BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan
kedudukan yang sangat penting
dalam mencapai visi pendidikan yaitu menciptakan insan Indonesia cerdas dan kompetitif. Oleh
karena itu, profesi guru harus dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana
diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
dalam mencapai visi pendidikan yaitu menciptakan insan Indonesia cerdas dan kompetitif. Oleh
karena itu, profesi guru harus dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana
diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Konsekuensi dari
jabatan guru sebagai profesi, diperlukan suatu sistem pembinaan dan
pengembangan terhadap profesi guru secara terprogram
dan berkelanjutan. Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) merupakan salah
satu kegiatan yang dirancang untuk
mewujudkan terbentuknya guru yang profesional. Salah satu jenis kegiatan PKB adalah Pengembangan
Diri.
Berdasar
aturan sebelumnya untuk pengajuan angka kredit jabatan guru, kegiatan ini cukup
melampirkan Sertifikat Asli atau Fotocopynya yang telah dilegalisir. Namun berdasarkan
aturan baru yang mulai diberlakukan tahun 2013, untuk pengajuan angka kredit
jabatan guru untuk kegiatan Pengembangan Diri ini diharuskan menyusun Laporan
Kegiatan disertai berbagai bukti fisik lainnya. Oleh karenanya perlu
disosialisasikan tentang bagaimana menyusun Laporan Kegiatan Pengembangan Diri
tersebut.
Sosialisasi
tersebut dapat melalui berbagai kegiatan diklat, workshop, KKS/MKKS, KKG/MGMP,
dan kegiatan sejenis lainnya. Agar sosialisasi Pembuatan Laporan Kegiatan
Pengembangan Diri ini dapat berjalan lancar, efektif dan efisien dipandang
perlu disusun bahan ajar terkait dengan berbagai hal tentang Praktik Menyusun
Laporan Kegiatan Pengembangan Diri tersebut.
Bahan
ajar ini disusun mengacu pada Buku Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan (PKB), khususnya jenis Pengembangan Diri yang disajikan untuk
digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesian
berkelanjutan, baik oleh guru, tim penilai, maupun pemangku kepentingan (stake
holder).
B.
Tujuan
Setelah mempelajari
bahan ajar ini, peserta diklat diharapkan dapat:
Membuat laporan tentang kegiatan
PKB untuk jenis kegiatan pengembangan diri, sesuai dengan kerangka isi dan
ketentuan yang dipersyaratkan untuk mendapatkan nilai angka kredit jabatan
guru.
C.
Manfaat
Bahan ajar ini
diharapkan dapat dimanfaatkan para guru, khususnya peserta diklat PKB khususnya
tentang Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah atau Karya Tulis Ilmiah, dan Karya
Inovatif.
D.
Ruang Lingkup
Sesuai dengan tujuan
di atas, maka materi yang dibahas dalam bahan ajar ini meliputi:
1.
Kerangka
isi laporan kegiatan pengembangan diri.
2.
Praktik
Menyusun Laporan Kegiatan Pengembangan Diri.
(1)
BAB
II
PEMBAHASAN
Perlu diingat bahwa
kegiatan pengembangan diri pada kegiatan PKB, terdiri atas dua macam kegiatan,
yaitu: (1) Mengikuti kegiatan pendidikan
dan pelatihan (diklat) fungsional
dan/atau (2) Mengikuti kegiatan kolektif guru.
Oleh karena itu sebelum dilakukan praktik membuat laporan kegiatan
pengembangan diri, perlu dilihat bagaimana kerangka isi laporan dari masing –
masing kegiatan tersebut berdasarkan pedoman yang ditetapkan.
Kerangka Isi Laporan yang sesuai Pedoman
tersebut adalah sebagai berikut:
A. Kerangka
Isi Laporan Mengikuti Kegiatan Diklat Fungsional
Laporan hasil
pelatihan harus dibuat oleh guru yang bersangkutan, diketik dan dijilid serta disajikan dengan kerangka isi sebagai
berikut.
1.
Bagian Awal: Memuat
judul diklat yang diikuti, keterangan tentang kapan waktu pelaksanaan diklat,
di mana kegiatan diklat diselenggarakan,
tujuan dari penyelenggaraan
diklat, lama waktu pelaksanaan diklat,
surat penugasan, penyelenggara/pelaksana diklat, surat persetujuan dari
kepala sekolah/madrasah, serta fotokopi
sertifikat atau keterangan dari pelaksana diklat.
2. Bagian Isi:
Antara lain
berisi:
a. Uraian rinci dari tujuan
diklat/pengembangan diri yang dilakukan.
b. Penjelasan isi materi yang disajikan dalam
diklat/pengembangan diri serta uraian kesesuaian dengan peningkatan keprofesian
guru yang bersangkutan.
c. Tindak lanjut yang akan atau telah
dilaksanakan oleh guru peserta diklat/pengembangan diri berdasarkan hasil dari
mengikuti diklat tersebut.
d. Dampak terhadap peningkatan kompetensi guru
dalam peningkatan mutu KBM dan siswanya.
e. Penutup
3. Bagian Akhir
4.
Lampiran, berupa
matrik ringkasan pelaksanaan diklat yang disajikan sebagaimana format berikut:
Nama
Diklat
|
Tempat
Kegiatan
|
Jumlah Jam
Kegiatan
Diklat
|
Nama-
Nama
Fasilitator
|
Mata Diklat/
Kompetensi
|
Nama
Penyeleng-
gara
Kegiatan
|
Dampak*)
|
Keterangan: *) isinya mengenai perubahan
prestasi siswa
B. Kerangka Isi Laporan Mengikuti Kegiatan
Kolektif Guru
Laporan untuk
setiap kegiatan kolektif guru yang
diikuti harus dibuat oleh guru yang
bersangkutan, diketik dan dijilid serta
disajikan dengan kerangka isi sebagai berikut.
1.
Bagian Awal: Memuat
judul kegiatan yang diikuti, keterangan tentang kapan waktu
pelaksanaan, dimana kegiatan dilaksanakan dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan, lama waktu pelaksanaan kegiatan, surat penugasan, surat persetujuan dari
kepala sekolah/madrasah, serta fotokopi sertifikat atau keterangan dari
pelaksana kegiatan (jika ada).
2. Bagian Isi:
a. tujuan kegiatan yang dilakukan;
b. penjelasan isi kegiatan;
c. tindak lanjut yang akan atau telah dilaksanakan oleh guru peserta
kegiatan tersebut; dan
d. penutup.
3. Bagian Akhir
4. Lampiran, yang
terdiri dari:
a. makalah
(materi) yang disajikan dalam
kegiatan pertemuan, bahan bila yang bersangkutan sebagai penyaji maupun
pembahas;
b. matriks ringkasan pelaksanaan kegiatan kolektif yang disajikan
sebagaimana format berikut:
Nama
Kegiatan
|
Peran Guru
Sebagai
(Peserta,
Pemakalah, Pembahas)
|
Institusi
Penyelenggara
|
Tempat
Kegiatan
|
Waktu Kegiatan
|
Nama-
Nama
Fasilitator/
Pemakalah/ Pembahas
|
Dampak*)
|
Keterangan: *) Adanya penambahan kompetensi
pada guru sendiri maupun adanya perubahan dalam KBM yang lebih baik dan
prestasi siswa.
C.
Alasan Penolakan dan Saran
Kegiatan Pengembangan Diri
Perlu juga diperhatikan
agar Laporan kegiatan pengembangan diri yang dibuat guru tidak ditolak, maka
harus dihindari tiga alasan penolakan sebagaimana tercantum pada tabel berikut
ini.
No
|
Alasan Penolakan dan Saran
|
1
|
a.
Laporan tidak dilengkapi dengan surat tugas, surat
keterangan keikutsertaan dalam kegiatan, dan dokumen hasil kegiatan.
·
Disarankan agar dilengkapi dengan surat tugas,
surat keterangan keikutsertaan dalam kegiatan, dan dokumen hasil kegiatan.
|
b.
Kegiatan tidak termasuk dalam kriteria yang dapat
dinilai angka kreditnya.
· Disarankan
agar melaporkan kegiatan yang sesuai dengan kriteria kegiatan yang dapat
dibrikan angka kredit.
|
|
c.
Laporan tidak sesuai dengan pedoman
· Disarankan
agar Laporan disesuaikan dan mengacu pada pedoman
|
D.
Praktik Membuat Laporan Kegiatan
Pengembangan Diri
Dalam kegiatan
praktik ini telah disiapkan empat macam contoh laporan, yakni:
1.
Contoh
Laporan Mengikuti Kegiatan Diklat Fungsional (dua buah contoh terlampir).
2.
Contoh
Laporan Mengikuti Kegiatan Kolektif Guru (dua buah contoh terlampir).
Untuk selanjutnya
dipersilakan peserta diklat untuk membuat masing – masing sebuah laporan pengembangan
diri mengikuti diklat fungsional dan sebuah laporan kegiatan kelompok kerja
guru yang lengkap sesuai dengan kegiatan pengembangan diri yang benar – benar
diikuti oleh guru / peserta diklat yang bersangkutan.
Halaman Sampul
LAPORAN KEGIATAN
PENGEMBANGAN DIRI
Diajukan Untuk Memperoleh Angka
Kredit
Jabatan Fungsional Guru
OLEH :
DWI RENO
BOEDIHARTATI
NIP. ................................................
PEMERINTAH KOTA
SAMARINDA
DINAS PENDIDIKAN
SD NEGERI 028 SAMARINDA SEBERANG
JUNI 2011
LEMBAR
IDENTITAS GURU
1.
|
Nama
Sekolah
|
:
|
||
2.
|
Nama Guru
|
:
|
||
3.
|
NIP
|
:
|
||
4.
|
NUPTK
|
:
|
||
5.
|
Sertifikat
Pendidik
|
:
|
||
6.
|
Jabatan/Golongan Guru
|
:
|
||
7.
|
Alamat Sekolah
:
a. Nama Jalan
b. Lingkungan RT dan Kelurahan/
Desa
c. Kecamatan
d. Kabupaten
e. Provinsi
f. Telpon/Fax
|
:
:
:
:
:
:
|
||
8.
|
Mengajar Mata Pelajaran
|
:
|
||
9.
|
SK Pengangkatan:
|
|||
a.
Sebagai CPNS:
1) Pejabat
yang mengangkat
2) Nomor
SK
3) Tanggal
SK
b.
Pangkat Terakhir:
1)
Pejabat yang mengangkat
2)
Nomor SK
3)
Tanggal SK
|
:
:
:
:
:
:
|
|||
10.
|
Alamat Rumah:
a.
Nama
Jalan
b.
Lingkungan
RT dan Kelurahan/ Desa
c.
Kecamatan
d.
Kabupaten
e.
Provinsi
f.
Telpon/
HP/ Fax
|
:
:
:
:
:
:
|
HALAMAN PENGESAHAN
Judul Laporan
|
:
|
Laporan
Kegiatan Pengembangan Diri
|
Nama
|
:
|
DWI RENO BOEDIHARTATI, S.Pd.
|
NIP
Pangkat/
Golongan
NUPTK
|
:
:
:
|
|
Tempat
Tugas
|
:
|
SDN
028 Samarinda Seberang
|
Jabatan
Isi
Kegiatan Pengembangan Diri yang dilaporkan
|
:
:
|
Guru Kelas
1.
Laporan Kegiatan
Bimbingan Teknis Pendidikan Karakter Bangsa melalui
Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka
2.
Laporan Kegiatan Diklat
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
3.
Laporan
Kegiatan Kelompok Kerja Guru
4.
Laporan
Kegiatan Seminar Pendidikan Dengan Tema “Hasil Evaluasi Diri Terhadap Mutu
Pendidikan di Provinsi Kaltim, guna mewujudkan Kaltim Cemerlang
|
Membenarkan bahwa semua isi dalam
Laporan Kegiatan Pengembangan Diri ini adalah sesuai dengan kegiatan yang
dilakukan dan hasil tulisan asli yang bersangkutan.
Samarinda,
20 Juni 2011
Kepala SDN 028 Samarinda Seberang Koordinator PKB,
SUSANTINI,
S.Pd, M.M
ABDUL KASIM, S.Pd,
NIP
: 196103141982102001 NIP
: 196703141988101002
KATA PENGANTAR
Puji syukur
penulis haturkan ke hadirat Allah SWT, atas segala rahmat dan karunia yang
dilimpahkan kepada penulis sehingga Laporan
Kegiatan Pengembangan Diri ini dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang telah
ditentukan.
Penulis
menyadari sepenuhnya bahwa Laporan
ini dapat diselesaikan berkat adanya bantuan, bimbingan, dorongan dan petunjuk
dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih dan
penghargaan yang sebesar – besarnya kepada:
- Ibu Susantini, S.Pd., M.M. selaku Kepala SDN 028 Samarinda Seberang yang telah memberikan tugas kepada penulis untuk mengikuti berbagai kegiatan pengembangan diri yang telah penulis laksanakan.
- Teman-teman seprofesi yang telah banyak membantu menggantikan mengajar sementar ketika penulis mengikuti kegiatan pengembangan diri dan juga memberikan motivasi untuk segera nyelesaikan penulisan Laporan ini.
Penulis
menyadari bahwa dalam penulisan Laporan ini
masih banyak terdapat
kekurangan bahkan mungkin kesalahan,
baik dalam penyusunan, penyajian maupun sistematika penulisannya. Oleh
karenanya, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua
pihak, demi kesempurnaan penulisan Laporan ini. Meski
demikian, penulis tetap berharap agar kiranya
Laporan ini dapat
bermanfaat bagi pihak lain yang memerlukan.
Samarinda, Mei 2011
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
|
|
HALAMAN
SAMPUL ……………………………………………………………............
IDENTITAS GURU ..........................................................................................................
LEMBAR PENGESAHAN ...............................................................................................
KATA PENGANTAR...........................................................................................................
DAFTAR ISI.........................................................................................................................
BAB
I
PENDAHULUAN……………………………………………………………………......
A. Latar Belakang...............................................................................................................
B. Tujuan.........................................................................................................................
C. Manfaat...........................................................................................................................
BAB II
LAPORAN KEGIATAN PENGEMBANGAN
DIRI........................................
A. Laporan
Kegiatan Bimbingan Teknis Pendidikan Karakter Bangsa melalui
Kegiatan
Ekstrakurikuler Pramuka..............................................................................................
B. Laporan Kegiatan Diklat
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) ……....
C. Laporan Kegiatan Kelompok Kerja
Guru………………
D. Laporan Kegiatan Seminar
Pendidikan Dengan Tema “Hasil Evaluasi Diri Terhadap
Mutu Pendidikan di Provinsi Kaltim, guna mewujudkan Kaltim Cemerlang”………..
BAB
III PENUTUP .................................................................................................
A. Kesimpulan................................................................................................................
B.
Saran.......................................................................................................................
LAMPIRAN – LAMPIRAN.......................................................................................
|
i
ii
iii
iv
v
vi
1
1
1
1
2
2
|
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan
kedudukan yang sangat penting
dalam mencapai visi pendidikan yaitu menciptakan insan Indonesia cerdas dan kompetitif.
Oleh karena itu, profesi guru harus dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana
diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
dalam mencapai visi pendidikan yaitu menciptakan insan Indonesia cerdas dan kompetitif.
Oleh karena itu, profesi guru harus dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana
diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Konsekuensi dari
jabatan guru sebagai profesi, tidak cukup bila guru hanya melakukan tugasnya
mengajar, membimbing dan mendidik para siswanya, melainkan harus selalu
mengembangkan profesinya tersebut. Pengembangan terhadap profesi guru tersebut
hendaklah dilaksanakan secara terprogram dan
berkelanjutan, melalui kegiatan Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) yang
memang merupakan salah satu kegiatan yang dirancang untuk mewujudkan terbentuknya guru yang
profesional. Salah satu jenis kegiatan
PKB adalah Pengembangan Diri.
Kegiatan
Pengembangan Diri tersebut dapat dilakukan melalui dua jenis kegiatan, yaitu:
(1) Mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) fungsional dan/atau (2)
Mengikuti kegiatan kolektif guru. Menyadari akan berbagai kekurangan yang ada
penulis, maka untuk meningkatkan profesionalisme yang penulis rasakan masih
kurang, selama tahun pelajaran 2012/ 2013 ini penulis telah ditugaskan oleh
Kepala Sekolah untuk mengikuti empat jenis kegiatan pengembangan diri, yakni
sebagai berikut:
- Kegiatan Bimbingan Teknis Pendidikan Karakter Bangsa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka
- Kegiatan Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
- Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG)
- Kegiatan Seminar Pendidikan Dengan Tema “Hasil Evaluasi Diri Terhadap Mutu Pendidikan di Provinsi Kaltim, guna mewujudkan Kaltim Cemerlang”.
Sebagai tanggung jawab atas tugas
yang telah diberikan kepala sekolah kepada penulis untuk
mengikuti kegiatan pengembangan diri, dan sekedar untuk mengimbaskan hasil yang penulis
peroleh selama mengikuti kegiatan pengembangan diri tersebut, maka penulis pandang perlu
untuk menulikan laporan kegiatan ini.
mengikuti kegiatan pengembangan diri, dan sekedar untuk mengimbaskan hasil yang penulis
peroleh selama mengikuti kegiatan pengembangan diri tersebut, maka penulis pandang perlu
untuk menulikan laporan kegiatan ini.
B.
Tujuan
Tujuan dari kegiatan pengembangan
diri ini adalah untuk meningkatkan kompetensi penulis sebagai guru, baik
kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi managerial maupun
kompetensi sosial yang penulis rasakan masih kurang.
C.
Manfaat
Manfaat yang diharpkan dari kegiatan pengembangan diri ini antara lain
adalah sebagai berikut:
- Bagi Peserta Didik, akan memperoleh jaminan pelayanan dan pengalaman belajar yang lebih efektif.
- Bagi Guru, dapat memenuhi standar dan mengembangkan kompetensinya sehingga mampu melaksanakan tugas-tugas utamanya secara efektif sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik untuk menghadapi kehidupan di masa datang.
- Bagi Sekolah/Madrasah, akan mampu memberikan layanan pendidikan yang berkualitas kepada peserta didik.
- Bagi Orang Tua/Masyarakat, akan memperoleh jaminan bahwa anak mereka mendapatkan layanan pendidikan yang berkualitas dan pengalaman belajar yang efektif.
- Bagi Pemerintah, akan memberikan jaminan kepada masyarakat tentang layanan pendidikan yang berkualitas dan profesional.
BAB II
LAPORAN KEGIATAN PENGEMBANGAN
DIRI
A.
Laporan
Kegiatan Bimbingan Teknis Pendidikan Karakter Bangsa melalui
Kegiatan
Ekstrakurikuler Pramuka
Ekstrakurikuler Pramuka
1.
Bagian Awal:
a. Judul diklat yang diikuti : Bimbingan Teknis Pendidikan Karakter Bangsa melalui
Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka
b. Waktu pelaksanaan diklat : 3-5 Maret 2012
c. Tempat penyelenggaraan diklat : SDN
01 Samarinda Seberang
d. Tujuan umum diklat : untuk
meningkatkan
kompetensi penulis mengenai
pendidikan
karakter bangsa guna
diimplementasikan
dalam kegiatan kepramukaan di sekolah.
dalam kegiatan kepramukaan di sekolah.
e. Lama waktu pelaksanaan diklat : 3
hari (30 Jam Pelajaran)
f. Surat Tugas dari : Kepsek SDN 028
Samarinda Seberang (Terlampir)
g. Penyelenggara/pelaksana diklat : Dinas
Cabang Disdik Kecamatan Samarinda Seberang
h. Foto kopi sertifikat/Surat keterangan : No.032/DisdikSSbr/III/2012,Tgl.5-03-2012
(Terlampir)
2.
Bagian Isi Laporan
a.
Uraian Tentang Tujuan Khusus Diklat/
Bimtek
Tujuan
khusus diklat/ bimtek ini, setelah mengikuti bimtek peserta bimtek diharapkan
dapat:
- Lebih memahami tentang integrasi pendidikan karakter bangsa melalui kegiatan pembiasaan, intra dan ekstra kurikuler.
- Lebih memahami tentang strategi pengintegrasian pendidikan karakter bangsa melalui kegiatan kepramukaan
- Menerapkan strategi pengintegrasian pendidikan karakter bangsa melalui kegiatan kepramukaan di sekolah/ Madratsah tempatnya bertugas
b.
Uraian Materi Diklat /Bimtek dan
Alokasi Waktu
No
|
Uraian Materi Bimtek
|
Alokasi Waktu
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
12
13
14
|
Pembukaan dilanjutkan kebijakan
tentang pendidikan
karakter bangsa melalui kegiatan
ekstrakurikuler
kepramukaan
Dinamika kelompok dilakukan
Orientasi kegiatan
selama
Kebijakan pendidikan
karakter bangsa
Pendidikan kepramukaan
Pola pendidikan karakter bangsa
Organisasi dan
administrasi gugus
depan
Cara
mendidik anak dengan mengunakan
PDKMK dan system among
Memahami peserta didik siaga
dan penggalang serta kebutuhanya
Menciptakan permainan berbasis
karakter bangsa
Api unggun sebagai
alat pendidik
Permainan sebagai alat pendidikan dan contohnya
Praktik/simulasi
contoh-contoh permainan berbasis karakter bangsa
|
2 jam
2 jam
1 jam
2 jam
2 jam
2 jam
2 jam
4 jam
2 jam
3 jam
2 jam
4 jam
8 jam
|
Jumlah Jam
|
36 jam
|
c. Narasumber
Narasumber bimbingan teknis pendidikan karakter bangsa terdiri dari :
- Unsur dinas pendidikan kab/kota
- Unsur pusdiklatcab Gerakan pramuka
- Pengawas sekolah
d. Peserta Bimbingan
Teknis
Peserta bimbingan teknis pendidikan karakter bangsa melalui kegiatan ekstrakurikuler pada kegiatan kepramukaan adalah para guru pada jenjang pendidikan dasar yang mayoritas adalah pembina pramuka dan pembina muda atau pandega dari berbagai gugus depan dengan jumlah peserta sebanyak 47 orang.
Peserta bimbingan teknis pendidikan karakter bangsa melalui kegiatan ekstrakurikuler pada kegiatan kepramukaan adalah para guru pada jenjang pendidikan dasar yang mayoritas adalah pembina pramuka dan pembina muda atau pandega dari berbagai gugus depan dengan jumlah peserta sebanyak 47 orang.
e. Strategi Kegiatan
Strategi
kegiatan dalam bimbingan teknis pendidikan
karakter bangsa dilakukan
dengan
mengkombinasikan
antara 30 % teori dan 70 % praktik. Adapun strategi/ pendekatan yang digunakan adalah sebagai berikut :
- Menciptakan suasana belajar sesuai dengan topik sajian
- Memberikan petunjuk pembelajaran
- Sharing atas temuan yang ada
- Penyimpulan
f. Hasil/Manfaat Yang Diperoleh
Hasil/manfaat yang penulisperoleh dalam mengikuti kegiatan bimbingan teknis ini antara
lain adalah sebagai berikut:
- Bertambahnya pengetahuan, wawasan, keterampilan yang penulis milki khususnya tentang integrasi pendidikan karakter bangsa melalui kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan di sekolah,
- Penulis lebih memahami pentingnya pelaksanaan pendidikan karakter bangsa bagi peserta didik.
- Penulis lebih memahami tentang pola dan metode pembinaan pendidikan karakter bangsa pada anak didik melalui kegiatan pramuka di sekolah.
g. Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah mengikuti kegiatan bimtek
ini adalah sebagai berikut:
- Penulis akan melakukan diseminasi kepada teman-teman guru di sekolah penulis, dengan jadwal yang akan dibicarakan dengan kepala sekolah.
- Penulis akan mengimplementasikan hasil bimtek ini untuk mengintegrasikan pendidikan karakter bangsa pada semua mata pelajaran terutama Pkn dan IPS.
h. Dampak Setelah Mengikuti Bimbingan
Setelah penulis
mencoba menerapkan hasil bimtek ini dampaknya antara lain adalah sebagai
berikut:
- Kegiatan ekstra kurikuler pramuka di gugus yang penulis bina menjadi lebih aktif, lebih serius dan lebih antusias.
- Anak didik menjadi lebih disiplin dan sikap perilaku mereka menjadi lebih baik.
- Rasa saling menghargai sesama teman, saling membantu sesama teman dan kerja sama di antara sesama peserta didik menjadi meningkat.
i. Penutup
Penyelenggaraan kegiatan bimbingan teknis pendidikan karakter bangsa
melalui kegiatan
ekstrakurikuler kepramukaan
ini bagi penulis
khususnya dan bagi para guru dan pembina pramuka umumnya sangat membantu dalam melakukan pembinaan kepramukaan
di sekolah maupun dalam menanamkan nilai
- nilai karakter bangsa.
Penulis berharap agar kiranya bimbingan teknis semacam ini hendaknya dapat
diprogramkan dan dilaksanakan secara kontinu agar para guru
dan para pembina pramuka dapat meningkatkan kompetensinya khususnya dalam hal kepramukaan dan
pendidikan karakter bangsa.
3.
Bagian Akhir
Matrik
Ringkasan Pelaksanaan Diklat
Nama
Diklat
|
Tempat
Kegiatan
|
Jlh Jam
Diklat
|
Nama-Nama
Fasilitator
|
Mata Diklat/
Kompetensi
|
Nama
Penyeleng-
gara
|
Dampak*)
|
Bimbingan Teknis Pendidikan Karakter Bangsa melalui
Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka
|
SDN
01 Samarinda Seberang
|
36 jam
|
1.
Unsur
disdik Kab/ Kota
2.
Unsur
Pusdiklacab Gerakan Pramuka
3.
Unsur
Pengawas Sekolah
|
1.
Pembukaan dilanjutkan kebijakan tentang
pendidikan karakter bangsa melalui kegiatan
ekstrakurikuler
kepramukaan
2.
Dinamika kelompok dilakukan
3.
Orientasi kegiatan
selama
4.
Kebijakan pendidikan
karakter bangsa
5.
Pendidikan kepramukaan
6.
Pola pendidikan
karakter bangsa
7.
Organisasi dan
administrasi gugus
depan
8.
Cara
mendidik anak dengan mengunakan
PDKMK dan system among
9.
Memahami peserta didik siaga
dan penggalang serta kebutuhanya
10.
Menciptakan permainan berbasis
karakter bangsa
11.
Api unggun sebagai
alat pendidik
12.
Permainan sebagai alat pendidikan dan contohnya
13.Praktik/simulasi
contoh-contoh permainan berbasis karakter bangsa
|
Dinas Cabang
Disdik Kecamatan Samarinda Seberang
|
1.
Kegiatan ekstra kurikuler pramuka di gugus
yang penulis bina menjadi
lebih aktif, lebih serius dan lebih antusias.
2. Penulis lebih memahami pentingnya pelaksanaan pendidikan
karakter bangsa bagi peserta didik
3.
Penulis lebih memahami tentang pola dan metode pembinaan
pendidikan karakter
bangsa pada anak didik
melalui kegiatan pramuka di
sekolah
|
Keterangan: *) isinya mengenai perubahan
prestasi siswa
4.
Lampiran:
a.
Surat
Tugas dari Kepala Sekolah
b.
Foto
Copy Sertifikat Lulus Diklat
Lapiran
1: Surat Tugas
dari Kepala Sekolah
Lapiran
2: Foto Copy
Sertifikat Lulus Diklat
B.
Kegiatan Workshop Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
1.
Bagian Awal:
a. Judul diklat yang diikuti : Kegiatan Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
(PKB)
b. Waktu pelaksanaan diklat : 7-9 Juni 2012
c. Tempat penyelenggaraan diklat : LPMP
Provinsi Kalimantan Timur
d. Tujuan umum diklat : untuk
meningkatkan kompentensi penulis
khususnya yang
berkaitan pengembangan profesi guru.
e. Lama waktu pelaksanaan diklat : 3
hari (30 Jam Pelajaran)
f. Surat Tugas dari : Kepsek SDN
028 Samarinda Seberang (Terlampir)
g. Penyelenggara/pelaksana diklat : LPMP
Provinsi Kalimantan Timur
h. Foto kopi sertifikat/ Surat
keterangan : No.032/LPMP/VII/2012,Tgl.15-06-2012 (Terlampir)
2.
Bagian Isi Laporan
a.
Uraian Tentang Tujuan Khusus
Diklat/ Bimtek
Tujuan
khusus diklat ini, setelah mengikuti bimtek peserta bimtek diharapkan dapat:
- Lebih memahami tentang berbagai peraturan baru terkait dengan kenaikan pangkat/ jabatan fungsional guru dan kaitannya dengan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
- Lebih memahami tentang kegiatan pengembangan diri guru dan pelaporannya.
- Lebih memahami tentang kegiatan publikasi ilmiah dan/ atau karya inovatif guru dan pelaporannya.
- Dapat membuat laporan pengembangan diri guru.
- Dapat membuat laporan hasil PTK.
- Dapat membuat buku Pedoman Guru.
- Dapat membuat laporan hasil karya inovatif.
c.
Uraian Materi Diklat dan Alokasi Waktu
NO
|
MATA DIKLAT
|
Jlh Jam Pel
|
A.
|
PROGRAM UMUM
|
|
1
|
Pembukaan/ Kebijakan
|
2
|
2
|
Penutupan
|
1
|
B.
|
PROGRAM POKOK
|
|
1
|
Overvew
Tentang PKB
|
2
|
2
|
Jenis Kegiatan PKB beserta Angka Kredit dan Cara Penilaiannnya
|
5
|
3
|
Overvew
Tentang PTK
|
3
|
4
|
Praktik Membuat Draft Laporan PTK
|
5
|
5
|
Praktik Membuat Laporan Kegiatan Pengembangan Diri
|
5
|
6
|
Praktik Membuat Buku Pedoman Guru
|
5
|
C.
|
PROGRAM PENUNJANG
|
|
1
|
Orientasi Program
|
1
|
2
|
Evaluasi Program
|
1
|
Jumlah Jam Pel
|
30
|
c. Narasumber
Narasumber diklat PKB
ini terdiri dari :
1. Kepala
LPMP Provinsi Kaltim
2. Unsur Widyaiswara
LPMP Kaltim
d. Peserta Bimbingan
Teknis
Peserta diklat PKB ini adalah para perwakilan guru SD, SMP, SMA, SMK se Kalimantan Timur dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang.
Peserta diklat PKB ini adalah para perwakilan guru SD, SMP, SMA, SMK se Kalimantan Timur dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang.
e. Strategi Kegiatan
Strategi
kegiatan dalam diklat
PKB dengan mengkombinasikan antara 40 % teori dan 60 %
praktik. Adapun strategi/ pendekatan yang
digunakan adalah sebagai berikut
:
- Menciptakan suasana belajar sesuai dengan topik sajian
- Memberikan petunjuk pembelajaran
- Sharing atas temuan yang ada
- Praktik Membuat Laporan Kegiatan PKB
- Penyimpulan
f. Hasil/Manfaat Yang Diperoleh
Hasil/manfaat yang penulisperoleh dalam mengikuti kegiatan diklat ini antara lain adalah sebagai
berikut:
- Penulis dapat lebih memahami tentang berbagai peraturan baru terkait dengan kenaikan pangkat/ jabatan fungsional guru dan kaitannya dengan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
- Penulis dapat lebih mebih memahami tentang kegiatan pengembangan diri guru dan pelaporannya.
- Penulis dapat lebih memahami tentang kegiatan publikasi ilmiah (karya tulis ilmiah) guru dan pelaporannya.
- Penulis dapat lebih mebih memahami tentang kegiatan karya inovatif guru dan pelaporannya.
- Penulis dapat membuat laporan pengembangan diri guru.
- Penulis dapat membuat laporan hasil PTK.
- Penulis dapat membuat buku Pedoman Guru.
- Penulis dapat membuat laporan hasil karya inovatif.
g. Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah mengikuti kegiatan bimtek
ini adalah sebagai berikut:
- Penulis akan melakukan diseminasi hasil diklat ini kepada teman-teman guru di sekolah penulis, dengan jadwal yang akan dibicarakan dengan kepala sekolah.
- Penulis akan mengimplementasikan hasil diklat ini untuk mengembangkan profesi penulis sebagai guru.
- Menuliskan laporan setiap kegiatan pengembangan profesi yang penulis lakukan di sekolah.
h. Dampak Setelah Mengikuti Diklat
Setelah penulis
mencoba menerapkan hasil diklat ini dampaknya antara lain adalah sebagai
berikut:
- Penulis semakin sadar bahwa sebagai guru, tidak cukup bila hanya melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai guru, namun harus selalu mengembangkan profesinya.
- Dengan inovasi - inovasi pembelajaran yang penulis lakukan dalam pembelajaran di kelas melalui PTK, proses pembelajaran menjadi semakin aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
- Motivasi dan hasil belajar siswa menjadi meningkat.
i. Penutup
Penyelenggaraan kegiatan diklat
PKB ini bagi
penulis khususnya dan bagi para guru pada umumnya sangat membantu dalam melakukan pengembangan profesi
guru dan kenaikan pangkat dan jabatan/ karir guru.
Penulis berharap agar kiranya diklat semacam ini hendaknya dapat diprogramkan dan dilaksanakan secara kontinu agar para guru
dapat meningkatkan dalam pengembangan profesionalisme guru.
j.
Bagian Akhir
Matrik
Ringkasan Pelaksanaan Diklat
Nama
Diklat
|
Tempat
Kegiatan
|
Jlh Jam
Diklat
|
Nama-Nama
Fasilitator
|
Mata Diklat/
Kompetensi
|
Nama
Penyeleng-
gara
|
Dampak*)
|
Diklat
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
|
LPNP
Provinsi Kaltim
|
30 jam
|
1.Kepala LPMP
Kaltim
2. Widyaiswara
LPMP Kaltim
|
a.
PROGRAM UMUM
1)
Pembukaan/ Kebijakan
2)
Penutupan
b.
PROGRAM POKOK
1) Overvew Tentang PKB
2) Jenis Kegiatan PKB beserta Angka Kredit dan Cara Penilaiannya
3) Overvew Tentang PTK
4) Praktik Membuat Draft Laporan PTK
5) Praktik Membuat Laporan Kegiatan
Pengembangan Diri
6) Praktik Membuat Buku Pedoman Guru
c. PROGRAM PENUNJANG
1) Orientasi Program
2) Evaluasi Program
|
LPMP Provinsi Kaltim
|
1.
Penulis semakin sadar bahwa sebagai guru, tidak cukup
bila hanya melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai guru, namun harus selalu
mengembangkan profesinya
2.
Dengan
inovasi - inovasi pembelajaran yang
penulis lakukan dalam pembelajaran di kelas melalui PTK, proses pembelajaran
menjadi semakin aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan
3.
Motivasi
dan hasil belajar siswa menjadi
meningkat
|
Keterangan: *) isinya mengenai perubahan
prestasi siswa
5.
Lampiran:
a.
Surat
Tugas dari Kepala Sekolah
b.
Foto
Copy Sertifikat Lulus Diklat
Lapiran 1: Surat Tugas dari Kepala Sekolah
Lapiran
2: Foto Copy
Sertifikat Lulus Diklat
C.
Laporan
Kegiatan Kolektif Guru dalam Kelompok
Kerja Guru (KKG)
1.
Bagian Awal:
a. Judul kegiatan yang diikuti : Kelompok Kerja Guru (KKG)
b. Waktu pelaksanaan kegiatan : Pebruari
s.d Desember 2012
c. Tempat penyelenggaraan kegiatan : SD
Inti (SDN 027 Samarinda Seberang)
d. Tujuan umum kegiatan : untuk
meningkatkan
kompetensi penulis, baik
kompetensi pedagogik, profesional, managerial
maupun sosial.
e. Lama waktu pelaksanaan : 10 kali (6 Jam Pelajaran/ pertemuan)
f. Surat Tugas dari : Kepsek SDN
028 Samarinda Seberang (Terlampir)
g. Penyelenggara/pelaksana diklat : Dinas
Cabang Disdik Kecamatan Samarinda Seberang
h. Foto kopi sertifikat/ Surat keterangan : No.022/KKGSSbr/XI/2012,Tgl.25-12-2012
(Terlampir)
2.
Bagian Isi Laporan
a.
Uraian Tentang Tujuan Khusus Kegiatan
Tujuan
khusus KKG ini, setelah mengikuti KKG
diharapkan peserta KKG dapat:
1)
Memiliki
kompetensi pedagogik minimal sesuai standar kompetensi yang ditetapkan.
2)
Memiliki
kompetensi profesional minimal sesuai standar kompetensi yang ditetapkan.
3)
Memiliki
kompetensi sosial minimal sesuai standar kompetensi yang ditetapkan.
4)
Memiliki
kompetensi managerial minimal sesuai standar kompetensi yang ditetapkan.
b.
Uraian Materi Kegiatan dan
Alokasi Waktu
Pert. Ke-
|
Uraian Materi Bimtek
|
Waktu
Pelaksanaan
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
Penguasaan
kompetensi kepribadian yang diintegrasikan dengan pelajaran PPKN.
Penguasaan kewiraswastaan
yang
diintegrasikan dengan pembelajaraan
IPS.
Penguasaan kompetensi managerial yang diintegrasikan
dengan
pembelajaraan IPS.
Penguasaan kompetensi akademik mata pelajaran di SD.
Penguasaan metodologi pembelajaran di SD
Penguasaan Publikasi Ilmiah/ Karya Inovatif
Guru
Penyusunan Kisi – Kisi dan Butir Soal UTS
Penguasaan Media Pembelajaran.
Penguasaan life skill dan implementasinya dalam pembelajaran di SD.
Pendalaman Materi Mata Pelajaran Matematika di SD.
|
Februari
2012
Maret 2012
April 2012
Mei 2012
Juni 2012
Juli 2012
Agustus 2012
September 2012
Oktober 2012
Nopember 2012
|
Jumlah Pertemuan
|
10 Pertemuan
|
c. Narasumber/ Fasilitator
Narasumber dalam kegiatan KKG ini terdiri
dari :
- Unsur Pengawas Sekolah
- Unsur Kepala Sekolah
- Unsur Guru Inti
d. Peserta KKG
Peserta KKG ini adalah para guru kelas SD/MI yang tergabung dalam Gugus V Loa Janan Ilir dengan jumlah peserta sebanyak 32 orang.
Peserta KKG ini adalah para guru kelas SD/MI yang tergabung dalam Gugus V Loa Janan Ilir dengan jumlah peserta sebanyak 32 orang.
e. Strategi Kegiatan
Strategi
kegiatan dalam KKG ini dilakukan dengan mengkombinasikan antara 30 % teori dan 70 %
praktik. Adapun strategi/ pendekatan yang
digunakan adalah sebagai berikut
:
- Paparan Materi oleh Nara Sumber/ Fasilitator
- Diskusi kelompok dan diskusi kelas
- Penugasan
- Praktik
f. Hasil/Manfaat Yang Diperoleh
Hasil/manfaat yang penulisperoleh dalam mengikuti kegiatan KKG ini antara
lain adalah sebagai berikut:
- Meningkatnya kompetensi penulis, baik kompetensi pedagogok, profesional, managerial maupun sosial.
- Dengan peningkatan kompetensi pedagogok, profesional, managerial maupun sosial yang penulis miliki, penulis dapat percaya diri dalam melaksanakan tugas sebagai guru profesional.
g. Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah mengikuti kegiatan KKG
ini adalah sebagai berikut:
- Penulis akan melakukan diseminasi kepada teman-teman guru di sekolah penulis, dengan jadwal yang akan dibicarakan dengan kepala sekolah.
- Penulis akan mengimplementasikan hasil KKG ini dalam pembelajaran di kelas yang penulis ampu.
h. Dampak Setelah Mengikuti Bimbingan
Setelah penulis
mencoba menerapkan hasil KKG ini dampaknya antara lain adalah sebagai
berikut:
- Penulis lebih percaya diri dalam melaksanakan pembelajaran di kelas dikarenakan semakin mantapnya penguasaan kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan managerial.
- Proses pembelajaran di kelas yang penulis ampu, nampak semakin antusias, makin aktif dan makin bersemangat.
- Hasil belajar siswa yang penulis ampu meningkat.
i. Penutup
Penyelenggaraan kegiatan KKG
ini bagi penulis
khususnya dan bagi para guru pada umumnya, sangat
membantu
para guru dalam meningkatkan kompetensinya maupun dalam melaksanakan tugas
pokok serta profesionalismenya.
Penulis berharap agar kiranya kegiatan KKG semacam ini hendaknya dapat
diprogramkan dan dilaksanakan secara kontinu agar para guru
dapat meningkatkan kompetensinya
maupun profesionalismenya.
3.
Bagian Akhir
Matrik
Ringkasan Pelaksanaan KKG
Nama
Kegiatan
|
Peran Guru
Sebagai
(Peserta,
Pemakalah, Pembahas)
|
Institusi Penyelenggara
|
Tempat
Kegiatan
|
Waktu Kegiatan
|
Nama-
Nama
Fasilitator/
Pemakalah/ Pembahas
|
Dampak*)
|
Kelompok
Kerja Guru (KKG)
|
Sebagai
Peserta
|
Pengurus
KKG Gugus V Loa Janan Ilir
|
SD Inti (SDN 022 Samarinda Seberang)
|
Bulan Pebruari s.d Nopember 2012
|
1.
Unsur
Pengawas
2. Unsur Kepala
Sekolah
3. Unsur Guru Inti
|
a.
Penulis
lebih percaya diri dalam melaksanakan pembelajaran di kelas dikarenakan
semakin mantapnya penguasaan kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan
managerial.
b.
Proses pembelajaran di kelas yang penulis ampu, nampak
semakin antusias, makin aktif dan makin bersemangat
c. Hasil belajar siswa yang penulis ampu meningkat
|
Keterangan: *) Adanya penambahan kompetensi pada guru
sendiri maupun adanya perubahan dalam KBM yang lebih baik dan prestasi siswa.
4.
Lampiran:
a.
Surat
Tugas dari Kepala Sekolah
b.
Foto
Copy Surat Keterangan Sebagai Peserta KKG
Lapiran
1: Surat Tugas
dari Kepala Sekolah
Lapiran
2: Foto Copy Surat
Keterangan Sebagai Peserta KKG
D.
Laporan
Kegiatan Kolektif Guru dalam Kegiatan
Seminar Sehari Dengan Tema: “Evaluasi Diri Sekolah Sebagai Sarana Instruspeksi
Mutu Pendidikan Menuju Kaltim Cemerlang”
1.
Bagian Awal:
a. Judul kegiatan yang diikuti : Seminar Sehari dengan tema: “Hasil
Evaluasi
Diri Terhadap Mutu Pendidikan di Provinsi Kaltim,
guna mewujudkan Kaltim
Cemerlang”
Diri Terhadap Mutu Pendidikan di Provinsi Kaltim,
guna mewujudkan Kaltim
Cemerlang”
b. Waktu pelaksanaan kegiatan : 5
Januari 2013
c. Tempat penyelenggaraan kegiatan : Gedung
Lamin Etam Kantor Gubernur Kaltim
d. Tujuan umum kegiatan : untuk
meningkatkan
wawasan penulis, tentang
Mutu pendidikan dan program – program
pendidikan di provinsi Kaltim.
e. Lama waktu pelaksanaan : satu hari (Jam 08.00 s.d. 17.00 wita)
f. Surat Tugas dari : Kepsek SDN
028 Samarinda Seberang (Terlampir)
g. Penyelenggara/pelaksana kegiatan : LPMP
Provinsi Kaltim
h. Foto kopi sertifikat/ Surat keterangan : No.029/LPMP/I/2013,Tgl.5-1-2013
(Terlampir)
2.
Bagian Isi Laporan
a.
Uraian Tentang Tujuan Khusus
Kegiatan
Tujuan
khusus kegiatan seminar ini adalah sebagai berikut:
1)
Menginformasikan
potret mutu pendidikan di provinsi Kaltim berdasarkan EDS tahun 2012, kepada
masyarakat, pemerintah dan praktisi pendidikan di wilayah Kaltim.
2)
Menginformasikan
kedudukan dan peran LPMP dalam penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan di
provinsi, kepada masyarakat, pemerintah dan praktisi pendidikan di wilayah
Kaltim Memiliki kompetensi sosial minimal sesuai standar kompetensi yang
ditetapkan.
3)
Menginformasikan
program – program peningkatan mutu pendidikan di provinsi Kaltim, kepada
masyarakat, pemerintah dan praktisi pendidikan di wilayah Kaltim.
c.
Uraian Materi Kegiatan dan
Alokasi Waktu
Pert. Ke-
|
Uraian Materi Bimtek
|
Waktu
Pelaksanaan
|
1
2
3
4
|
Peran Pemerintah Pusat dalam rangka Penyelenggaraan dan
Peningkatan Mutu Pendidikan (Oleh: Wakil Kepala Badan DMPK & PMP
Depdikbud)
Potret Mutu Pendidikan di Kaltim Berdasarkan Hasil Eds
Tahun 2012 dan Peran & Tanggung Jawab LPMP dalam Penjaminan Mutu
Pendidikan (oleh Kepala LPMP Provinsi Kaltim)
Program – Program Peningkatan Mutu Pendidikan di Provinsi
Kaltim Selama 5 tahun terakhir dan di masa depan. (oleh: Gubernur Kaltim).
Peran dan Tanggung Jawab Dewan Pendidikan Provinsi
Kaltim Dalam Penyelenggaraan dan Peningkatan Mutu Pendidikan. (Oleh: Ketua
Dewan Pendidikan Provinsi Kaltim)
|
08.00 – 10.00
10.15 – 12.15
13.00 – 15.00
15.30 – 17.00
|
Jumlah Pertemuan
|
Satu hari
|
c. Narasumber/ Fasilitator
Narasumber dalam kegiatan Seminar ini terdiri
dari :
1)
Wakil Kepala Badan DMPK & PMP Depdikbud
2)
Kepala LPMP Provinsi Kaltim
3)
Gubernur Kaltim
4)
Ketua
Dewan Pendidikan Provinsi Kaltim
d. Peserta Seminar
Peserta seminar
yang diundang dan hadir adalah
sebagai berikut:
1)
Para Kepala LPMP Seluruh Wilayah Indonesia.
2)
Kepala Disdik Provinsi Kaltim.
3)
Kadisdik Kab/ Kota Seluruh Provinsi Kaltim.
4)
Para Kepala Sekolah TK, SD, SMP, SMA, SMK se Kaltim.
5)
Perwakilan guru TK,
SD, SMP, SMA, SMK se Kaltim.
6)
Para Widyaiswara LPMP Kaltim.
e. Strategi Kegiatan
Strategi
kegiatan dalam Seminar iniadalah: Pemaparan oleh Prmbicara/
Fasilitator dilanjutkan dengan diskusi/ tanya jawab yang dipandu oleh
Moderator.
f. Hasil/Manfaat Yang Diperoleh
Hasil/manfaat yang penulisperoleh dalam mengikuti kegiatan Seminar Sehari ini antara lain adalah sebagai
berikut:
1)
Mengetahui
kedudukan dan peran Pemerintah Pusat dalam penyelenggaraan dan peningkatan mutu
pendidikan di NKRI
2)
Mengetahui
potret mutu pendidikan di provinsi Kaltim berdasarkan EDS tahun 2012. Kaltim.
3)
Mengetahui
kedudukan dan peran LPMP dalam penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan di
provinsi Kaltim.
4)
Mengetahui program – program
peningkatan mutu pendidikan di provinsi Kaltim
g. Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan penulis setelah mengikuti
kegiatan seminar ini adalah
sebagai berikut:
1)
Penulis
akan melakukan diseminasi kepada teman-teman guru di sekolah penulis,
dengan jadwal
yang akan dibicarakan dengan kepala sekolah.
2)
Penulis
akan mengajak semua komponen pendidik dan tenaga kependidikan serta para siswa
di sekolah untuk selalu berupaya meningkatkan mutu pendidikan.
h. Dampak Setelah Mengikuti Seminar
Setelah mengikuti
seminar ini dampaknya antara lain
adalah sebagai berikut:
1)
Penulis menyadari bahwa mutu pendidikan di sekolah
penulis khususnya dan di Kaltim pada umumnya masih rendah.
2)
Penulis ingin selalu meningkatkan kompetensi dan
profesionalisme, untuk menunjang peningkatan
mutu pendidikan di sekolah penulis khususnya dan di Kaltim pada umumnya.
i. Penutup
Penyelenggaraan kegiatan seminar
semacam ini bagi
penulis khususnya dan bagi para guru, serta para pengambil kebijakan pendidikan
pada umumnya, sangat bermanfaat dalam
rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah maupun di wilayah Kaltim.
Penulis berharap agar kiranya kegiatan Seminar semacam ini hendaknya dapat
diprogramkan dan dilaksanakan secara kontinu agar para guru
dan para pengambil kebijakan di bidang pendidikan serta masyarakat dapat mengetahui
bagaimana mutu pendidikan dan program-program di wilayah Kaltim.
3.
Bagian Akhir
Matrik
Ringkasan Pelaksanaan Seminar.
Nama
Kegiatan
|
Peran Guru
Sebagai
(Peserta,
Pemakalah, Pembahas)
|
Institusi
Penyelenggara
|
Tempat
Kegiatan
|
Waktu Kegiatan
|
Nama-
Nama
Fasilitator/
Pemakalah/ Pembahas
|
Dampak*)
|
Seminar
Sehari dengan tema: “Hasil
Evaluasi Diri Terhadap
Mutu
Pendidikan di Provinsi Kaltim, guna mewujudkan Kaltim
Cemerlang
|
Sebagai
Peserta
|
LPMP
Provinsi Kaltim
|
Gedung Lamin Etam, Kantor Gubernur
Kaltim
|
5 Januari 2013
|
a.
Wakil Kepala Badan DMPK & PMP Depdikbud
b.
Kepala LPMP Provinsi Kaltim
c.
Gubernur Kaltim
d. Ketua Dewan
Pendidikan Provinsi Kaltim
|
a.
Penulis menyadari bahwa mutu pendidikan di sekolah
penulis khususnya dan di Kaltim pada umumnya masih rendah
b.
Penulis ingin selalu meningkatkan kompetensi dan
profesionalisme, untuk menunjang peningkatan
mutu pendidikan di sekolah penulis khususnya dan di Kaltim pada
umumnya
|
Keterangan: *) Adanya penambahan kompetensi pada guru
sendiri maupun adanya perubahan dalam KBM yang lebih baik dan prestasi siswa.
4.
Lampiran:
a.
Surat
Tugas dari Kepala Sekolah
b.
Foto
Copy Sertifikat/ Surat Keterangan Sebagai Peserta Seminar
Lapiran
1: Surat Tugas
dari Kepala Sekolah
Lapiran
2: Foto Copy Sertifikat/
Surat Keterangan Sebagai Peserta Seminar
BAB
III
PENUTUP
A.
Rangkuman
Pada bahan ajar ini dibahas serba singkat tentang dua hal pokok,
yakni:
1.
Tentang Kerangka isi Laporan Kegiatan Pengembangan Diri Guru.
2.
Praktik disertai Contoh – Contoh Laporan Kegiatan Pengembangan
Diri Guru.
Dengan dua hal pokok yang dibahas dalam bahan ajar ini diharapkan
para guru benar – benar dapat membuat Laporan Pengembangan Diri sesuai dengan
pedoman penulisan dan penilaiannya sehingga besar kemungkinan akan mendapatkan
nilai angka kredit sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
B.
Soal Latihan
Buatlah masing – masing sebuah
laporan pengembangan diri mengikuti diklat fungsional dan sebuah laporan
kegiatan kelompok kerja guru yang lengkap sesuai dengan kegiatan pengembangan
diri yang benar – benar diikuti oleh Bpk/ Ibu guru / peserta diklat.
DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas. 2012. Buku
Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Jakarta:
Depdiknas.
Depdiknas. 2012. Buku
Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB( dan Angka
Kreditnya. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2012. Buku
Pedoman Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Jakarta:
Depdiknas.
Depdiknas. 2012. Buku
Pedoman Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Depdiknas.
Peraturan Menteri
Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor
16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan
Angka Kreditnya
Peraturan Bersama
Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor
03/V/PB/2010 dan Nomor 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan
Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan
Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Terima Kasih. Lain kali dibuat versi downloadable file saja biar lebih bagus, rapi, dan mudah.
BalasHapusMohon ijin share Pak...!!!
BalasHapussangat bermanfaat sekali pak, terimakasih
BalasHapusTerima kasih, bapak.
BalasHapusCERITA KISAH SUKSES DARI SAYA JADI PNS
BalasHapusSumpah demi allah ini kisah cerita nyata saya jadi PEGAWAI NEGERI SIPIL
Alhamdulillah berkat bantuan BPK SIDIK KADARUSMAN beliau selaku DIREKTORAT PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN KEPEGAWAIAN di BKN pusat yang telah membantu saya jadi PNS, Nomor hp bpk Drs SIDIK KADARUSMAN hp: 0852'1400'0451
KISAH CERITA SAYA JADI PNS Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS k2 tahun 2014, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no telf Bpk drs SIDIK KADARUSMAN yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai DIREKTORAT PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN KEPEGAWAIAN yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui alamat kantor beliau, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk SIDIK KEDERUSMAN hp: 0852-1400-0451 , siapa tau beliau bisa bantu. Wass