Senin, 16 April 2012

TANYA JAWAB TENTANG ASPEK YANG DINILAI DALAM PENILAIAN KINERJA GURU (PKG)

Tanya 1: Aspek apa saja yang dinilai dalam PKG itu?
Jawab: Mengingat bahwa:
  1. Guru sebagai pendidik profesional mempunyai tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
  2. Selain tugas utamanya tersebut, guru juga dimungkinkan memiliki tugas-tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. 
Oleh karena itu, dalam penilaian kinerja guru beberapa subunsur yang perlu dinilai adalah sebagai berikut:
  1. Bila Mereka Guru Mata Pelajaran/ Guru Kelas. Mereka akan dinilai kinerjanya terkait dengan dengan pelaksanaan proses pembelajaran. Yang meliputi kegiatan merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi dan menilai, menganalisis hasil penilaian, dan melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian dalam menerapkan 4 (empat) domain kompetensi yang harus dimiliki oleh guru sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Pengelolaan pembelajaran tersebut mensyaratkan guru menguasai 24 (dua puluh empat) kompetensi yang dikelompokkan ke dalam kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Untuk mempermudah penilaian dalam PK GURU, 24 (dua puluh empat) kompetensi tersebut dirangkum menjadi 14 (empat belas) kompetensi sebagaimana dipublikasikan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Rincian jumlah kompetensi tersebut diuraikan dalam Tabel 1.
    Tabel 1. Kompetensi Guru Kelas/Guru Mata Pelajaran
    No    Ranah Kompetensi          Jumlah Kompetensi                Jumlah Indikator1       Pedagogik                                       7                                         45
    2       Kepribadian                                    3                                         18
    3       Sosial                                              2                                           6
    4       Profesional                                      2                                           9              +
               Total                                            14                                        78
  2. Bila Mereka Guru BP/ BK. Mereka akan dinilai kinerjanya dalam melaksanakan proses pembimbingan. Yang meliputi: kegiatan merencanakan dan melaksanakan pembimbingan, mengevaluasi dan menilai hasil bimbingan, menganalisis hasil evaluasi pembimbingan dan melaksanakan tindak lanjut hasil pembimbingan. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor terdapat 4 (empat) ranah kompetensi yang harus dimiliki oleh guru BK/Konselor. Penilaian kinerja guru BK/konselor mengacu pada 4 domain kompetensi tersebut yang mencakup 17 (tujuh belas) kompetensi seperti diuraikan dalam Tabel 2.
    Tabel 2. Kompetensi Guru Bimbingan Konseling/Konselor
    No     Ranah Kompetensi                      Jumlah Kompetensi            Jumlah Indikator
    1        Pedagogik                                                    3                                       9
    2        Kepribadian                                                 4                                     14
    3        Sosial                                                           3                                     10
    4        Profesional                                                  7                                      36             +             Total                                                       17                                     69
  3. Bila Mereka Guru Matpel/ Guru Kelas atau Guru BP/BK yang mendapatkan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Maka mereka akan dinilai 2 hal, yakni: (a) Penilaian Kinerja Sebagai Guru Matpel/Guru Kelas atau Guru BP?BK dan (b) Penilain Kinerja terkait dengan Tugas Tambahan yang diembannya, dengan prosentase tertentu.
Tanya 2: Tugas tambahan apa  saja yang dinilai dalam PKG itu ?
Jawab : Pelaksanaan tugas tambahan ini dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu :(1)Tugas tambahan yang mengurangi jam mengajar tatap muka dan (2) Tugas tambahan yang tidak mengurangi jam mengajar tatap muka. Adapun jenisnya masing - masing adalah sebagai berikut:
  1. Tugas tambahan yang mengurangi jam mengajar tatap muka meliputi: (1) menjadi kepala sekolah/madrasah per tahun; (2) menjadi wakil kepala sekolah/madrasah per tahun; (3) menjadi ketua program keahlian/program studi atau yang sejenisnya; (4) menjadi kepala perpustakaan; atau (5) menjadi kepala laboratorium, bengkel, unit produksi, atau yang sejenisnya.
  2. Tugas tambahan yang tidak mengurangi jam mengajar tatap muka, dikelompokkan lagi menjadi 2 juga, yaitu: (a) tugas tambahan minimal satu tahun (misalnya menjadi wali kelas, guru pembimbing program induksi, dan sejenisnya) dan (b) tugas tambahan kurang dari satu tahun (misalnya menjadi pengawas penilaian dan evaluasi pembelajaran, penyusunan kurikulum, dan sejenisnya).
Tanya 3: Kompetensi apa saja yang dinilai dari tugas tambahan tersebut ?
Jawab :
  1. Penilaian kinerja guru dalam melaksanakan tugas tambahan yang mengurangai jam mengajar tatap muka.  Mereka dinilai dengan menggunakan instrumen khusus yang dirancang berdasarkan kompetensi yang dipersyaratkan untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut. Rincian jumlah kompetensi dan jumlah indikator pelaksanaan tugas tambahan disampaikan dalam Tabel 3, 4, 5, 6, dan 7.
a) Tugas tambahan sebagai kepala sekolah/madrasah
Tabel 3. Kompetensi kepala sekolah/madrasah

No     Kompetensi                                                            Jumlah Kriteria 
1        Kepribadian dan Sosial                                                      7
2        Kepemimpinan                                                                10
3        Pengembangan Sekolah/Madrasah                                   7
4        Pengelolaan Sumber Daya                                                8
5        Kewirausahaan                                                                  5
6        Supervisi Pembelajaran                                                    3                    +          Total                                                                                 40
b) Tugas tambahan sebagai wakil kepala sekolah/madrasah

Tabel 4: Kompetensi wakil kepala sekolah/madrasah

No           Kompetensi                                                          Jumlah Kriteria1        Kepribadian dan Sosial                                                          7
2        Kepemimpinan                                                                     10
3        Pengembangan Sekolah/-Madrasah                                       7
4        Kewirausahaan                                                                       5          +   
Jumlah Kriteria                                                                               29
Jumlah kriteria ke empat kompetensi tersebut kemudian ditambahkan dengan banyaknya kriteria bidang tugas tertentu yang diampu oleh wakil kepala sekolah/madrasah yang bersangkutan        • Akademik                                                                               5
        • Kesiswaan                                                                              4
        • Sarana dan prasarana                                                              3
        • Hubungan masyarakat                                                            3Contoh: jika seorang wakil kepala sekolah/madrasah mengampu bidang akademik, maka total kriteria penilaian kompetensinya adalah 29 + 5 = 34
c) Tugas tambahan sebagai kepala perpustakaan
Tabel 5. Kompetensi kepala perpustakaan
No             Kompetensi                                                                                            Jumlah Kriteria
1        Perencanaan kegiatan perpustakaan                                                                         8
2        Pelaksanaan program perpustakaan                                                                         9
3        Evaluasi program perpustakaan                                                                               8
4        Pengembangan koleksi perpustakaan                                                                       8
5        Pengorganisasian layanan jasa informasi perpustakaan                                           8
6        Penerapan teknologi informasi dan komunikasi                                                      4
7        Promosi perpustakaan dan literasi informasi                                                           4
8        Pengembangan kegiatan perpustakaan sebagai sumber belajar kependidikan        4
9        Kepemilikan integritas dan etos kerja                                                                      8
10      Pengembangan profesionalitas kepustakawanan                                                     4     +
         Total                                                                                                                         65

d) Tugas tambahan sebagai kepala laboratorium/bengkel/sejenisnya
Tabel 6. Kompetensi kepala laboratorium/bengkel/sejenisnya

No               Kompetensi                                                               Jumlah Kriteria
1       Kepribadian                                                                                     11
2       Sosial                                                                                                 5
3       Pengorganisasian guru, laboran/teknisi                                             6
4       Pengelolaan program dan administrasi                                             7
5       Pengelolaan pemantauan dan evaluasi                                              7
6       Pengembangan dan inovasi                                                               5
7       Lingkungan dan K3                                                                           5          +
           Total                                                                                               46
e) Tugas tambahan sebagai ketua program keahlian
Tabel 7: Kompetensi ketua program keahlian
No              Kompetensi                                                              Jumlah Kriteria
1       Kepribadian                                                                                     6
2       Sosial                                                                                               4
3       Perencanaan                                                                                     5
4       Pengelolaan Pembelajaran                                                               6
5       Pengelolaan Sumber Daya Manusia                                                4
6       Pengelolaan Sarana dan Prasarana                                                  4
7       Pengelolaan Keuangan                                                                    4
8       Evaluasi dan Pelaporan                                                                   4                +          Total                                                                                               37
2. Tugas tambahan lain yang tidak mengurangi jam mengajar guru dihargai langsung sebagai 
     perolehan angka kredit sesuai ketentuan yang berlaku.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar