Sabtu, 05 Mei 2012

TANYA JAWAB TENTANG "ALASAN PENOLAKAN TIM PENILAI ATAS PUBLIKASI ILMIAH GURU BERUPA BUKU PEDOMAN GURU"


Tanya 1: Apa saja alasan Tim Penilai menolak Publikasi Ilmiah Guru berbentuk Buku Pedoman Guru itu?
Jawab: Ada 2 alasan dan saran dari Tim Penilai menolak Publikasi Ilmiah Guru berbentuk Buku  Pedoman Guru itu dengan kode 16.a. dan 16.b, yakni sbb:

16.a. Dinyatakan sebagai Buku Pedoman Guru, namun isinya tidak sesuai dengan apa yang dimaksudkan.

Disarankan untuk membuat PUBLIKASI ILMIAH baru, yang berisi atau mempermasalahkan permasalahan nyata di bidang pendidikan formal pada satuan pendidikannya yang sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan. Bila membuat buku pedoman guru, hendaknya menggunakan kerangka isi sebagai berikut.
  • Bagian Awal yang terdiri dari: halaman judul yang menerangkan identitas guru dan tahun kerja dari rencana kerja guru tersebut, lembaran persetujuan dari kepala sekolah; kata pengantar; daftar isi. 
  • Bagian Isi umumnya terdiri dari beberapa bab yakni:
         • Pendahuluan yang menjelaskan tentang tujuan pembuatan Rencana Kerja Tahunan Guru
            tersebut, menjelaskan ringkasan target-target capaian yang diharapkan dicapai.
         • Rincian rencana kerja yang disajikan dalam satuan waktu bulanan, selama setahun.
           Rencana kerja tersebut berupa rencana guru yang bersangkutan dalam meningkatkan
           kompetensinya sebagai guru, yakni kompetensi pedagogik, kompetensi profesional,
           kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial.
        • Penutup yang menjelaskan ringkasan rencana kegiatan dan rencana target yang ingin
           dicapai.
  • Bagian Penunjang lampiran-lampiran yang menunjang rencana kerja tahunan tersebut, misalnya RPP, skenario kegiatan dan lain-lain.
16,b, Buku Pedoman Guru sudah baik, namun perlu dilengkapi dengan lampiran.

Disarankan melengkapi dengan lampiran-lampiran yang menunjang rencana kerja tahunan tersebut, misalnya RPP, skenario kegiatan, dan lain-lain.


Catatan: Tentu saja alasan dan saran penolakan hanya salah satu dati alasan dan saran yang ada di atas.

Tanya 2: Adakah alasan dan saran lain penolakan dari Tim Penilai terhadap Publikasi Ilmiah Guru, selain dari alasan dan saran dari no 1 s.d. 16 sebagaimana yang dudah ditulis di atas maupun pada tulisan - tulisan di Blog ini sebelumnya?

Jawab: Ya, masih ada 4 alasan dan saran lain penolakan dari Tim Penilai terhadap Publikasi Ilmiah Guru, selain dari alasan dan saran dari no 1 s.d. 16 sebagaimana yang dudah ditulis di atas maupun pada tulisan - tulisan di Blog ini sebelumnya, dengan kode 17.a. 17.b, 17.c dan 17.d, yakni sbb:

17.a. PUBLIKASI ILMIAH ini cukup baik. Namun belum terdapat pengesahan, terutama dari kepala sekolah. Untuk itu, segera dilengkapi dengan persetujuan/ pengesahan sesuai dengan pedoman. Terutama pengesahan dari kepala sekolah.

17.b. PUBLIKASI ILMIAH ini sudah cukup baik, namun tidak jelas apa peran guru BK yang terkait dengan permasalahan yang dibahas dalam PUBLIKASI ILMIAH-nya. Disarankan untuk memperbaiki Publikasi Ilmiah tersebut dengan menunjukkan dengan jelas dan rinci peran guru BK dalam permasalahan yang dibahas dalam PUBLIKASI ILMIAH tersebut.

17.c, PUBLIKASI ILMIAH ini sudah cukup baik, namun tidak jelas apa peran kepala sekolah yang terkait dengan permasalahan yang dibahas dalam PUBLIKASI ILMIAH-nya. Disarankan untuk memperbaiki PUBLIKASI ILMIAH tersebut dengan menunjukkan dengan jelas dan rinci peran kepala sekolah dalam permasalahan yang dibahas dalam PUBLIKASI ILMIAH tersebut.

17.d. Publikasi ilmiah yang diajukan tidak memenuhi keragaman macam PUBLIKASI ILMIAH. Ditetapkan bahwa untuk setiap kenaikan jenjang pangkat/ golongan diatur ragam jenis publikasi yang dapat dinilai. Hal ini diperlukan agar macam publikasi yang diajukan, tidak didominasi oleh jenis tertentu, misalnya semua publikasi Disarankan untuk mengajukan PUBLIKASI ILMIAH yang beragam sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan sesuai dengan jenjang pangkat dan golongannya.

Catatan: Tentu saja alasan dan saran penolakan hanya salah satu dati alasan dan saran yang ada di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar