Jumat, 04 Mei 2012

TANYA JAWAB TENTANG "ALASAN PENOLAKAN OLEH TIM PENILAI TERHADAP MAKALAH PRESENTASI ILMIAH GURU"

Tanya: Apa saja alasan Tim Penilai menolak Makalah  presentasi ilmiah yang diajukan guru untuk mendapatkan angka kredit itu?
Jawab: Ada 5 alasan dan saran dari Tim Penilai untuk menolak Makalah  presentasi ilmiah yang diajukan guru untuk mendapatkan angka kredit itu dengan kode 5.a s.d. 5.e, yakni sbb:

5.a. Makalah presentasi ilmiah, tidak berkaitan dengan permasalahan pada bidang pendidikan formal pada satuan pendidikannya yang sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan, misalnya membahas hal-hal di luar bidang tugas guru, terlalu umum, tidak berkaitan dengan tugas guru yang bersangkutan. Disarankan untuk membuat PUBLIKASI ILMIAH baru, yang berfokus pada laporan mengenai permasalahan nyata di bidang pendidikan formal pada satuan pendidikannya yang sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan.

5.b. Makalah presentasi ilmiah belum atau kurang dilengkapi dengan bukti fisiknya. Disarankan untuk melengkapi makalah prasaran ilmiah dengan bukti fisik sebagai berikut:
  • makalah yang sudah disajikan pada pertemuan ilmiah dan telah disahkan oleh kepala sekolah;
  • surat keterangan dari panitia seminar atau sertifikat/ piagam dari panitia pertemuan ilmiah;
  • lampiran daftar hadir peserta seminar.
5.c. Dinyatakan sebagai prasaran ilmiah tidak dapat dinilai karena dilaksanakan pada pertemuan ilmiah yang tidak memenuhi syarat (antara lain undangan, daftar hadir, sertifikat).
Disarankan untuk membuat PUBLIKASI ILMIAH baru, yang berfokus pada laporan mengenai permasalahan nyata di bidang pendidikan formal pada satuan pendidikannya yang sesuai dengan tugas guru yang

5.d. Dinyatakan sebagai prasaran ilmiah pada seminar tingkat Nasional, namun tidak ada data yang menyatakan kapan waktu penyajian, tiap penyaji makalah dinyatakan disajikan melalui sistem paralel dengan jumlah penyaji yang cukup banyak (maksimal tiga orang) pada satu kelompok, juga tidak jelas berapa jumlah peserta pada setiap kelompok. Disarankan untuk membuat PUBLIKASI ILMIAH baru, yang berfokus pada laporan mengenai permasalahan nyata di bidang pendidikan formal pada satuan pendidikannya yang sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan.

5.e. Dinyatakan sebagai prasaran, namun seminar yang dilakukan tersebut merupakan bagian dari penelitian. Isi makalah sama dengan yang dimuat di jurnal. Disarankan untuk membuat PUBLIKASI ILMIAH baru, yang berfokus pada laporan mengenai permasalahan nyata di bidang pendidikan formal pada satuan pendidikannya yang sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan.

Catatan: Tentu saja alasan penolakan dan saran itu hanya salah satu dari alasan dan saran yang disebutkan di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar