Jawab: Kegiatan PKB yang berupa karya inovatif, terdiri dari 4 (empat) kelompok, yakni:
1. menemukan teknologi tepatguna;
2. menemukan/menciptakan karya seni;
3. membuat/memodifikasi alat pelajaran/peraga/ praktikum;
4. mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman, soal, dan sejenisnya
Tanya 2: Bagaimana definisi/ pengertian dari kegiatan "Menemukan Teknologi Tepat Guna (Karya Sains/ Teknologi)" itu?
Jawab: Definisi Karya Teknologi Tepat Guna yang selanjutnya disebut karya sains/teknologi adalah karya hasil rancangan/ pengembangan/percobaan dalam bidang sains dan/atau teknologi yang dibuat atau dihasilkan dengan menggunakan bahan, sistem, atau metodologi tertentu dan dimanfaatkan untuk pendidikan atau masyarakat sehingga pendidikan terbantu kelancarannya atau masyarakat terbantu kehidupannya.
Tanya 3: Bagaimana Kriteria Karya Sains/Teknologi (Menemukan teknologi tepat guna) itu?
Jawab: Kriteria Karya Sains/Teknologi (Menemukan teknologi tepat guna) itu adalah sebagai berikut:a. Berupa karya sains/teknologi yang digunakan di sekolah/madrasah atau di masyarakat.
b. Dengan karya sains/teknologi tersebut pelaksanaan pendidikan di sekolah/madrasah
tersebut menjadi lebih mudah atau dengan karya sains/teknologi tersebut masyarakat
terbantu kehidupannya.
c. Jenis karya sains/teknologi
• Media pembelajaran/bahan ajar interaktif berbasis komputer untuk setiap standar
kompetensi atau beberapa kompetensi dasar.
• Program aplikasi komputer untuk setiap aplikasi.
• Alat/mesin yang bermanfaat untuk pendidikan atau masyarakat untuk setiap unit alat/mesin.
• Bahan tertentu hasil penemuan baru atau hasil modifikasi tertentu untuk setiap jenis bahan.
• Konstruksi dengan bahan tertentu yang dirancang untuk keperluan bidang pendidikan atau
kemasyarakatan untuk setiap konstruksi.
• Hasil eksperimen/percobaan sains/ teknologi untuk setiap hasil eksperimen.
• Hasil pengembangan metodologi/evaluasi pembelajaran.
d. Karya sains/teknologi tersebut mempunyai ciri sebagai berikut.
1) Bermanfaat untuk pendidikan di sekolah/madrasah atau bermanfaat untuk menunjang
kehidupan masyarakat.
2) Ada unsur modifikasi/inovasi bila sebelumnya sudah pernah ada di sekolah/madrasah
atau di lingkungan masyarakat tersebut.
e. Karya sains/teknologi dikategorikan kompleks apabila memenuhi kriteria:
1) memiliki tingkat inovasi yang tinggi;
2) tingkat kesulitan pembuatan yang tinggi;
3) memiliki konstruksi atau alur kerja yang rumit atau apabila berupa hasil modifikasi,
memiliki tingkat modifikasi yang tinggi;
f. Karya teknologi dikategorikan sederhana apabila memenuhi kriteria:
1) memiliki tingkat inovasi yang rendah;
2) pembuatannya memiliki tingkat kesulitan yang rendah;
3) memiliki konstruksi atau alur kerja yang rumit atau apabila berupa hasil modifikasi maka
memiliki tingkat modifikasi yang rendah;
Tanya 4: Bagaimana Kerangka Isi/ Format Laporan Pembuatan dan Penggunaan Alat/ Mesin, Pembuatan Media Pembelajaran, Bahan Ajar Interaktif Berbasis Komputer, dan Pembuatan Program Aplikasi Komputer itu?
Jawab:
a. Format Laporan Pembuatan dan Penggunaan Alat/Mesin, Pembuatan Media Pembelajaran,
Bahan Ajar Interaktif Berbasis Komputer, dan Pembuatan Program Aplikasi Komputer
adalah sebagai berikut:
• Halaman judul, memuat jenis laporan (tuliskan Laporan Pembuatan Karya Teknologi), nama
karya teknologi, nama pembuat, NIP kalau PNS dan Nama Sekolah/madrasah.
• Halaman pengesahan oleh Kepala Sekolah/ madrasah.
• Kata Pengantar.
• Daftar Isi.
• Daftar Gambar.
• Nama Karya Teknologi.
• Tujuan.
• Manfaat.
• Rancangan/desain karya teknologi (dilengkapi dengan gambar rancangan atau diagram alir
serta daftar dan foto alat dan bahan yang digunakan).
• Prosedur pembuatan karya teknologi (dilengkapi dengan foto pembuatan).
• Penggunaan karya teknologi di sekolah atau di masyarakat (dilengkapi dengan foto penggunaan).
• Source code program.
b. Format Laporan Eksperiman atau Percobaan Sains/Teknologi adalah sebagai berikut
• Halaman judul, memuat jenis laporan (tuliskan Laporan Penemuan Teknologi Tepat Guna
berupa Eksperimen atau Percobaan Sains/Teknologi, nama/judul eksperimen/percobaan,
nama peneliti, NIP kalau PNS, dan nama sekolah/madrasah).
• Halaman pengesahan oleh kepala sekolah/madrasah.
• Kata Pengantar
• Daftar Isi
• Daftar Gambar
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Tujuan
C. Manfaat
BAB II : LANDASAN TEORETIK/TINJAUAN PUSTAKA
A. Teori Umum (sesuai dengan materi eksperimen)
B. Teori Teknis (sesuai dengan materi eksperimen)
BAB III : PROSEDUR DAN HASIL EKSPERIMEN
A. Persiapan Eksperimen
1. Obyek dan variabel eksperimen
2. Alat dan bahan yang digunakan
3. Langkah-langkah penyiapan eksperimen
B. Pelaksanaan eksperimen
1. Langkah-langkah eksperimen
2. Hasil eksperimen
BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN :
A. Data rincian eksperimen
B. Foto pelaksanaan eksperimen
C. Bukti pendukung lainnya
Tanya 4: Bagaimana Bukti Fisik yang harus disertakan untuk mendapatkan Angka Kredit?
Jawab: Bukti Fisik yang harus disertakan untuk mendapatkan Angka Kredit adalah sebagai berikut:a. Laporan cara pembuatan dan penggunaan alat/mesin dilengkapi dengan gambar/foto
karya teknologi tersebut dan lain-lain yang dianggap perlu.
b. Laporan cara pembuatan dan penggunaan media pembelajaran dan bahan ajar interaktif
berbasis komputer dilengkapi dengan hasil pembuatan media pembelajaran/bahan ajar
tersebut dalam cakram padat (compact disk).
c. Laporan hasil eksperimen/percobaan sains/ teknologi dilengkapi dengan foto saat mela-
kukan eksperimen dan bukti pendukung lainnya.
d. Laporan hasil pengembangan metodologi/evaluasi pembelajaran karya sains/teknologi
dilengkapi dengan buku/naskah/instrumen hasil pengembangan.
e. Lembar pengesahan/pernyataan dari kepala sekolah/ madrasah bahwa karya sains /
teknologi tersebut dipergunakan di sekolah atau di lingkungan masyarakat.
Tanya 5: Berapa besaran angka kredit karya teknologi tepat guna itu?
Jawab: Besaran angka kredit karya teknologi tepat guna sebagai berikut.- Kategori kompleks diberikan angka kredit 4.
- Kategori sederhana diberikan angka kredit 2.
- Angka kredit diberikan setiap kali diusulkan dan dapat dilakukan oleh perorangan atau tim.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar