Sabtu, 05 Mei 2012

TANYA JAWAB TENTANG "ALASAN PENOLAKAN TIM PENILAI ATAS PUBLIKASI ILMIAH GURU BERUPA TINJAUAN ILMIAH"

Tanya: Apa saja alasan Tim Penilai menolak Publikasi Ilmiah Guru berbentuk Tinjauan Ilmiah itu?
Jawab: Ada 2 alasan dan saran dari Tim Penilai menolak Publikasi Ilmiah Guru berbentuk Tinjauan Ilmiah itu dengan kode 9.a dan 9.b. Yaitu sbb:

9.a. Dinyatakan sebagai Tinjauan Ilmiah, namun belum mengikuti sistematika penulisan dan alur berpikir ilmiah sebagai karya tinjauan ilmiah sesuai dengan pedoman.
Disarankan memperbaiki PUBLIKASI ILMIAH tersebut dengan memakai sistematika PUBLIKASI ILMIAH berupa  Tinjauan ilmiah, yang paling tidak memuat:
  • Bagian Awal yang terdiri dari: halaman judul; lembaran persetujuan; kata pengantar; daftar isi, daftar label, daftar gambar dan lampiran, serta abstrak atau ringkasan. 
  • Bagian Isi umumnya terdiri dari beberapa bab yakni:
          • Bab I Pendahuluan yang menjelaskan tentang Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah.
          • Bab II Kajian Teori/Tinjauan Pustaka.
          • Bab III Pembahasan Masalah yang didukung data-data yang ada di satuan pendidikannya.
            Yang sangat perlu disajikan pada bab ini adalah kejelasan ide atau gagasan asli si penulis
            yang terkait dengan upaya pemecahan masalah di satuan pendidikannya (di sekolahnya).
         • Bab IV Kesimpulan.
  • Bagian Penunjang, antara lain: sajian daftar pustaka dan lampiran-lampiran tentang data yang dipakai untuk menunjang tinjauan atau gagasan ilmiah.
9.b. Dinyatakan sebagai Tinjauan Ilmiah, namun tidak dijumpai adanya data-data dan gagasan penulis dalam membahas/mengatasi masalah.
Disarankan memperbaiki PUBLIKASI ILMIAH tersebut dengan memakai sistematika PUBLIKASI
ILMIAH berupa Tinjauan ilmiah, yang paling tidak memuat:
  • Bagian Awal yang terdiri dari: halaman judul; lembaran persetujuan; kata pengantar; daftar isi, daftar label, daftar gambar dan lampiran, serta abstrak atau ringkasan. 
  • Bagian Isi umumnya terdiri dari beberapa bab yakni:
         • Bab I Pendahuluan yang menjelaskan tentang Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah.
         • Bab II Kajian Teori/Tinjauan Pustaka.
         • Bab III Pembahasan Masalah yang didukung data-data yang ada di satuan pendidikannya.
           Yang sangat perlu disajikan pada bab ini adalah kejelasan ide atau gagasan asli si penulis
           yang terkait dengan upaya pemecahan masalah di satuan pendidikannya (di sekolahnya).
        • Bab IV Kesimpulan.
  • Bagian Penunjang, antara lain memuat: sajian daftar pustaka dan lampiran-lampiran tentang data yang dipakai untuk menunjang tinjauan atau gagasan ilmiah.
Catatan: Tentu saja alasan penolakan dan saran itu hanya salah satu dari alasan dan saran yang disebutkan di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar