Jumat, 04 Mei 2012

TANYA JAWAB TENTANG "PENOLAKAN PUBLIKASI ILMIAH GURU DALAM BENTUK LAPORAN HASIL PENELITIAN"

Tanya: Apa saja alasan Tim Penilai menolak Publikasi Ilmiah Guru yang berbentuk Laporan Hasil Penelitian itu?
Jawab:  ada 11 alasan dan saran dari Tim Penilai dalam menolak Publikasi Ilmiah Guru yang berbentuk Laporan Hasil Penelitian itu. dengan kode 7.a s,d. 7,k, yakni sbb:

7.a. Laporan hasil penelitian belum disajikan dengan kerangka dan sajian isi yang sesuai.
Disarankan untuk membuat PUBLIKASI ILMIAH baru, atau memperbaiki laporan hasil penelitiannya dengan menggunakan kerangka isi sebagai berikut:
  • Bagian Awal yang terdiri dari: halaman judul; lembaran persetujuan; kata pengantar; daftar isi, daftar label, daftar gambar dan lampiran, serta abstrak atau ringkasan. 
  • Bagian Isi umumnya terdiri dari beberapa bab yakni:
          • Bab Pendahuluan yang menjelaskan tentang Latar Belakang Masalah, Perumusan
             Masalah, Tujuan dan Kemanfaatan Hasil Penelitian;
         • Bab Kajian Teori / Tinjauan Pustaka;
         • Bab Metode Penelitian;
         • Bab Hasil-hasil dan Diskusi Hasil Penelitian;, serta
         • Bab Kesimpulan dan Saran.
  • Bagian Penunjang sajian daftar pustaka dan lampiran-lampiran yang selengkap-lengkapnya (seperti instrumen yang digunakan, contoh hasil kerja siswa, contoh isian instrumen, foto-foto kegiatan, surat ijin penelitian, rencana pembelajaran (RPP), dan dokumen pelaksanaan penelitian lain yang menunjang keaslian penelitian tersebut);

7.b. Laporan hasil penelitian namun latar belakang masalah tidak jelas sehingga tidak dapat menunjukkan pentingnya hal yang dibahas. Latar belakang masalah penelitian harus dapat menunjukkan pentingnya hal yang dibahas dan hubungan masalah tersebut dengan upaya guru dalam mengembangkan profesinya. Latar belakang masalah juga harus didukung oleh fakta spesifik yang berkaitan dengan masalah yang nyata terjadi di sekolah atau kelasnya.
Disarankan untuk membuat PUBLIKASI ILMIAH baru, yang berisi atau mempermasalahkan permasalahan nyata di bidang pendidikan formal pada satuan pendidikannya yang sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan.

7.c. Laporan hasil penelitian namun rumusan masalah tidak jelas sehingga kurang dapat diketahui apa sebenarnya yang akan diungkapkan pada PUBLIKASI ILMIAHnya. Rumusan masalah harus benar-benar dapat menunjukkan variabel-variabel apa saja, dan bagaimana hubungan antar variablel tersebut yang akan dikaji dalam penelitian. Rumusan masalah hendaknya mampu memberikan gambaran yang jelas apa sebenarnya yang akan dikaji pada penelitian tersebut.
Disarankan untuk membuat PUBLIKASI ILMIAH baru, yang berisi atau mempermasalahkan permasalahan nyata di bidang pendidikan formal pada satuan pendidikannya yang sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan.

7.d. Laporan hasil penelitian menunjukkan bahwa
(a) kebenarannya tidak terdukung oleh kebenaran teori, kebenaran fakta dan kebenaran analisisnya,    dan atau
(b) metode penelitian, sampling, data, analisis hasil yang tidak /kurang benar. Kajian teori atau kajian hasil-hasil penelitian terdahulu hendaknya sesuai dengan variabel-variabel penelitian. Metode  penelitian, sampling dan analisis hasil harus dapat mendukung ketercapaian hasil penelitian.
Disarankan untuk membuat PUBLIKASI ILMIAH baru, yang berisi atau mempermasalahkan permasalahan

7.e. Isi laporan hasil penelitiannya tidak atau kurang jelas mengungkapkan laporan kegiatan yang dilakukan guru pada bidang pendidikan yang telah dilaksanakan guru di sekolah dan sesuai dengan tupoksinya, Disarankan untuk membuat PUBLIKASI ILMIAH baru, yang berisi atau mempermasalahkan permasalahan nyata di bidang pendidikan formal pada satuan pendidikannya yang sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan.

7.f. Dinyatakan sebagai laporan penelitiannya namun berisi pembahasan isi/materi pelajaran atau berupa penelitian keilmuan di bidang studi tertentu dan tidak terkait dengan kegiatan nyata yang bersangkutan dalam kegiatan pengembangan profesinya sebagai guru dalam proses pembelajaran. Disarankan untuk membuat PUBLIKASI ILMIAH baru, yang berisi atau mempermasalahkan permasalahan nyata di bidang pendidikan formal pada satuan pendidikannya yang sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan.

7.g. Laporan penelitian berupa laporan hasil penelitian perbandingan tetapi,
(a) tidak jelas kegiatan nyata apa yang telah dilakukan guru dalam kegiatan penelitian
      pembandingan tersebut dalam kaitannya kegiatan pengembangan profesi.,
(b) bahasan hanya sebatas membandingkan variabel yang telah jelas jawabannya dan tidak
      berkaitan dengan tindakan profesional guru dalam peningkatan profesinya.
Disarankan untuk membuat PUBLIKASI ILMIAH baru, yang berisi atau mempermasalahkan permasalahan nyata di bidang pendidikan formal pada satuan pendidikannya yang sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan.

7.h. Dinyatakan sebagai laporan penelitian deskriptif, namun :
(a) tidak jelas kegiatan nyata apa yang telah dilakukan guru dalam kegiatan pengembangan
      profesinya,
(b) bahasan hanya sebatas mendeskripsikan data tentang dalam kaitannya dengan sesuatu keadaan. Disarankan untuk membuat PUBLIKASI ILMIAH baru, yang berisi atau mempermasalahkan permasalahan nyata di bidang pendidikan formal pada satuan pendidikannya yang sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan.

7.i, Dinyatakan sebagai laporan penelitian laporan penelitian korelasi, tetapi,
(a) tidak jelas kegiatan nyata apa yang telah dilakukan guru dalam kegiatan pengembangan profesi, (b) bahasan hanya sebatas mengkorelasikan variabel-variabel yang telah jelas jawabannya, dan       tidak berkaitan dengan tindakan professional guru dalam peningkatan profesinya.
Disarankan untuk membuat PUBLIKASI ILMIAH baru, yang berisi atau mempermasalahkan permasalahan nyata di bidang pendidikan formal pada satuan pendidikannya yang sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan.

7.j. Dinyatakan sebagai penelitian eksperimen, belum dapat diterima karena tidak mengikuti kaidah penulisan laporan penelitian eksperimen. Pembagian kelompok eksperimen yang tidak jelas, kontrol yang kurang cermat, dan sebagainya Disarankan untuk membuat PUBLIKASI ILMIAH baru, yang berisi atau mempermasalahkan permasalahan nyata di bidang pendidikan formal pada satuan pendidikannya yang sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan.

7.k. Secara umum isi laporan penelitian ini telah cukup baik. Namun beberapa lampiran penting belum dilampirkan, untuk itu segera di lampirkan.
Disarankan untuk memperbaiki melengkapi lampiran-lampirannya. Dokumen pelaksanaan penelitian yang harus dilampirkan paling tidak adalah:
(a) semua instrumen yang digunakan dalam penelitian,
(b) contoh pengisian instrumen oleh responden
(c) dokumen pelaksanaan penelitian yang lain seperti misalnya, analisis perhitungan,
      surat ijin, foto-foto kegiatan, daftar hadir, dan lain-lain.

Catatan: Tentu saja alasan penolakan dan saran itu hanya salah satu dari alasan dan saran yang disebutkan di atas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar