolah/Madrasah.
|
1.
berperilaku konsisten dan pantang menyerah dalam
menangani setiap permasalahan yang dihadapi sekolah (contoh: menegakkan
kedisiplinan dalam menangani guru dan
karyawan yang tingkat kehadirannya rendah).
2.
mengatasi dan menemukan solusi terbaik dalam setiap
permasalahan yang dihadapi sekolah (contoh: menangani konflik antar guru,
konflik antar siswa).
3.
mengembangkan budaya
konsisten dan pantang menyerah dalam
mengatasi setiap permasalahan yang dihadapi sekolah.
4.
mengembangkan budaya silaturahmi, kekeluargaan dan
selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi setiap permasalahan di
sekolah.
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
4.5
|
Menerapkan
nilai dan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam mengembangkan Sekolah/Madrasah.
|
1.
Mengembangkan sekolah dengan menerapkan
prinsip-prinsip: Inovatif dan kreatif.
2.
Memiliki karakter mandiri dan rasa percaya diri yang
kuat.
3.
Memiliki karakter Kerja keras dan pantang menyerah.
4.
Tanggap pada perubahan dan berorientasi masa depan
berdasar pada visi, misi, dan tujuan sekolah.
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
E.
KOMPONEN 5A : BIDANG AKADEMIK
|
NO.
|
KRITERIA
|
INDIKATOR
|
BUKTI
|
5.1
|
Mengelola dan
mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal.
|
1. membuat
program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara
optimal( contoh: latar belakang pengelolaan dan pendayagunaan, apa tujuannya,
bagaimana mekanisme dan prosedurnya,ciri-ciri programnya menjawab 5W+1H)
2. melaksanakan
program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara
optimal).
3. membuat
evaluasi pelaksanaan program
pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara
optimal.
4. membuat program tindak lanjut pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan
tenaga kependidikan secara optimal.
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
5.2
|
Memanfaatkan teknologi
secara efektif dalam kegiatan pembelajaran.
|
1. mengoptimalkan pemanfaatan teknologi secara efektif
dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen sekolah(contoh : ada inovasi alat
peraga pembelajaran,multimedia pembelajaran, memanfaatkan teknologi informasi
dalam manajemen sekolah).
2. memfasilitasi guru memanfaatkan teknologi secara efektif dalam kegiatan
pembelajaran(contoh:pemanfaatan barang bekas menjadi alat peraga
pembelajaran,memfasilitasi penggunaan OHP,LCD dan multimedia).
3. memfasilitasi
tenaga administrasi sekolah
memanfaatkan teknologi secara efektif dalam menyelesaikan pekerjaan administrasi sekolah(contoh: pemanfaatan
komputer dan internet dalam menyelesaikan pekerjaan administrasi sekolah).
4. memfasilitasi guru dan tenaga administrasi sekolah dalam kreativitas , inovasi sehingga
pembelajaran dan manajemen sekolah semakin efektif sesuai dengan tuntutan
perubahan.
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
5.3
|
Menyusun
program supervisi akademik dalam rangka
peningkatan profesionalisme guru.
|
menyusun
program tahunan supervisi akademik dalam rangka meningkatkan profesionalisme
guru yang meliputi:
1.Fokus pada perbaikan proses dan hasil belajar.
2. Jadwal pelaksanaan dan instrumen supervisi akademik
3.Dikomunikasikan pada bulan pertama di awal tahun.
4. Pendelegasian dan pembagian tugas supervisor
kepada guru senior.
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
5.4
|
Melaksanakan
supervisi akademik terhadap guru dengan
menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat.
|
1. membagi tugas pelaksanaan
supervisi akademik kepada wakil dan guru senior yang memenuhi syarat(contoh:
membuat Tim pelaksana supervisi akademik, menugaskan wakil dan guru senior
yang sesuai dengan mata pelajaran dan pangkatnya lebih tinggi).
2. menerapkan prosedur ,
pendekatan, dan teknik supervisi yang tepat(contoh:ada pra observasi,
observasi, dan post observasi).
3. mengembangkan instrumen
supervisi yang relevan dengan tuntutan perubahan dan sesuai dengan
perkembangan kurikulum dari pemerintah(contoh: ada muatan nilai-nilai
karakter).
4. mengevaluasi pelaksanakan supervisi
akademik.
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
5.5
|
Menilai dan menindaklanjuti kegiatan supervis akademik
dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.
|
1. memanfaatkan hasil
penilaian supervisi akademik dalam rangka evaluasi program sekolah di bidang
akademik(contoh : evaluasi pengembangan silabus yang terintegrasi dengan
nilai karakter, alokasi dana penambahan alat peraga dan multimedia).
2.
menindaklanjuti hasil penilaian
supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru (contoh:
efektifitas metode pembelajaran, relevansi media pembelajaran, efektivitas
teknik penilaian).
3. menindaklanjuti hasil penilaian supervisi akademik
dengan mengefektifkan dan lebih
mengaktifkan MGMP sekolah, mengirim
guru dalam pelatihan-pelatihan .
4. menindaklanjuti
hasil penilaian supervisi akademik dengan menyelenggarakan workshop dan mengundang nara sumber yang
kompeten sesuai dengan hasil evaluasi supervisi akademik.
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
F. KOMPONEN 5b : BIDANG KESISWAAN
|
NO.
|
KRITERIA
|
INDIKATOR
|
BUKTI
|
5.1
|
Mengelola peserta
didik dalam rangka pengembangan
kapasitasnya secara optimal sesuai minat dan bakat masing‐masing.
|
1. membuat
program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non
akademik dalam rangka pengembangan potensinya secara optimal(contoh : program
pengenalan bakat minat, tes IQ, program OSIS ,program ekstrakurikuler)
2. melaksanakan program sekolah yang berkaitan
dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik.
3. melakukan evaluasi program sekolah yang berkaitan dengan
peserta didik baik akademik maupun non akademik
4. membuat
program pengembangan tindak
lanjut yang berkaitan dengan peserta
didik baik akademik maupun non akademik.
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
5.2
|
Mengelola
layanan‐layanan khusus sekolah/ madrasah
dalam mendu kung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di
sekolah/ madrasah.
|
1. membuat program layanan-layanan khusus sekolah yang
mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah(contoh
program: ada latar belakang, tujuan , jenis layanan misal koperasi sekolah,
kantin kejujuaran, kotak saran, ada prosedur operasional, ada penanggung ,
ada pembiayaan)
2. Mampu melaksanakan program
layanan -layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan
kegiatan peserta didik di sekolah.
3. Mampu membuat evaluasi
program layanan -layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan
pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah
4. Mampu membuat program
tindak lanjut dari hasil evaluasi
program layanan -layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan
pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah.
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
5.3
|
Melaksanakan bimbingan kegiatan
kegiatan kesiswaan.
|
Membuat
satuan tugas kepada guru pembimbing OSIS baik intrakurikuler maupun
ekstrakurikuler(contoh, Kelompok Ilmiah Remaja, OSN,O2SN , pramuka,
keagamaan, dan lainnya) yang meliputi.
1. Pelaksanaan kegiatan.
2. Efektifitas kegiatan.
3. Kompetisi kegiatan.
4. Pelaporan .
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
5.4
|
Menegakkan disiplin dan tata
tertib siswa.
|
menegakkan disiplin dan tata
tertib siswa:
1. Menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter dan budaya bangsa .
2. Memberi teladan kedisiplinan
dan mematuhi tata tertib sekolah.
3.
Konsisten dalam menegakkan kedisiplinan dan mematuhi tata tertib sekolah.
4. Mendahulukan pemberian penghargaan dari pada hukuman.
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
G.
KOMPONEN 5 c: BIDANG SARANA DAN PRASARANA
|
NO.
|
KRITERIA
|
INDIKATOR
|
BUKTI
|
5.1
|
Mengelola dan
mendayagunakan sarana dan prasarana Sekolah/Madrasah
secara optimal untuk kepentingan pembelajaran.
|
1. membuat program pengelolaan dan
pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah secara optimal untuk kepentingan
pembelajaran( contoh: latar belakang pengelolaan dan pendayagunaan, apa
tujuannya, bagaimana mekanisme dan prosedurnya,ciri-ciri programnya
menjawab 5W+1H)
2. melaksanakan program pengelolaan dan
pendayagunaan sarana dan prasarana
sekolah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran.
3. membuat
evaluasi pelaksanaan program
pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah secara optimal untuk kepentingan
pembelajaran.
4. membuat program tindak lanjut pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan
prasarana sekolah secara optimal untuk
kepentingan pembelajaran.
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
5.2
|
Mengelola lingkungan
sekolah yang menjamin keamanan, keselamatan, dan kesehatan.
|
1. membuat program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan
kesehatan(contoh program: ada latar belakang ,tujuan, ada jadwal, ada lokasi,
ada penanggung jawab, ada prosedur kerja, ada pembiayaannya).
2. melaksanakan program berwawasan lingkungan
yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
3. membuat evaluasi pelaksanaan program berwawasan lingkungan yang menjamin
keamanan, keselamatan dan kesehatan.
4. membuat
program tindak lanjut dari hasil evaluasi pelaksanaan
program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan
kesehatan.
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
5.3
|
Mengelola
sistem informasi Sekolah/ Madrasah dalam mendukung penyusunan program
dan pengambilan keputusan.
|
1. membuat program sistem informasi sekolah dalam mendukung
penyusunan program dan pengambilan keputusan( contoh program : ada latar
belakang, ada tujuan, ada jadwal, ada prosedur kerja, ada pembagian tugas ,
ada pembiayaan)
2. melaksanakan program sistem informasi sekolah dalam mendukung
penyusunan program dan pengambilan keputusan.
3. membuat evaluasi pelaksanaan program sistem
informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan
keputusan.
4. membuat program tindak lanjut dari hasil
evaluasi pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung
penyusunan program dan pengambilan keputusan.
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
H. KOMPONEN 5d : BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT
|
NO.
|
KRITERIA
|
INDIKATOR
|
BUKTI
|
5.1
|
Membangun
jejaring kerjasama dengan pihak luar.
|
1.
menjalin
kerja sama dengan alumni sekolah.
2. menjalin kerja sama dengan dunia usaha dan
dunia industri.
3. menjalin
kerja sama dengan tokoh-tokoh masyarakat
di lingkungan sekolah dan lembaga swadaya masyarakat.
4. menjalin
kerja sama dengan pihak keamanan dan mass media.
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
5.2
|
Mengelola hubungan Sekolah/Madrasah
dengan pihak lain di luar sekolah dalam rangka mendapatkan dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/ madrasah. |
1. merencanakan
kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat
2. melakukan pendekatan dalam rangka memperoleh
dukungan dari lembaga pemerintah,swasta,Dunia Usaha Dunia Industri(
DUDI), dan masyarakat
3. memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga
swasta, pemerintah dan masyarakat
4 memanfaatkan dukungan masyarakat untuk
meningkatkan SDM kependidikan yang profesional, manajemen yang efektif dan
profesional, dan lingkungan pendidikan yang kondusif.
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
5.3
|
Mempublisasikan kebijakan, program sekolah dan prestasi sekolah pada pihak
diluar sekolah.
|
1. membuat program sistem informasi sekolah dalam mendukung
penyusunan program dan pengambilan keputusan( contoh program : ada latar
belakang, ada tujuan, ada jadwal, ada prosedur kerja, ada pembagian tugas ,
ada pembiayaan)
2. melaksanakan program sistem informasi sekolah dalam mendukung
penyusunan program dan pengambilan keputusan.
3. membuat evaluasi pelaksanaan program sistem
informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan
keputusan.
4. membuat program tindak lanjut dari hasil
evaluasi pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung
penyusunan program dan pengambilan keputusan.
|
· Dokumen/bukti fisik lainnya
· Kuesioner
|
mohon kirimkan data diatas beserta contoh bukti fisik lannya dan contoh Kuesioner trims banyak atas bantuannya
BalasHapusWaduh maaf sangat banyak itu pak!
HapusASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....
BalasHapus1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
– Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
– Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
– Drop out takut dimarahin ortu
– IPK jelek, ingin dibagusin
– Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
– Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
– Dll.
2. PRODUK KAMI
Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
SARJANA (S1, S2)..
Hampir semua perguruan tinggi kami punya
data basenya.
UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
STIE SUKABUMI YAI
ISTN STIE PERBANAS
LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
STIMIK UKRIDA
UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
UNIVERSITAS SAHID DLL
3. DATA YANG DI BUTUHKAN
Persyaratan untuk ijazah :
1. Nama
2. Tempat & tgl lahir
3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
4. IPK yang di inginkan
5. universitas yang di inginkan
6. Jurusan yang di inginkan
7. Tahun kelulusan yang di inginkan
8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
4. Biaya – Biaya
• SD = Rp. 1.500.000
• SMP = Rp. 2.000.000
• SMA = Rp. 3.000.000
• D3 = 6.000.000
• S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
(kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
• D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
(minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
• Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000