Jumat, 04 Mei 2012

TANYA JAWAB TENTANG "ALASAN PENOLAKAN OLEH TIM PENILAI TERHADAP LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS/ SEKOLAH (PTK/ PTS)"

Tanya: Apa saja yang menjadi alasan Tim Penilai untuk menolak Publikasi Ilmiah Guru/Kepsek yang berbentuk Laporan PTK/ PTS itu?
Jawab: ada 4 alasan dan saran dari Tim Penilai dalam menolak Publikasi Ilmiah Guru/ Kepsek yang berbentuk Laporan PTK/ PTS itu dengan kode no/ 7.a s.d. 7.d, yakni sbb:

7.a. Dinyatakan sebagai laporan PTK/ PTS, namun: tidak jelas apa, bagaimana dan mengapa kegiatan tindakan yang dilakukan, juga tidak jelas bagaimana peran hasil evaluasi dan refleksi pada penentuan siklus-siklus berikutnya.
Disarankan untuk membuat PUBLIKASI ILMIAH baru, yang berisi atau mempermasalahkan permasalahan nyata di bidang pendidikan formal pada satuan pendidikannya yang sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan.

7.b. Dinyatakan sebagai laporan PTK/ PTS, namun apa yang dijelaskan dalam laporan tersebut hanya berupa laporan pembelajaran yang biasa, tidak ada tindakan yang merupakan pembaharuan dari kegiatan yang biasa dilakukan, tahapan dalam siklus sama dengan tahapan pembelajaran biasa. PTK/ PTS bukan pembelajaran biasa tetapi merupakan proses mencoba dan menganalisis penggunaan metode baru yang diutamakan bukan hanya hasil tetapi prosesnya.
Disarankan untuk membuat PUBLIKASI ILMIAH baru, yang berisi atau mempermasalahkan permasalahan nyata di bidang pendidikan formal pada satuan pendidikannya yang sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan.

7.c. PUBLIKASI ILMIAH yang diajukan berupa penelitian tindakan kelas/ sekolah (PTK/ PTS), namun
(a) metode penelitian belum mengemukakan tahapan dan tindakan tiap siklus dan indikator
      keberhasilannya,
(b) pada laporan hasil dan pembahasan belum melaporkan data lengkap tiap siklus, perubahan
      yang terjadi pada siswa, guru atau kelas serta bahasan terhadap keseluruhan hasil penelitian dan
(c) lampiran belum lengkap.

Disarankan untuk membuat PUBLIKASI ILMIAH baru, atau memperbaiki laporan hasil penelitiannya dengan menggunakan kerangka isi sebagai berikut:
  • Bagian Awal yang terdiri dari: halaman judul; lembaran persetujuan; kata pengantar; daftar isi, daftar label, daftar gambar dan lampiran, serta abstrak atau ringkasan. 
  • Bagian Isi umumnya terdiri dari beberapa bab yakni:
          • Bab  I  Pendahuluan yang menjelaskan tentang Latar Belakang Masalah, Perumusan
                        Masalah, Tujuan dan Kemanfaatan Hasil Penelitian;
          • Bab II  Kajian Teori/ Tinjauan Pustaka;
          • Bab III Metode Penelitian;
          • Bab IV Hasil-hasil dan Diskusi Hasil Penelitian; serta
          • Bab V  Simpulan dan Saran-Saran.
  • Bagian Penunjang sajian daftar pustaka dan lampiran-lampiran yang selengkap-lengkapnya (seperti instrumenyang digunakan, contoh hasil kerja siswa, contoh isian instrumen, foto-foto kegiatan, surat ijin penelitian, rencana pembelajaran (RPP), dan dokumen pelaksanaan penelitian lain yang menunjang keaslian penelitian tersebut).
7.d. Secara umum isi laporan PTK/ PTS ini telah cukup baik. Namun beberapa lampiran penting belum dilampirkan, untuk itu agar segera dilampirkan.

Disarankan untuk memperbaiki, melengkapi lampiran-lampirannya. Dokumen pelaksanaan penelitian yang harus dilampirkan paling tidak adalah:
(a) semua instrumen yang digunakan dalam penelitian,
(b) contoh pengisian instrumen oleh responden
(c) dokumen pelaksanaan penelitian yang lain seperti misalnya, analisis perhitungan, surat ijin,
      foto-foto kegiatan, daftar hadir, dan lain-lain.

Catatan: Tentu saja alasan penolakan dan saran itu hanya salah satu dari alasan dan saran yang disebutkan di atas.

1 komentar:

  1. Subhanalloh..terima kasih sekali pakdhe..saya bisa mengerti krn muatan ini

    BalasHapus