Selasa, 08 Mei 2012

TANYA JAWAB TENTANG "KRITERIA, INDIKATOR DAN BUKTI FISIK DARI SETIAP KOMPONEN DALAM PENILAIAN KINERJA WAKASEK"

Tanya: Bagaimana kriteria, indikator dan bukti fisik dari setiap komponen dalam penilaian kinerja wakasek/ waka madratsah itu?

Jawab: kriteria, indikator dan bukti fisik dari setiap komponen dalam penilaian kinerja wakasek/ waka madratsah itu dapat dilihat pada tabel 3.2 berikut ini:


Tabel 3.2.  Kriteria, Indikator dan Bukti Fisik Masing - Masing Komponen dalam Penilaian Kinerja 
                   Wakil Kepala Sekolah/ Madratsah

   A. KOMPONEN 1 : KEPRIBADIAN DAN SOSIAL

NO.
KRITERIA
INDIKATOR
BUKTI
1.1
Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di Sekolah/Madrasah.
1.   Melaksanakan ibadah sesuai dengan agama  yang dianutnya.
2.   Memiliki sikap dan perilaku keteladanan bagi warga sekolah.
3.   Bersikap empati terhadap masalah yang dihadapi warga sekolah.
4.   mengembangkan budaya  senyum, salam, sapa, sopan, santun.
5.   Memperoleh pengakuan dari warga sekolah terhadap keteladanannya
·     Kuesioner
·     Hasil Wawancara
1.2
Melaksanakan tupoksi sebagai kepala sekolah dengan penuh kejujuran, ketulusan, komitmen, dan integritas.
1.   menerapkan kejujuran dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.
2.   menerapkan  ketulusan dalam melaksanakan tugas  pokok dan fungsinya.
3.   menerapkan  komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugas  pokok dan fungsinya.
4.   menerapkan integritas yang tinggi dalam melaksanakan  tugas pokok dan fungsinya.
·     Kuesioner
·     Hasil Wawancara
1.3
Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai wakil Kepala Sekolah/Madrasah.
1.   Bersikap terbuka menerima pendapat, kritik dan saran dari pihak lain.
2.   Bersikap terbuka dalam melibatkan seluruh pemangku kepentingan  dalam penyusunan program sekolah.
3.   Bersikap terbuka dalam pengelolaan keuangan sekolah.
4.   Bersikap terbuka dalam membangun  sistem informas. manajemen sekolah.
·     Kuesioner
·     Hasil Wawancara
1.4
Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dan tantangan sebagai Wakil Kepala Sekolah/Madrasah.
1.   Mampu mengendalikan emosi (sabar,  senang, bijaksana,  berjiwa besar)
2.   Mampu menghadapi masalah
3.   Mampu memecahkan masalah.
4.   Mampu mengelola tantangan baru
·     Kuesioner
·     Hasil Wawancara
1.5
Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.
1.   Berperan aktif dalam pelaksanaan program pemerintah dibidang sosial kemasyarakatan (contoh: donor darah, bencana alam dan lainnya).
2.   Berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan sekolah (contoh: gotong royong, kerja bakti kebersihan lingkungan).
3.   Berperan aktif  dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan tempat tinggal (contoh: pengurus RT, RW dan lainnya).
4.   Berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan berkaitan pelestarian lingkungan hidup.
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
1.6
Tanggap dan peduli terhadap kepentingan orang atau kelompok lain.
1.   Bersikap simpatik/tenggang rasa terhadap orang lai.
2.   Bersikap empati/sambung rasa terhadap orang lain.
3.   Peduli terhadap kepentingan orang atau kelompok lain
4.   Bersikap objektif dalam mengatasi konflik internal sekolah.
·     Kuesioner
·     Hasil Wawancara
1.7
Mengembangkan dan mengelola hubungan Sekolah/Madrasah dengan pihak lain di luar sekolah dalam rangka mendapatkan dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan Sekolah/Madrasah.
1.   merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat.
2.   melakukan pendekatan dalam rangka memperoleh dukungan dari lembaga pemerintah,
swasta,Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI),  dan masyarakat
3.   memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga swasta, pemerintah dan masyarakat.
4.   memanfaatkan dukungan masyarakat untuk meningkatkan SDM kependidikan yang profesional, manajemen yang efektif dan profesional, dan lingkungan pendidikan yang kondusif.
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner

B.      KOMPONEN 2 : KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN

NO.
KRITERIA
INDIKATOR
BUKTI
2.1
Bertindak sesuai dengan visi dan misi Sekolah/Madrasah.
1.   Mampu menyusun  program sekolah  sesuai dengan visi dan misi sekolah.
2.   Mampu menerapkan program sekolah  sesuai dengan visi dan misi sekolah.
3.   Mampu  mengambil keputusan dan berani  menghadapi tantangan/resiko untuk tercapainya visi dan  misi  sekolah.
4.   Mampu  mengevaluasi program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
2.2
Merumuskan tujuan yang menantang diri sendiri dan orang lain untuk mencapai standar yang tinggi.
Mampu merumuskan tujuan sekolah;
yang  sesuai  prinsip SMART
1.  Specific (tujuan yang fokus pada pencapaian standar)
2.  Measurable (dapat diukur)
3.  Achievable (dapat dicapai)
4.  Realistic (berbasis kondisi nyata)
5.  Time bound (target waktu yang jelas)
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
2.3
Mengembangkan Sekolah/Madrasah menuju organisasi  pembelajar (learning organization).
1.   Mampu merencanakan program pengembangan SDM
2.   Mampu melaksanakan program pengembangan SDM melalui berbagai cara :
           a) pelatihan
          b)   seminar
          c)   MGMP/MGBK/KKG
          d)   MKKS/KKKS/MKTAS
          e)   studi lanjut
3.   Mampu melaksanakan KTI dalam rangka pengembangan sekolah
4.   Mampu menciptakan  suasana sekolah yang mendorong semua warga sekolah untuk terus menerus belajar
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
2.4
Menciptakan budaya dan iklim Sekolah/Madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran.





1.   membuat program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
2.   melaksanakan program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
3.   mengevaluasi  program berkaitan dengan  budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
4.   melaksanakan  program tindak lanjut berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran                                  
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
2.5
Memegang teguh tujuan  sekolah dengan menjadi contoh dan bertindak sebagai pemimpin pembelajaran.
1.   menunjukkan konsistensi dalam  memegang teguh tujuan sekolah berkaitan  dengan  prestasi akademik dan non akademik siswa (contoh: peningkatan KKM, pengembangan extrakurikuler) 
2.   menunjukkan konsistensi dalam  memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan peningkatan kompetensi guru (contoh: workshop pendidikan karakter)
3.   menunjukkan konsistensi dalam  memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan peningkatan kompetensi tenaga kependidikan (contoh: bintek efektivitas dan efisiensi kerja)
4.   menjadi contoh pemimpin pembelajaran (contoh: memodelkan pembelajaran PAIKEM, beradaptasi dengan perubahan baru dalam pembelajaran misalnya  pendidikan kewirausahaan)
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
2.6
Melaksanakan kepemimpinan yang  inspiratif.
1.   menerapkan kepemimpinan yang dapat memotivasi warga sekolah dalam mencapai tujuan sekolah (contoh: memberi apresiasi terhadap prestasi yang dicapai warga sekolah).
2.   menerapkan kepemimpinan yang kreatif (contoh: mendorong munculnya ide-ide baru berkaitan hemat energi, pelestarian lingkungan).
3.   menerapkan kepemimpinan yang inovatif (contoh: memfasilitasi implementasi ide-ide baru berkaitan hemat energi, pelestarian lingkungan).
4.   menjadi inspirasi warga sekolah berkaitan keteladanan penerapan nilai-nilai karakter (contoh; jujur, disiplin).
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
2.7
Membangun rasa saling percaya dan  memfasilitasi kerjasama dalam rangka untuk menciptakan kolaborasi yang kuat di antara warga Sekolah/Madrasah.
1.   berkomunikasi dengan baik  dan bertindak  secara efektif  untuk membangun lingkungan kerja yang baik.
2.   berkomunikasi dengan baik  dan bertindak  secara efektif  untuk membangun rasa saling percaya   diantara warga sekolah.
3.   berkomunikasi dengan baik  dan bertindak  secara efektif  untuk memfasilitasi kerja sama yang baik.
4.   berkomunikasi dengan baik  dan bertindak  secara efektif  untuk menciptakan iklim kerja dan kolaborasi yang kuat diantara warga sekolah.
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
2.8
Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan  Sekolah/Madrasah sebagai organisasi  pembelajar yang efektif.
1.   menunjukkan kesungguhan dalam membuat program yang melibatkan semua warga sekolah  berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar (contoh : pengembangan keprofesian berkelanjutan guru dan tenaga kependidikan, program remedial dan pengayaan).
2.   menunjukkan kesungguhan dalam melaksanakan program yang melibatkan semua warga sekolah  berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar.
3.   menunjukkan kesungguhan dalam mengevaluasi program yang melibatkan semua warga sekolah.  berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar
4.   menunjukkan kesungguhan dalam membuat  program tindak lanjut yang melibatkan semua warga sekolah  berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar.        
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
2.9
Mengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah
1.   menyusun program kurikulum dokumen1 (memuat mata pelajaran, muatan lokal, pengembangan diri, pengaturan beban belajar, ketuntasan belajar, kenaikan kelas, kelulusan, pendidikan kecakapan hidup, pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global), dokumen 2 ( silabus dan RPP) yang melibatkan stakeholder  sekolah sesuai dengan visi, misi dan tujuan  sekolah.
2.   melaksanakan  program kurikulum     dokumen 1 dan dokumen 2  KTSP.  
3.   melakukan evaluasi  program kurikulum     dokumen 1 dan dokumen 2  KTSP.
4.   melakukan program tindak lanjut untuk pengembangan kurikulum dokumen 1 dan dokumen 2  KTSP.
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
2.10
Mengelola peserta didik dalam rangka pengembangan kapasitasnya secara optimal.
1.   membuat program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik dalam rangka pengembangan potensinya secara optimal (contoh : program pengenalan bakat minat, tes IQ, program OSIS, program ekstrakurikuler).
2.   melaksanakan program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik.
3.   melakukan evaluasi  program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik. 
4.   membuat   program  pengembangan tindak lanjut  yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik.
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
 
   C.   KOMPONEN 3 : PENGEMBANGAN SEKOLAH

NO.
KRITERIA
INDIKATOR
BUKTI
3.1
Menyusun rencana pengembangan Sekolah/Madrasah jangka panjang, menengah, dan pendek dalam rangka mencapai visi, misi, dan tujuan Sekolah/Madrasah.
1.   melibatkan semua unsur di sekolah dalam menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)/ Rencana Kerja Sekolah(RKS), dalam rangka mencapai visi,misi dan tujuan sekolah (contoh: membentuk Tim Pengembang Sekolah (TPS) ).
2.   mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan sebagai bahan penyusunan rencana pengembangan sekolah.
3.    mengidentifikasi peluang dan tantangan sebagai bahan untuk mendiagnosis jenis kebutuhan yang diperlukan dalam perbaikan mutu sekolah.  
4.   memimpin penyusunan rencana pengembangan sekolah dan membekali semua unsur di sekolah dalam pembuatan rencana pengembangan sekolah (contoh: pelatihan TPS dan pembuatan EDS).
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
3.2
Mengembangkan struktur organisasi Sekolah/Madrasah yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan.
1.   menyusun struktur organisasi yang efektif dan efisien  sesuai dengan kebutuhan pengembangan sekolah.
2.   menyusun deskripsi  tugas setiap komponen dalam struktur organisasi.
3.   memonitor pelaksanaan tugas setiap komponen dalam struktur organisasi.   
4.   Mampu mengevaluasi struktur organisasi sesuai dengan kebutuhan pengembangan sekolah.
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
3.3
Melaksanakan pengembangan Sekolah/Madrasah sesuai dengan rencana jangka panjang, menengah, dan jangka pendek sekolah menuju tercapainya visi, misi, dan tujuan sekolah.
1.  menyusun  Program  Rencana Kerja Sekolah (RKS/RPS) yang terdiri dari Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), Rencana Kerja Tahunan (RKT), Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) dalam rangka mencapai visi, misi dan tujuan sekolah.
2.  melaksanaan program Rencana Kerja Sekolah (RKS) .
3.  mengevaluasi program Rencana Kerja Sekolah (RKS) .
4.  melaksanakan  program tindak lanjut Rencana Kerja Sekolah (RKS).
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
3.4
Mewujudkan peningkatan kinerja sekolah yang signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah dan standard nasional pendidikan.
1.   meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang manajerial (contoh: peningkatan kinerja sekolah secara efektif dan efisien di bidang sarana.prasarana, pengelolaan, pendidik dan tenaga kependidikan serta pembiayaan).
2.   meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang akademik (contoh:  peningkatan kinerja sekolah  secara efektif dan efisien dibidang standar isi, SKL, standar proses, standar penilaian).
3.   membuat inovasi dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang manajerial.
4.   membuat inovasi dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang akademik.
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
3.5
Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan     Sekolah/Madrasah dengan prosedur yang tepat.
1.   melakukan monitoring pelaksanaan program kegiatan sekolah secara terprogram (contoh: ada program monitoring  yang memuat latar belakang, tujuan, prosedur, jadwal, penanggung jawab).
2.   melakukan evaluasi pelaksanaan program kegiatan sekolah secara terprogram(contoh: ada program evaluasi  yang memuat latar belakang, tujuan, prosedur, jadwal, penanggung jawab).
3.   membuat pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah.
4.   membuat  sistem monitoring, evaluasi dan pelaporan dengan prosedur yang tepat.(contoh: menggunakan Paket Administrasi Sekolah )
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
3.6
Merencanakan dan menindaklanjuti hasiil monitoring, evaluasi, dan pelaporan.
1.   membuat  program tindak lanjut monitoring,evaluasi dan pelaporan (contoh: program tindak lanjut sesuai dengan hasil monitoring, evaluasi, pelaporan). 
2.   melaksanakan  program tindak lanjut monitoring, evaluasi dan pelaporan.
3.   mengevaluasi pelaksanaan   program tindak lanjut monitoring, evaluasi dan pelaporan. 
4.   membuat  sistem  pelaksanaan   program tindak lanjut monitoring, evaluasi dan pelaporan (contoh: siklus penerapan paket administrasi sekolah).
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
3.7
Melaksanakan penelitian tindakan sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja Sekolah/ Madrasah.
1.   membuat program penelitian tindakan sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah (contoh: program mendatangkan nara sumber dalam membimbing workshop pembuatan PTS maupun PTK untuk  kepala sekolah dan guru, mempunyai program berkelanjutan PTS/PTK  melalui MGMP sekolah).
2.   melaksanakan  penelitian tindakan sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah.
3.   membuat evaluasi program penelitian tindakan sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah.
4.   membuat  program tindak lanjut penelitian tindakan sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah.
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner

D.  KOMPONEN 4: KEWIRAUSAHAAN

NO.
KRITERIA
INDIKATOR
BUKTI
4.1
Menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah/ madrasah.
1.   memfasilitasi kreatifitas dan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah (contoh: memfasilitasi guru dalam pembelajaran PAIKEM, memfasilitasi tenaga administrasi sekolah dalam memanfaatkan teknologi informasi komunikasi).
2.   menerapkan kreatifitas dan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah.
3.   membudayakan kreatifitas dan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah.
4.   mengembangkan budaya kreatif, inovatif yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah.
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
4.2
Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran.
1.   memberikan contoh  kedisiplinan dan  kinerja guru untuk mewujudkan visi dan misi sukses sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran (contoh:  mengajar PAIKEM, ada kemauan yang kuat untuk mengembangkan diri, pelatihan kepemimpinan, belajar dari kepala sekolah yang sukses).
2.   Berperan aktif dalam forum  pertemuan ilmiah untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran (contoh: seminar pendidikan, karya tulis ilmiah).
3.   Berperan aktif dalam  forum musyawarah/ kelompok kerja kepala sekolah, MGMP dan organisasi profesi  lainnya.
4.   Memberikan keteladanan dan aktif  dalam pengembangan keprofesian  berkelanjutan (contoh: ada karya inovasi pendidikan, publikasi ilmiah, pengembangan diri).                                    
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
4.3
Memotivasi warga sekolah untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.
1.   memotivasi  diri  dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai kepala sekolah(contoh:  antusias dalam melaksanakan tugas sebagai guru, kepala sekolah).
2.   memotivasi   siswa  untuk  sukses. (contoh: menjadi contoh dalam berkata,bersikap dan bertindak yang memotivasi misal memberi dorongan, memberi pujian, bertutur kata positif).
3.   memotivasi  guru dalam melaksanakan pembelajaran. (contoh: menjadi contoh dalam berkata, bersikap dan bertindak yang memotivasi misal memberi dorongan, memberi pujian,  bertutur kata positif).
4.   memotivasi tenaga administrasi sekolah   dalam bekerja. (contoh: menjadi contoh dalam bersikap dan bertindak yang memotivasi misal memberi dorongan,  memberi pujian,  bertutur kata positif).
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
4.4
Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi Sekolah/Madrasah.
1.   berperilaku konsisten dan pantang menyerah dalam menangani setiap permasalahan yang dihadapi sekolah (contoh: menegakkan kedisiplinan  dalam menangani guru dan karyawan yang tingkat kehadirannya rendah).
2.   mengatasi dan menemukan solusi terbaik dalam setiap permasalahan yang dihadapi sekolah (contoh: menangani konflik antar guru, konflik antar siswa).
3.   mengembangkan budaya  konsisten dan pantang menyerah dalam  mengatasi setiap permasalahan yang dihadapi sekolah.
4.   mengembangkan budaya silaturahmi, kekeluargaan dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi setiap permasalahan di sekolah.
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
4.5
Menerapkan nilai dan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam mengembangkan Sekolah/Madrasah.
1.   Mengembangkan sekolah dengan menerapkan prinsip-prinsip: Inovatif dan kreatif.
2.   Memiliki karakter mandiri dan rasa percaya diri yang kuat.
3.   Memiliki karakter Kerja keras dan pantang menyerah.
4.   Tanggap pada perubahan dan berorientasi masa depan berdasar pada visi, misi, dan tujuan sekolah.
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner

E.    KOMPONEN 5A :  BIDANG AKADEMIK

NO.
KRITERIA
INDIKATOR
BUKTI
5.1
Mengelola dan mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal.
1.   membuat program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal( contoh: latar belakang pengelolaan dan pendayagunaan, apa tujuannya, bagaimana mekanisme dan prosedurnya,ciri-ciri programnya menjawab  5W+1H)  
2.   melaksanakan program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal).     
 3.  membuat  evaluasi pelaksanaan  program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal.
 4.  membuat program tindak lanjut  pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal.
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
5.2
Memanfaatkan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran.
1. mengoptimalkan pemanfaatan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen sekolah(contoh : ada inovasi alat peraga pembelajaran,multimedia pembelajaran, memanfaatkan teknologi informasi dalam manajemen sekolah).  
2. memfasilitasi guru memanfaatkan  teknologi secara efektif  dalam kegiatan pembelajaran(contoh:pemanfaatan barang bekas menjadi alat peraga pembelajaran,memfasilitasi penggunaan OHP,LCD dan multimedia).   
3. memfasilitasi  tenaga administrasi sekolah   memanfaatkan teknologi secara efektif    dalam menyelesaikan pekerjaan  administrasi sekolah(contoh: pemanfaatan komputer dan internet dalam menyelesaikan pekerjaan administrasi sekolah).
4. memfasilitasi guru dan   tenaga administrasi sekolah  dalam kreativitas , inovasi sehingga pembelajaran dan manajemen sekolah semakin efektif sesuai dengan tuntutan perubahan.
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
5.3
Menyusun program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.
menyusun   program tahunan supervisi akademik dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru yang meliputi:
1.Fokus pada perbaikan proses dan hasil belajar.
2. Jadwal pelaksanaan dan instrumen supervisi akademik
3.Dikomunikasikan pada bulan pertama di awal tahun.
4. Pendelegasian dan pembagian tugas supervisor kepada  guru senior.
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
5.4
Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat.
1.    membagi tugas pelaksanaan supervisi akademik kepada wakil dan guru senior yang memenuhi syarat(contoh: membuat Tim pelaksana supervisi akademik, menugaskan wakil dan guru senior yang sesuai dengan mata pelajaran dan pangkatnya lebih tinggi).
2.    menerapkan prosedur , pendekatan, dan teknik supervisi yang tepat(contoh:ada pra observasi, observasi, dan post observasi).
3.    mengembangkan instrumen supervisi yang relevan dengan tuntutan perubahan dan sesuai dengan perkembangan kurikulum dari pemerintah(contoh: ada muatan nilai-nilai karakter).
4.     mengevaluasi pelaksanakan supervisi akademik.
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
5.5
 Menilai dan menindaklanjuti kegiatan supervis  akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.
1.  memanfaatkan hasil penilaian supervisi akademik dalam rangka evaluasi program sekolah di bidang akademik(contoh : evaluasi pengembangan silabus yang terintegrasi dengan nilai karakter, alokasi dana penambahan alat peraga dan  multimedia).
 2. menindaklanjuti  hasil penilaian supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru (contoh: efektifitas metode pembelajaran, relevansi media pembelajaran, efektivitas teknik penilaian).
 3.  menindaklanjuti  hasil penilaian supervisi akademik dengan  mengefektifkan dan lebih mengaktifkan MGMP   sekolah, mengirim guru dalam pelatihan-pelatihan .
4. menindaklanjuti  hasil penilaian supervisi akademik dengan menyelenggarakan  workshop dan mengundang nara sumber yang kompeten sesuai dengan hasil evaluasi supervisi akademik.
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner

F.     KOMPONEN 5b :  BIDANG KESISWAAN

NO.
KRITERIA
INDIKATOR
BUKTI
5.1
Mengelola peserta didik dalam rangka pengembangan kapasitasnya secara optimal sesuai minat dan bakat masing‐masing.
1.   membuat program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik dalam rangka pengembangan potensinya secara optimal(contoh : program pengenalan bakat minat, tes IQ, program OSIS ,program ekstrakurikuler)
2.   melaksanakan program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik.
3.   melakukan evaluasi  program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik
4.   membuat   program  pengembangan tindak lanjut  yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik.
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
5.2
Mengelola layanan‐layanan khusus sekolah/ madrasah dalam mendu kung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah/ madrasah.
1.      membuat  program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah(contoh program: ada latar belakang, tujuan , jenis layanan misal koperasi sekolah, kantin kejujuaran, kotak saran, ada prosedur operasional, ada penanggung , ada pembiayaan)
2.    Mampu melaksanakan program layanan -layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah.
 3.    Mampu membuat  evaluasi  program layanan -layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah
4.     Mampu membuat program tindak lanjut dari hasil evaluasi  program layanan -layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah.
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
5.3
Melaksanakan bimbingan kegiatan kegiatan kesiswaan.
       Membuat satuan tugas  kepada guru  pembimbing OSIS baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler(contoh, Kelompok Ilmiah Remaja, OSN,O2SN , pramuka, keagamaan, dan lainnya) yang meliputi.
1. Pelaksanaan kegiatan.
2. Efektifitas kegiatan.
3. Kompetisi kegiatan.
4. Pelaporan .
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
5.4
Menegakkan disiplin dan tata tertib siswa.
menegakkan disiplin  dan tata tertib siswa:                                                           1. Menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter dan budaya bangsa .       
 2. Memberi teladan kedisiplinan dan mematuhi tata tertib  sekolah.  
 3.  Konsisten  dalam menegakkan  kedisiplinan dan mematuhi tata tertib  sekolah.                                                                 4.  Mendahulukan  pemberian penghargaan dari pada hukuman.
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner





G.  KOMPONEN  5 c:  BIDANG SARANA DAN PRASARANA

NO.
KRITERIA
INDIKATOR
BUKTI
5.1
Mengelola dan mendayagunakan sarana dan prasarana Sekolah/Madrasah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran.
1.   membuat program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran( contoh: latar belakang pengelolaan dan pendayagunaan, apa tujuannya, bagaimana mekanisme dan prosedurnya,ciri-ciri programnya menjawab  5W+1H)  
2.   melaksanakan program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana  sekolah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran.
3.   membuat  evaluasi pelaksanaan  program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana  sekolah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran.
4.   membuat program tindak lanjut  pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah secara  optimal untuk kepentingan pembelajaran.
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
5.2
Mengelola lingkungan sekolah yang menjamin keamanan, keselamatan, dan kesehatan.
1.   membuat program  berwawasan lingkungan  yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan(contoh program: ada latar belakang ,tujuan, ada jadwal, ada lokasi, ada penanggung jawab, ada prosedur kerja, ada pembiayaannya).
2.   melaksanakan program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.                                                         
 3.   membuat evaluasi pelaksanaan  program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.  
4.   membuat  program tindak lanjut dari hasil evaluasi  pelaksanaan  program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
5.3
Mengelola sistem informasi Sekolah/ Madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
1.   membuat program  sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan( contoh program : ada latar belakang, ada tujuan, ada jadwal, ada prosedur kerja, ada pembagian tugas , ada pembiayaan)
2.   melaksanakan program  sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.   
3.   membuat evaluasi pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
 4.   membuat program tindak lanjut dari hasil evaluasi pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner

H.   KOMPONEN 5d :  BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT

NO.
KRITERIA
INDIKATOR
BUKTI
5.1
    Membangun jejaring kerjasama dengan pihak luar.
1.   menjalin  kerja sama dengan alumni sekolah.
2.   menjalin kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri. 
3.  menjalin kerja sama dengan tokoh-tokoh masyarakat  di lingkungan sekolah dan lembaga swadaya masyarakat. 
 4. menjalin kerja sama dengan pihak keamanan dan mass media.
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
5.2
   Mengelola hubungan Sekolah/Madrasah
dengan pihak lain di luar sekolah dalam rangka mendapatkan dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/ madrasah.
1.  merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat
2.   melakukan pendekatan dalam rangka memperoleh dukungan dari lembaga pemerintah,swasta,Dunia Usaha Dunia Industri( DUDI),  dan masyarakat
3.   memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga swasta, pemerintah dan masyarakat
4    memanfaatkan dukungan masyarakat untuk meningkatkan SDM kependidikan yang profesional, manajemen yang efektif dan profesional, dan lingkungan pendidikan yang kondusif.
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner
5.3
        Mempublisasikan kebijakan, program sekolah dan prestasi sekolah pada pihak diluar sekolah.
1.   membuat program  sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan( contoh program : ada latar belakang, ada tujuan, ada jadwal, ada prosedur kerja, ada pembagian tugas , ada pembiayaan)
2.   melaksanakan program  sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan. 
3.   membuat evaluasi pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
4.   membuat program tindak lanjut dari hasil evaluasi pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
·     Dokumen/bukti fisik lainnya
·     Kuesioner

 















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar