Kamis, 19 April 2012

FENOMENA TENTANG PERSELINGKUHAN DI DUNIA MAYA"

PENDAHULUAN

Beberapa waktu lalu saya mendapat permintaan pertemanan dari seorang wanita sebut saja Ani (nama samaran). Entah itu akun beneran atau palsu yg jelas setelah sy konfirmasi dia sering inbox/kirim pesan (karena obrolan sering tdk sy aktifkan). Awalnya biasa saja layaknya pertemanan di fb, yakni tanya kabar, alamat, kerja di mana dan sejenisnya. Tapi lama kelamaan ia ingin menjadi selingkuhan sy meski hanya sebatas di dunia maya / fb. Kontan saja sy tolak secara halus, dengan menyatakan bahwa:
  1. Sy ini sudah tua, sudah punya isteri n anak sy sudah besar (Mhs smster akhir), 
  2. Foto2 sy tdk seindah aslinya, nanti kau akan kecewa, 
  3. Sy tdk mau menghianati dan menyakiti hati isteri dan anak-anak saya,
  4. Bagi sy meski hanya di dunia maya/ fb, yg namanya selingkuh tetap saja selingkuh, di mana agama dan norma yang berlaku di masyarakatpun melarangya.
Alhamdulillah sejak saat itu tidak pernah lagi ada pesan - pesan masuk di fb sy yg semakna dengan itu, baik dari dia maupun dari teman-teman wanita lainnya. Sungguh obrolan sy dengan Ani tersebut telah sy Copy Paste dan sy inbox ke isteri saya dan isteri sy bilang: "Aaah itu org iseng saja kali Pa,,,! Siapa tahu itu teman pa sendiri ingin ngetes papa?  dan. alhamdulillah kalau di inbox & obrolan fb sy selama ini tdk pernah ada teman laki-laki yg sampai ngajak begituan"

Nah berdasarkan pengalaman pribadi sy di atas, saya mencoba mencari tahu tentang "Apakah benar ada yang namanya perselingkuhan di dunia maya?". Betapa kagetnya saya bahwa ternyata hal itu memang benar-benar ada dan tekah banyak dibahas orang di Blog maupun di Twiter, yang sebagian sudah saya share di dinding/ kronologi fb sy,

Mengingat demikian pentingnya hal itu untuk tindakan prefentif agar kita bisa terhindar dari tindakan tersebut, kini kembali saya share di Blog saya, dengan harapan ada manfaatnya bagi diri saya maupun teman - teman lainnya. Amien.

BAGIAN I: PERSELINGKUHAN MAYA 
(Oleh: Daniel Ronda/ Pengajar, pembicara dan penulis tinggal di Makassar)
Suatu ketika ada seorang Ibu A datang ke kantor saya untuk minta konseling. Ia mencurigai bahkan menuduh suaminya berselingkuh. Dan perselingkuhan itu awalnya terjadi lewat perkenalan dunia maya yaitu media sosial facebook. Sekarang suaminya mulai kecanduan duduk di depan komputer sampai larut malam, dan mulai dingin kepada dirinya. Bahkan sudah berbohong dan sering keluar malam pada waktu-waktu tertentu di mana ternyata suami saling berkomunikasi via telepon dengan pasangan selingkuh dari dunia maya.

Dahulu, bila bicara selingkuh umumnya dimaksudkan adalah pertemuan dua lawan jenis secara rahasia, telepon sembunyi-sembunyi, dan memesan kamar hotel dengan nama samaran. Tetapi dalam dunia modern, perselingkuhan bukan hanya soal itu saja, ada juga disebut perselingkuhan maya (virtual adultery).

Dalam dunia teknologi informasi ini sangat mudah bagi pasangan untuk hidup secara terpisah. Dengan adanya teknologi ini seseorang dapat memenuhi segala imajinasi yang belum terpenuhi. Misalnya ada orang yang jelek rupanya (mohon maaf), bisa membuat dirinya menjadi pria muda, ganteng, kaya, dan pengusaha sukses. Seorang wanita biasa-biasa dapat mengubah dirinya menjadi cewek seksi, menarik, menikmati hidup dengan gaya hidup mewah. Itu semua dapat dipalsukan lewat profil yang kita imajinasikan. Misalnya di facebook, apa saja bisa kita isi tentang status kita. Kita bisa ganti foto dengan wajah ganteng atau artis cantik, dengan informasi pekerjaan dan pendidikan sesuai dengan imajinasi kita.

Bila di Barat, perempuan tergoda untuk menggunakan facebook di mana menurut penelitian bahwa usia wanita yang memakai facebook kebanyakan rata-rata 45-55 tahun. Para perempuan tengah baya ini terjebak dalam ketagihan menggunakan internet. Di Indonesia, menurut pengamatan saya para wanita tergoda memakai teknologi blackberry messenger. Banyak yang menjadi “autis” akan teknologi ini, artinya sudah tidak lagi mempedulikan dunia sekitarnya. Teknologi ini bisa mempertemukan kawan lama di sekolah, bahkan bisa melakukan percakapan tanpa batas dengan teman kantor atau usaha. Jadi bukan hanya media sosial saja yang menjadi ancaman, tetapi juga sms, bbm, yahoo messenger, dan berbagai teknologi lainnya.

Bahkan ada program maya yaitu namanya “Second Life” suatu Komunitas Dunia Maya 3D (3D Virtual World Community) di mana permainan game ini di dunia maya para pelaku yang mengakses program ini menciptakan avatar (istilah untuk karakter) dan mulai membuat suatu kehidupan nyata dalam imajinasi diri di dunia maya ini. Para avatar bisa melakukan “hubungan seks” (dalam dunia maya tentunya) walaupun sudah punya pasangan. Para pemain dalam “game” ini mulai menghidupi dunia maya yaitu dunia perselingkuhan dengan lawan mainnya. Tidak sedikit kemudian ditemukan, mereka mulai menghubungi satu dengan yang lain dan mulai berselingkuh secara nyata dalam dunia fisik yang nyata ini.

Umumnya penyesalan datang kemudian. Harus disadari bahwa ikatan emosional selalu mendahului ikatan fisik yaitu hubungan seks. Biasanya orang yang terjebak perselingkuhan maya tidak menyadarinya, di mana memang tidak bermaksud untuk selingkuh. Tetapi pikiran dan imajinasi yang tanpa batas membawa kepada godaan untuk mempraktekkannya di dunia nyata.

Bagaimana melindungi pernikahan dari perselingkuhan maya:

Sudah banyak buku soal bagaimana melindungi diri dari perselingkuhan fisik. Tetapi masih sedikit soal melindungi pernikahan dari perselingkuhan maya, di antaranya adalah sbb:.
  1. Menciptakan komunikasi sehat dengan pasangan dan selalu libatkan percakapan dalam hal apapun dengan pasangan.
  2. Bila memiliki facebook, usahakan keduanya memilikinya dan masing-masing bisa mengaksesnya dengan memberikan kode passwordnya. Bila punya blackberry, jangan dikunci dengan password khusus. Usahakan sama-sama masuk dalam grup pertemanan yang sama. Kalau tidak memungkinkan, perlihatkan apa yang dipercakapkan dengan pasangan.
  3. Taruh komputer di ruang terbuka dan laptop juga bisa diakses siapa saja termasuk anak-anak.
  4. Jika menerima sms, email, bbm dari lawan jenis, ceritakan kepada pasangan Anda bahwa si A telah menjadi teman bbm, dan seterusnya.
  5. Jangan menceritakan masalah-masalah emosional kepada orang lain yang merupakan rahasia pernikahan kita. Apalagi kalau pasangan Anda mulai tidak senang dengan penggunaan fb dan bbm, maka mulai hentikan karena itu sebagai peringatan bagi Anda. Jadikan itu “alarm” bagi kita!
  6. Jangan bercanda seks dengan lawan jenis di dunia maya baik internet, sms, bbm baik secara vulgar maupun sindiran atau hanya implisit. Dan sangat tidak pantas bertukar gambar dan video porno dengan lawan jenis, walaupun mungkin tujuannya hanya untuk main-main dan hanya kesenangan.
  7. Ciptakan atmosfer saling percaya, di mana pasangan Anda bisa membuka email, HP, bbm, surat-surat tagihan Anda. Bahkan ada teman saya seorang dokter, saling bertukar HP dengan istrinya sehingga bisa saling mengenal semua teman pasangan Anda.
Kunci semuanya adalah membangun pagar dan menggunakan semua teknologi informasi dengan bijak dan transparan bersama pasangan. Menyadari bahaya dan bertindak lebih dini dalam melindungi diri selalu lebih baik daripada menyesal di kemudian hari.
(Sebagian ide diambil dari artikel yang bersumber di http://www.joymag.co.za/article.php?id=214)

BAGIAN II
SEMBILAN TANDA PASANGAN ANDA SELINGKUH DI DUNIA MAYA

Setelah pada bagian I dibahas tentang  "Fenomena Perselingkuhan di Dunia Maya sdan Cara Mengatasinya" Pertanyaan selanjutnya " .Nah pada bagian II ini akan dibahas adanya 9 macam tanda/ indikasi bahwa ada kemungkinan pasangan (Suami/ isteri) Anda sedang menjalin perselingkuhan di dunia maya. Terlebih lagi jika perkawinan Anda berdua sedang berada dalam masalah. 
Namun demikian Anda perlu berhati-hati, karena petunjuk ini bukan konfirmasi atas perselingkuhan, tetapi hanya merupakan indkator yang memungkinkan untuk Anda perhatikan. Artinya apa bila pada pasangan (suami/ isteri) mengalami salah satu atau beberapa dari 9 tanda berikut, Anda hendaknya perlu waspada. Ada baiknya Anda berdua perlu berbicara secara terbuka tdan jujur entang hal itu. demi untuk menyelamatkan perkawinan Anda.

Apakah 9 tanda bahwa pasangan (suami/isteri) Anda ada indikasi sedang berselingkuh di dunia maya? Jawabannya adalah sebagai berikut:
  1. Pasangan menghabiskan waktu yang berlebihan di internet. Siapa, sih, yang tidak menggunakan komputer saat ini? Hampir semua orang membutuhkan komputer. Jika pasangan sangat sulit diganggu pada saat ia sedang di depan komputer, cari tahu penyebabnya sebelum terlambat! 
  2. Dia merahasiakan password e-mailnya. Apakah Anda melihat kebutuhan pasangan sangat besar terhadap keleluasaan menggunakan komputer? Apakah ia menolak pada saat anda menanyakan password-nya? Apakah ada yang disembunyikannya? Pertanyaan-pertanyaan ini semuanya mempunyai jawaban yang jelas. Tindakan menyembunyikan informasi merupakan sikap berbohong yang alami. Setiap pasangan menunjukkan sikap menyimpan rahasia, ini menunjukkan ada sesuatu yang tengah ia sembunyikan. Sebaliknya, pria merasa seakan-akan Anda sedang meminta pertanggungjawaban darinya. 
  3. Menggunakan komputer setelah Anda tertidur, sudah tidur nyenyak, atau di tengah malam. Pernahkan Anda terbangun tanpa pasangan berada di sisi Anda, dan menemukannya sedang asyik di depan komputer? Jika ini sudah menjadi pola kebiasaanya, Anda wajib khawatir! Sesekali tentu ada tuntutan pekerjaan yang membuat seseorang terpaksa menyelesaikan pekerjaannya di rumah, tetapi tentu tidak g=harus etiap malam, bukan? 
  4. Pasangan Anda segera mematikan komputer secara tiba-tiba pada saat Anda mendekat. Si Dia memperlihatkan sikap panik. Rasionalisasi pada otak pria adalah, “Pada saat segala kemungkinan rencana bisa gagal, segera matikan agar tak tertangkap basah”. Tindakan bodoh ini juga disebut “dentaman komputer” dan berpotensi merusak, baik hardware maupun software komputer. Hilangnya dokumen terjadi pada saat komputer dimatikan tiba-tiba. Perilaku ini merupakan indikator signifikan dari perilaku yang menyimpang. 
  5. Posisi komputer dan monitor diletakkan di tempat yang tak mudah terlihat. Penelitian bahasa tubuh menjadi berguna pada banyak investigasi, terutama pada mereka yang melakukan pemeriksaan deteksi kebohongan. Tanda nyata dari berbohong dan kesalahan umum yang dilakukan pembohong adalah menutup-nutupi sesuatu. Pembohong memerlukan waktu untuk menutup layar, mematikan monitor, atau mengubah ke halaman internet yang lain pada saat merasa terancam. Sengaja memindahkan halaman, mematikan internet, atau laptop dari pandangan Anda merupakan indikasi pria tak ingin pasangannya melihat sesuatu di layar monitornya. 
  6. Secara otomatis membersihkan semua jejak internet seusai sesi chatting, penggunaan atau pemasangan software. Biasanya komputer dipenuhi oleh berbagai dokumen. Komputer akan bekerja lebih cepat jika tidak terlalu dibebani banyak dokumen di dalamnya. Hal ini menuntut pemeliharaan yang hati-hati bagi setiap penggunanya. Apakah hal ini sudah mencurigakan Anda? 
  7. Memperlihatkan kebutuhan yang kompulsif untuk online dan tampak defensif jika di konfrontasi untuk berhenti. “Kamu mau tidur jam berapa?” atau, “Kita sudah harus pergi sekarang, apakah tidak bisa dikerjakan nanti?” Jika Anda mempunyai anak usia remaja, coba perhatikan tindak tanduknya ketika chatting. Sulit untuk menariknya dari komputer, bukan? Nah, bilamana sikap seperti ini Anda temukan pada pasangan, Anda perlu curiga! Perilaku berpola pada sikap kompulsif dan defensif ini memperlihatkan kebutuhan yang begitu kuat untuk terus melakukan chatting. Dan Anda perlu tahu, mengapa Si Dia melakukan itu. 
  8. Berbagi informasi pribadi, foto-foto, atau banyak peristiwa dengan orang asing di e-mail, ruang chatting, atau pop up. Jika Anda menemukan pasangan mengirimkan fotonya yang sangat pribadi -yang seharusnya tak disebarluaskan kesiapapun juga – tetapi dikirimkannya kepada orang asing di dunia maya, mungkin sudah waktunya untuk menelusuri informasi ini melalui software khusus untuk mengumpulkan data yang diperlukan. 
  9. Bermain online games dan secara teratur chatting di ruang tertutup. Di sinilah bermulanya. Memainkan beberapa permainan, menang atau kalah lalu mengobrol. Jika menurut Anda tak ada yang perlu disembunyikan, mengapa Anda tak diikutsertakan oleh pasangan? Bila Anda tidak bisa memainkannya, mengapa Si Dia tak mengajari? (diringkaskan dari Tabloid Nova)

3 komentar:

  1. Faktor media sangatlah kuat berpengaruh terhadap perilaku tersebut.Saya pikir media sekarang sangat tidak bertanggung jawab sementara itu manusia lambat laun mengalami kemunduran moral.Andai semua manusia sadar bahwa sesungguhnya dirinya bukan budak apapun dan siapapun.Mahatma Gandhi berkata perbudakan paling kejam yang dialami pria adalah wanita.

    BalasHapus
  2. Kadang tdk habis pikir,bgt kuatnya rangsangan utk selingkuh yg diawali dunia maya,kayak semua hormon tubuh terpacu dan akhirnya mewujudkan selingkuh fisik yg nyata.
    Tapi memang perlu juga tahu statistik perceraian yg diawali selingkuh dunia maya,untuk memberi gambaran mudharatnya jika menyimpangkan aplikasi teknologi,meskipun teknologi sering disalahkan,tentunya yg jelas salah ya penggunanya sendiri kalau menyimpang tadi

    BalasHapus
  3. Suami menyeleweng perlu ditarik pulang kepangkuan dg sarana doa2 pengasihan khusus.Hub: 0815 6766 2467

    BalasHapus