Tanya 1: Berapa nilai angka kredit yang diperlukan guru untuk naik pangkat dari sub unsur PKB ?
Jawab : Jumlah minimum angka kredit pada kegiatan PKB untuk memenuhi persyaratan kenaikan pangkat pada setiap pangkat/jabatan guru adalah sebagai berikut.Dari Jabatan | Ke Jabatan | Jumlah Angka Kredit Minimum | |
Dari Subunsur | |||
Pengembangan | Publikasi Ilmiah dan/ | ||
Diri | atau Karya Inovatif | ||
Guru Pertama golongan III/a |
Guru Pertama golongan III/b |
3 (tiga) | - |
Guru Pertama golongan III/b |
Guru Muda golongan III/c |
3 (tiga) | 4 (empat) |
Guru Muda golongan III/c |
Guru Muda golongan III/d |
3 (tiga) | 6 (enam) |
Guru Muda golongan III/d |
Guru Madya golongan IV/a |
4 (empat) | 8 (delapan) |
Guru Madya golongan IV/a |
Guru Madya golongan IV/b |
4 (empat) | 12 (duabelas) |
Guru Madya golongan IV/b |
Guru Madya golongan IV/c |
4 (empat) | 12 (duabelas) |
Guru Madya golongan IV/c |
Guru Utama (* golongan IV/d |
5 (lima) | 14 (empatbelas) |
Guru Utama golongan IV/d |
Guru Utama golongan IV/e |
5 (lima) | 20 (duapuluh) |
Catatan: bagi Guru yang akan naik jabatan dari Guru Madya golongan ruang IV/c ke Guru Utama golongan ruang IV/d, di samping harus memiliki 5 (lima) angka kredit dari subunsur pengembangan diri dan 14 (empat belas) angka kredit dari subunsur publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif, yang bersangkutan diwajibkan melakukan presentasi ilmiah.
Tanya 2 : Apa yang dimaksud dengan Presentasi Ilmiah itu ?
Jawab : Presentasi ilmiah dilakukan secara lisan dan terbuka dihadapan Tim Penilai Tingkat Pusat, akademisi dan pejabat setempat.
Tanya 3 : Kapan dan di mana Presentasi Ilmiah itu dilaksanakan ?
Jawab: Waktu dan tempat pelaksanaan presentasi akan ditetapkan oleh tim penilai, disesuaikan dengan jumlah guru dan lokasi guru yang akan melaksanakan presentasi.
Tanya 4: Siapa penyelenggara kegiatan presentasi ilmiah guru itu ?
Tanya 5: Apa yang perlu disiapkan guru yang akan melakukan presentasi ilmiah itu?
Tanya 6: Apa saja yang perlu dijelaskan dalam Makalah yang akan dipresentasikan tersebut ?
1. Uraian rinci dari setiap macam kegiatan pengembangan diri yang telah dilakukan, meliputi:
a) nama kegiatan pengembangan diri;
b) waktu dan tempat kegiatan;
c) tujuan kegiatan;
d) berapa lama kegiatan dilaksanakan;
e) nama penyelenggara kegiatan;
f) hasil yang diperoleh guru yang bersangkutan; dan
g) tindak lanjut yang telah dilakukan dari hasil pengembangan diri.
2. Uraian rinci dari setiap macam publikasi dan/atau karya inovatif yang telah dilakukan, meliputi:
a) macam publikasi dan/atau karya inovasi; dan
b) abstrak atau ringkasan penjelasan hasil publikasi dan/atau karya inovatif.
Tanya 7: Adakah lagi yang masih perlu disiapkan selain Makalah tersebut ?
Tanya 8: Bagaimana hasi; penilaian dari presentasi ilmoah tersebut ?
Mohon penjelasan sistematika dari deskripsi alat peraga dan angka kreditnya
BalasHapus