Senin, 30 April 2012

TANYA JAWAB TENTANG "BUKTI FISIK DAN ANGKA KREDIT PKB SUB UNSUR PUBLIKASI ILMIAH BENTUK LAPORAN HASIL PENELITIAN"

Tanya 1:Apa saja bentuk publikasi ilmiah guru yang berupa laporan karya tulis ilmiah itu? 
Jawab : 
  • Karya tulis ilmiah guru dapat dipublikasikan dalam bentuk laporan hasil penelitian (misalnya laporan Penelitian Tindakan Kelas) atau berupa tinjauan/gagasan ilmiah yang ditulis berdasar pada pengalaman dan sesuai dengan tugas pokok serta fungsi guru.
  • Publikasi karya tulis ilmiah guru di atas, terdiri dari empat kelompok, yakni:
a) Laporan hasil penelitian.
b) Tinjauan ilmiah.
c) Tulisan ilmiah popular.
d) Artikel ilmiah.

Tanya 2: Bagaimana pengertian/ definisi dari Laporan Hasil Penelitian itu?

Jawab :Definisi laporan hasil penelitian adalah karya tulis ilmiah berisi laporan hasil penelitian yang dilakukan guru pada bidang pendidikan yang telah dilaksanakan guru di sekolah/madrasahnya dan sesuai dengan tupoksinya, antara lain dapat berupa laporan Penelitian Tindakan Kelas.


Tanya 3: Bagaimana  jenis publikasi ilmiah dari Laporan Hasil Penelitian itu?

Jawab: Laporan hasil penelitian tersebut, dibedakan berdasarkan pada jenis publikasinya sebagai berikut.
  1. Laporan hasil penelitian yang diterbitkan/ dipublikasikan dalam bentuk buku ber-ISBN dan telah mendapat pengakuan BSNP.
  2. Laporan hasil penelitian yang disusun menjadi artikel ilmiah diterbitkan/ dipublikasikan dalam majalah ilmiah/jurnal ilmiah diedarkan secara nasional dan terakreditasi.
  3. Laporan hasil penelitian yang disusun menjadi artikel ilmiah diterbitkan/ dipublikasikan dalam majalah/jurnal ilmiah tingkat provinsi
  4. Laporan hasil penelitian yang disusun menjadi artikel ilmiah diterbitkan/ dipublikasikan dalam majalah/jurnal ilmiah tingkat kabupaten/kota.
  5. Laporan hasil penelitian yang diseminarkan di sekolah/madrasahnya dan disimpan di perpusta-kaan.
Tanya 4: Bagaimana Kerangka Isi dari Laporan Hasil Penelitian itu ?

Jawab :
  • Bila laporan hasil penelitian tersebut dimuat di buku atau jurnal, pada umumnya kerangka isi laporan mengikuti persyaratan yang berlaku dalam penulisan buku atau jurnal. 
  • Untuk laporan hasil penelitian yang disajikan dalam bentuk makalah, pada umumnya kerangka isi atau format laporan hasil penelitian terdiri dari:
  • a. Bagian Awal
  • b. Bagian Isi
  • c. Bagian Penunjang
Adapun isi dari masing - masing bagian tersebut adalah sebagai berikut:
  • Bagian Awal, terdiri dari:
  1. halaman judul;
  2. lembaran persetujuan; 
  3. kata pengantar; 
  4. daftar isi, 
  5. daftar label, 
  6. daftar gambar,
  7. lampiran; 
  8. abstrak atau ringkasan.
  • Bagian Isi , Umumnya terdiri dari beberapa bab yakni:
  1. Bab I.   Pendahuluan yang menjelaskan tentang a. Latar Belakang Masalah, b. Perumusan Masalah, c. Tujuan, dan d. Kemanfaatan Hasil Penelitian;
  2. Bab II.  Kajian/Tinjauan Pustaka;
  3. Bab III. Metode Penelitian;
  4. Bab IV. Hasil dan Diskusi Hasil Penelitian,
  5. Bab V.   Kesimpulan dan Saran.
  • Bagian Penunjang, yang memuat:
  1. daftar pustaka
  2. lampiran-lampiran (seperti instrumen yang digunakan, contoh hasil kerja siswa, contoh isian instrumen, foto-foto kegiatan, surat ijin penelitian, rencana pembelajaran, dan dokumen pelaksanaan penelitian lain yang menunjang keaslian penelitian tersebut).
Tanya 5: Apa saja Bukti Fisik yang perlu disertakan untuk mendapatkan Angka Kredit dari KTI berupa Laporan Hasil Penelitiaan itu? 

Jawab : Bukti fisik yang diperlukan untuk penilaian angka kredit KTI Laporan Hasil Penelitian itu adalah sebagai berikut.

a)  Buku asli atau fotokopi yang dengan jelas menunjukkan keterangan nama penerbit,
     tahun terbitan, serta nomor ISBN.
  • Bila buku tersebut telah diedarkan secara nasional, harus disertakan pernyataan dari penerbit yang menerangkan bahwa buku tersebut telah beredar secara nasional. 
  • Bila buku tersebut telah lulus penilaian dari BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) Kementerian Pendidikan Nasional, maka harus ada keterangan yang jelas tentang persetujuan atau pengesahan dari BSNP tersebut, yang umumnya berupa tanda persetujuan/ pengesahan yang tercetak di sampul buku.
b)  Majalah/jurnal ilmiah asli atau fotokopi yang menunjukkan adanya nomor ISSN, tanggal
     terbitan, susunan dewan redaksi dan editor (mitra bestari).
  • Bila jurnal tersebut dinyatakan telah terakreditasi, harus disertai dengan keterangan akreditasi untuk tingkat nasional. 
  • Bila dinyatakan jurnal tersebut diterbitkan di tingkat provinsi atau kabupaten/kota harus disertai keterangan yang jelas tentang tingkat penerbitan jurnal tersebut.
  • Bila satu artikel ilmiah yang sama (atau sangat mirip) dimuat di beberapa majalah/jurnal ilmiah, maka angka kredit untuk artikel tersebut hanya diberikan pada salah satu majalah/jurnal ilmiah dan dipilih angka kredit yang terbesar.
c)  Makalah laporan hasil penelitian yang dilengkapi dengan berita acara yang membuktikan
     bahwa hasil penelitian tersebut telah diseminarkan di sekolah/madrasahnya.
  • Berita acara tersebut paling tidak berisi keterangan tentang waktu, tempat, peserta, notulen seminar, dan dilengkapi dengan daftar hadir peserta. 
  • Berita acara ditandatangan oleh panitia seminar dan kepala sekolah/madrasah. 
  • Seminar dilaksanakan di sekolah/ madrasah penulis, dengan peserta minimal 15 orang guru yang berasal dari minimal 3 sekolah/ madrasah yang setingkat. 
  • Semua bukti fisik di atas memerlukan surat pernyataan keaslian dari kepala sekolah/madrasah yang disertai tanda tangan kepala sekolah/madrasah dan cap sekolah/madrasah bersangkutan. 
  • Juga harus disertakan surat keterangan dari perpustakaan sekolah/madrasah yang menyatakan bahwa arsip dari buku/jurnal/makalah tersebut telah disimpan di perpustakaan sekolah/ madrasahnya. 
Tanya 6:Berapa besar angka kredit karya tulis hasil penelitian pada bidang pendidikan itu? 

Jawab: Besar angka kredit untuk karya tulis hasil penelitianpada bidang pendidikan di sekolah/madrasahnya, dapat dipublikasikan dalam berbagai bentuk, dengan perolehan angka kredit sebagai berikut.

No.       Jenis Publikasi Ilmiah Hasil Penelitian di Bidang Pend. Formal      Angka Kredit

1         Berupa buku yang diterbitkan ber ISBN dan diedarkan secara nasional 
           atau ada pengakuan dari BSNP.                                                                              4
2         Berupa tulisan (artikel ilmiah) yang dimuat di jurnal ilmiah tingkat
           nasional yang terakreditasi                                                                                      3
3         Berupa tulisan (artikel ilmiah) yang dimuat di jurnal ilmiah tingkat
           provinsi                                                                                                                    2
4         Berupa tulisan (artikel ilmiah) yang dimuat di jurnal ilmiah tingkat 
           kabupaten/kota                                                                                                         1
5         Berupa makalah hasil penelitian dan telah diseminarkan di sekolah/
           madrasah penulis.                                                                                                    4



2 komentar:

  1. TERIMAKASIH BUNG SOAL JAWAB YANG PIAN TULIS SANGAT MEMBANTU SAYA MENGERTI TENTANG PENELITIAN,MUDAHAN YANG KUASA MEMBERIKAN APA YANG PIAN MINTA PADANYA AMINN

    BalasHapus
  2. Penelitian memang sangat penting bagi seorang guru,setidaknya untuk meningkatkan pelayanan pada peserta didik maupun masyarakat luas setelah mengerti kondisi dan situasi sebenarnya serta menemukan jalan keluar dari segala permasalahan yang menghambat kemajuan proses pembelajaran. dan juga dengan penelitian seorang guru akan banyak membaca dan meningkatkan kualitas keilmuan,dan memperdalam pengalaman dalam tugas serta memupuk rasa tanggung jawab sebagai pendidik untuk mencerdaskan kehidupan bangsa denga ihlas dan seneng karena karyanya tidak akan terlupakan oleh generasi berikutnya,

    BalasHapus