Tanya: Apa saja alasan
Tim Penilai menolak Publikasi Ilmiah Guru berbentuk Modul/ Diktat Pelajaran
itu?
Jawab: Ada
2 alasan dan saran dari Tim Penilai menolak Publikasi Ilmiah Guru berbentuk Modul/
Diktat Pelajaran itu dengan kode 13.a.
dan 13.b, yakni sbb:
13.a. Dinyatakan sebagai Diktat, namun belum dapat dinilai karena belum memenuhi syarat. Disarankan untuk membuat PUBLIKASI ILMIAH baru, yang berisi atau mempermasalahkan permasalahan nyata di bidang pendidikan formal pada satuan pendidikannya yang sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan.
Bila membuat diktat paling tidak menggunakan ketrangka penulisan sebagai berikut:
- Bagian Pendahuluan :
• Penjelasan tujuan diktat pelajaran
- Bagian Isi:
• Penjelasan tujuan bab
• Uraian isi pelajaran
• Penjelasan teori
• Sajian contoh
• Soal latihan
- Bagian Penunjang
13.b. Dinyatakan sebagai, Modul, namun belum dapat dinilai karena belum memenuhi syarat.
Disarankan untuk membuat PUBLIKASI ILMIAH baru, yang berisi atau mempermasalahkan permasalahan nyata di bidang pendidikan formal pada satuan pendidikannya yang sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan.
Bila membuat modul hendaknya mengikuti kaidah berikut ini: Modul umumnya terdiri dan seperangkat buku, yaitu:
- buku petunjuk siswa,
- buku isi materi bahasan,
- buku kerja siswa,
- buku evaluasi, dan
- buku pegangan tutor (bila ada).
- Ciri lain dari modul adalah, satu modul biasanya untuk waktu penyelesaian belajar antara 1-3 minggu.
- Umumnya satu modul menyajikan satu topik materi bahasan yang merupakan satu unit program pembelajaran tertentu.
- Ciri khas modul adalah tersedianya berbagai petunjuk yang lengkap dan rinci, agar siswa mampu menggunakan modul dalam membelajarkan diri mereka sendiri.
Catatan: Tentu saja alasan dan saran penolakan hanya salah satu dati
alasan dan saran yang ada di atas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar