Kamis, 07 Maret 2013

BAHAN AJAR "PRAKTIK MENYUSUN LAPORAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI BAGI GURU"



BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
     Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting   
     dalam mencapai visi  pendidikan yaitu menciptakan insan Indonesia cerdas dan kompetitif. Oleh   
     karena itu, profesi guru harus dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana 
     diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Konsekuensi dari jabatan guru sebagai profesi, diperlukan suatu sistem pembinaan dan pengembangan terhadap profesi guru secara terprogram dan berkelanjutan. Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) merupakan salah satu kegiatan yang dirancang untuk  mewujudkan terbentuknya guru yang profesional.  Salah satu jenis kegiatan PKB adalah Pengembangan Diri.
Berdasar aturan sebelumnya untuk pengajuan angka kredit jabatan guru, kegiatan ini cukup melampirkan Sertifikat Asli atau Fotocopynya yang telah dilegalisir. Namun berdasarkan aturan baru yang mulai diberlakukan tahun 2013, untuk pengajuan angka kredit jabatan guru untuk kegiatan Pengembangan Diri ini diharuskan menyusun Laporan Kegiatan disertai berbagai bukti fisik lainnya. Oleh karenanya perlu disosialisasikan tentang bagaimana menyusun Laporan Kegiatan Pengembangan Diri tersebut.
Sosialisasi tersebut dapat melalui berbagai kegiatan diklat, workshop, KKS/MKKS, KKG/MGMP, dan kegiatan sejenis lainnya. Agar sosialisasi Pembuatan Laporan Kegiatan Pengembangan Diri ini dapat berjalan lancar, efektif dan efisien dipandang perlu disusun bahan ajar terkait dengan berbagai hal tentang Praktik Menyusun Laporan Kegiatan Pengembangan Diri tersebut.
Bahan ajar ini disusun mengacu pada Buku Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), khususnya jenis Pengembangan Diri yang disajikan untuk digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan, baik oleh guru, tim penilai, maupun pemangku kepentingan (stake holder).  

B.   Tujuan
Setelah mempelajari bahan ajar ini, peserta diklat diharapkan dapat:
Membuat laporan tentang kegiatan PKB untuk jenis kegiatan pengembangan diri, sesuai dengan kerangka isi dan ketentuan yang dipersyaratkan untuk mendapatkan nilai angka kredit jabatan guru.

C.  Manfaat
Bahan ajar ini diharapkan dapat dimanfaatkan para guru, khususnya peserta diklat PKB khususnya tentang Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah atau Karya Tulis Ilmiah, dan Karya Inovatif.

D.  Ruang Lingkup
Sesuai dengan tujuan di atas, maka materi yang dibahas dalam bahan ajar ini meliputi:
1.    Kerangka isi laporan kegiatan pengembangan diri.
2.    Praktik Menyusun Laporan Kegiatan Pengembangan Diri.


(1)

BAB II
PEMBAHASAN

Perlu diingat bahwa kegiatan pengembangan diri pada kegiatan PKB, terdiri atas dua macam kegiatan, yaitu: (1) Mengikuti kegiatan  pendidikan dan pelatihan (diklat)  fungsional dan/atau (2) Mengikuti kegiatan kolektif guru.  Oleh karena itu sebelum dilakukan praktik membuat laporan kegiatan pengembangan diri, perlu dilihat bagaimana kerangka isi laporan dari masing – masing kegiatan tersebut berdasarkan pedoman yang ditetapkan.
Kerangka Isi Laporan yang sesuai Pedoman tersebut adalah sebagai berikut:

A.  Kerangka Isi Laporan Mengikuti Kegiatan Diklat Fungsional
Laporan hasil pelatihan harus dibuat oleh guru yang bersangkutan, diketik dan dijilid  serta disajikan dengan kerangka isi sebagai berikut.
1. Bagian Awal: Memuat judul diklat yang diikuti, keterangan tentang kapan waktu pelaksanaan diklat, di mana kegiatan diklat diselenggarakan,  tujuan  dari penyelenggaraan diklat, lama waktu pelaksanaan diklat,  surat penugasan, penyelenggara/pelaksana diklat, surat persetujuan dari kepala sekolah/madrasah,  serta fotokopi sertifikat atau keterangan dari pelaksana diklat.
2.  Bagian Isi:  Antara lain berisi:
a.  Uraian rinci dari tujuan diklat/pengembangan diri yang dilakukan.
b. Penjelasan isi materi yang disajikan dalam diklat/pengembangan diri serta uraian kesesuaian dengan peningkatan keprofesian guru yang bersangkutan.  
c.   Tindak lanjut yang akan atau telah dilaksanakan oleh guru peserta diklat/pengembangan diri berdasarkan hasil dari mengikuti diklat tersebut.
d.  Dampak terhadap peningkatan kompetensi guru dalam peningkatan mutu KBM dan siswanya.
e.     Penutup
3.  Bagian Akhir
4. Lampiran, berupa matrik ringkasan pelaksanaan diklat yang disajikan sebagaimana format berikut:

Nama
Diklat
Tempat
Kegiatan
Jumlah Jam
Kegiatan
Diklat

Nama-
Nama
Fasilitator

Mata Diklat/
Kompetensi

Nama
Penyeleng-
gara
Kegiatan
Dampak*)







Keterangan: *) isinya mengenai perubahan prestasi siswa

B. Kerangka Isi Laporan Mengikuti Kegiatan Kolektif Guru
Laporan untuk setiap  kegiatan kolektif guru yang diikuti  harus dibuat oleh guru yang bersangkutan, diketik dan dijilid  serta disajikan dengan kerangka isi sebagai berikut.
1. Bagian Awal: Memuat judul  kegiatan  yang diikuti, keterangan tentang kapan waktu pelaksanaan, dimana kegiatan dilaksanakan dan tujuan  dari pelaksanaan  kegiatan, lama waktu  pelaksanaan kegiatan,  surat penugasan, surat persetujuan dari kepala sekolah/madrasah, serta fotokopi sertifikat atau keterangan dari pelaksana kegiatan (jika ada).
2.  Bagian Isi:
a.  tujuan kegiatan yang dilakukan;
b.  penjelasan isi kegiatan;
c.  tindak lanjut yang akan atau telah dilaksanakan oleh guru peserta kegiatan tersebut; dan
d.  penutup.
3.  Bagian Akhir
4.  Lampiran,  yang terdiri dari:
a.  makalah  (materi)  yang disajikan dalam kegiatan pertemuan,  bahan  bila yang bersangkutan sebagai penyaji maupun pembahas;
b.  matriks ringkasan pelaksanaan kegiatan kolektif yang disajikan sebagaimana format berikut:
Nama
Kegiatan

Peran Guru Sebagai
(Peserta, Pemakalah, Pembahas)
Institusi Penyelenggara

Tempat Kegiatan
Waktu Kegiatan

Nama-
Nama
Fasilitator/ Pemakalah/ Pembahas
Dampak*)







Keterangan: *) Adanya penambahan kompetensi pada guru sendiri maupun adanya perubahan dalam KBM yang lebih baik dan prestasi siswa.

C.     Alasan Penolakan dan Saran Kegiatan Pengembangan Diri
Perlu juga diperhatikan agar Laporan kegiatan pengembangan diri yang dibuat guru tidak ditolak, maka harus dihindari tiga alasan penolakan sebagaimana tercantum pada tabel berikut ini.

No
Alasan Penolakan dan Saran
1
a.     Laporan tidak dilengkapi dengan surat tugas, surat keterangan keikutsertaan dalam kegiatan, dan dokumen hasil kegiatan.
·      Disarankan agar dilengkapi dengan surat tugas, surat keterangan keikutsertaan dalam kegiatan, dan dokumen hasil kegiatan.
b.     Kegiatan tidak termasuk dalam kriteria yang dapat dinilai angka kreditnya.
·       Disarankan agar melaporkan kegiatan yang sesuai dengan kriteria kegiatan yang dapat dibrikan angka kredit.
c.     Laporan tidak sesuai dengan pedoman
·       Disarankan agar Laporan disesuaikan dan mengacu pada pedoman

D.     Praktik Membuat Laporan Kegiatan Pengembangan Diri
Dalam kegiatan praktik ini telah disiapkan empat macam contoh laporan, yakni:
1.      Contoh Laporan Mengikuti Kegiatan Diklat Fungsional (dua buah contoh terlampir).
2.      Contoh Laporan Mengikuti Kegiatan Kolektif Guru (dua buah contoh terlampir).
Untuk selanjutnya dipersilakan peserta diklat untuk membuat masing – masing sebuah laporan pengembangan diri mengikuti diklat fungsional dan sebuah laporan kegiatan kelompok kerja guru yang lengkap sesuai dengan kegiatan pengembangan diri yang benar – benar diikuti oleh guru / peserta diklat yang bersangkutan.


Halaman Sampul








LAPORAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI




Diajukan Untuk Memperoleh Angka Kredit
Jabatan Fungsional Guru





OLEH :

DWI RENO BOEDIHARTATI
NIP. ................................................






PEMERINTAH KOTA SAMARINDA
DINAS PENDIDIKAN
SD NEGERI 028 SAMARINDA SEBERANG
JUNI 2011




LEMBAR IDENTITAS GURU

1.
Nama Sekolah
:

2.
Nama Guru
:

3.
NIP
:

4.
NUPTK
:

5.
Sertifikat Pendidik
:

6.
Jabatan/Golongan Guru
:

7.
Alamat Sekolah :
a.    Nama Jalan
b.    Lingkungan RT dan Kelurahan/ Desa
c.    Kecamatan
d.    Kabupaten
e.    Provinsi
f.     Telpon/Fax

:
:
:
:
:
:


8.

Mengajar Mata Pelajaran

:


9.

SK Pengangkatan:


a.    Sebagai CPNS:
1)      Pejabat yang mengangkat
2)      Nomor SK
3)      Tanggal SK
b.    Pangkat Terakhir:
1)      Pejabat yang mengangkat
2)      Nomor SK
3)      Tanggal SK

:
:
:

:
:
:



10.

Alamat Rumah:
a.    Nama Jalan
b.    Lingkungan RT dan Kelurahan/ Desa
c.    Kecamatan
d.    Kabupaten
e.    Provinsi
f.     Telpon/ HP/ Fax


:
:
:
:
:
:










HALAMAN PENGESAHAN




Judul Laporan
:
Laporan Kegiatan Pengembangan Diri
Nama
:
DWI RENO BOEDIHARTATI, S.Pd.
NIP
Pangkat/ Golongan
NUPTK
:
:
:


Tempat Tugas
:
SDN 028 Samarinda Seberang
Jabatan
Isi Kegiatan Pengembangan Diri yang dilaporkan
:
:
Guru Kelas
1.    Laporan Kegiatan Bimbingan Teknis Pendidikan Karakter Bangsa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka
2.    Laporan Kegiatan Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
3.    Laporan Kegiatan Kelompok Kerja Guru
4.    Laporan Kegiatan Seminar Pendidikan Dengan Tema “Hasil Evaluasi Diri Terhadap Mutu Pendidikan di Provinsi Kaltim, guna mewujudkan Kaltim Cemerlang



Membenarkan bahwa semua isi dalam Laporan Kegiatan Pengembangan Diri ini adalah sesuai dengan kegiatan yang dilakukan dan hasil tulisan asli yang bersangkutan.











                                                                                                             Samarinda, 20 Juni 2011
            Kepala SDN 028 Samarinda Seberang                                        Koordinator PKB,





                   SUSANTINI, S.Pd, M.M                                              ABDUL KASIM, S.Pd,       
                   NIP : 196103141982102001                                         NIP : 196703141988101002  





KATA PENGANTAR


Puji syukur penulis haturkan ke hadirat Allah SWT, atas segala rahmat dan karunia yang dilimpahkan kepada penulis sehingga Laporan Kegiatan Pengembangan Diri ini dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa Laporan ini dapat diselesaikan berkat adanya bantuan, bimbingan, dorongan dan petunjuk dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar – besarnya kepada:
  1. Ibu Susantini, S.Pd., M.M. selaku Kepala SDN 028 Samarinda Seberang yang telah memberikan tugas kepada penulis untuk mengikuti berbagai kegiatan pengembangan diri yang telah penulis laksanakan.
  2. Teman-teman seprofesi yang telah banyak membantu menggantikan mengajar sementar ketika penulis mengikuti kegiatan pengembangan diri dan juga memberikan motivasi untuk segera nyelesaikan penulisan Laporan ini.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan ini masih banyak terdapat kekurangan bahkan mungkin kesalahan, baik dalam penyusunan, penyajian maupun sistematika penulisannya. Oleh karenanya, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak, demi kesempurnaan penulisan Laporan ini. Meski demikian, penulis tetap berharap agar kiranya Laporan ini dapat bermanfaat bagi pihak lain yang memerlukan.
                                                                                                                                                                                                                                                                                           Samarinda,  Mei 2011
                                                                                                                            Penulis






















DAFTAR ISI

Halaman
HALAMAN SAMPUL ……………………………………………………………............
IDENTITAS GURU  ..........................................................................................................
LEMBAR PENGESAHAN  ...............................................................................................
KATPENGANTAR...........................................................................................................
DAFTAR ISI.........................................................................................................................
BAB I  PENDAHULUAN……………………………………………………………………......
A.  Latar Belakang...............................................................................................................
B.   Tujuan.........................................................................................................................
C.  Manfaat...........................................................................................................................
BAB II LAPORAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI........................................
A.  Laporan Kegiatan Bimbingan Teknis Pendidikan Karakter Bangsa melalui Kegiatan 
     Ekstrakurikuler Pramuka..............................................................................................
B.   Laporan Kegiatan Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) ……....
C.   Laporan Kegiatan Kelompok Kerja Guru………………
D.  Laporan Kegiatan Seminar Pendidikan Dengan Tema “Hasil Evaluasi Diri Terhadap 
     Mutu Pendidikan di Provinsi Kaltim, guna mewujudkan Kaltim Cemerlang”………..

BAB III PENUTUP    .................................................................................................
A.  Kesimpulan................................................................................................................
B.    Saran.......................................................................................................................

LAMPIRAN – LAMPIRAN.......................................................................................

i
ii
iii
iv
v

vi
1
1
1
1

2
2






BAB I
PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang
      Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting
      dalam mencapai visi  pendidikan yaitu menciptakan insan Indonesia cerdas dan kompetitif.   
      Oleh karena itu, profesi guru harus dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana 
      diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Konsekuensi dari jabatan guru sebagai profesi, tidak cukup bila guru hanya melakukan tugasnya mengajar, membimbing dan mendidik para siswanya, melainkan harus selalu mengembangkan profesinya tersebut. Pengembangan terhadap profesi guru tersebut hendaklah dilaksanakan secara terprogram dan berkelanjutan, melalui kegiatan Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) yang memang merupakan salah satu kegiatan yang dirancang untuk  mewujudkan terbentuknya guru yang profesional.  Salah satu jenis kegiatan PKB adalah Pengembangan Diri.
Kegiatan Pengembangan Diri tersebut dapat dilakukan melalui dua jenis kegiatan, yaitu: (1) Mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) fungsional dan/atau (2) Mengikuti kegiatan kolektif guru. Menyadari akan berbagai kekurangan yang ada penulis, maka untuk meningkatkan profesionalisme yang penulis rasakan masih kurang, selama tahun pelajaran 2012/ 2013 ini penulis telah ditugaskan oleh Kepala Sekolah untuk mengikuti empat jenis kegiatan pengembangan diri, yakni sebagai berikut:
  1. Kegiatan Bimbingan Teknis Pendidikan Karakter Bangsa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka 
  2. Kegiatan Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) 
  3. Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) 
  4. Kegiatan Seminar Pendidikan Dengan Tema “Hasil Evaluasi Diri Terhadap Mutu Pendidikan di Provinsi Kaltim, guna mewujudkan Kaltim Cemerlang”.
      Sebagai tanggung jawab atas tugas yang telah diberikan kepala sekolah kepada penulis untuk 
      mengikuti kegiatan pengembangan diri, dan sekedar untuk mengimbaskan hasil yang penulis 
      peroleh selama mengikuti kegiatan pengembangan diri tersebut, maka penulis pandang perlu
      untuk menulikan laporan kegiatan ini.

B.       Tujuan
Tujuan dari kegiatan pengembangan diri ini adalah untuk meningkatkan kompetensi penulis sebagai guru, baik kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi managerial maupun kompetensi sosial yang penulis rasakan masih kurang.

C.       Manfaat
Manfaat yang diharpkan dari kegiatan pengembangan diri ini antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Bagi Peserta Didik,  akan memperoleh jaminan pelayanan dan pengalaman belajar yang lebih efektif. 
  2. Bagi Guru, dapat memenuhi standar dan mengembangkan kompetensinya sehingga mampu melaksanakan tugas-tugas utamanya secara efektif  sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik untuk menghadapi kehidupan di masa datang. 
  3. Bagi Sekolah/Madrasah, akan mampu memberikan layanan pendidikan yang berkualitas kepada peserta didik. 
  4. Bagi Orang Tua/Masyarakat, akan memperoleh jaminan bahwa anak mereka mendapatkan layanan pendidikan yang berkualitas dan pengalaman belajar yang efektif. 
  5. Bagi Pemerintah, akan memberikan jaminan kepada masyarakat tentang layanan pendidikan yang berkualitas dan profesional.


BAB II
LAPORAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI

A.       Laporan Kegiatan Bimbingan Teknis Pendidikan Karakter Bangsa melalui Kegiatan
        Ekstrakurikuler Pramuka
1.    Bagian Awal:
a.       Judul diklat yang diikuti                    :  Bimbingan Teknis Pendidikan Karakter Bangsa melalui
                                                                      Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka
b.      Waktu pelaksanaan diklat                  :  3-5 Maret 2012
c.       Tempat penyelenggaraan diklat         :  SDN 01 Samarinda Seberang
d.      Tujuan umum diklat                          :  untuk  meningkatkan  kompetensi  penulis  mengenai
                                                                    pendidikan  karakter bangsa guna diimplementasikan
                                                                    dalam kegiatan kepramukaan di sekolah.
e.       Lama waktu pelaksanaan diklat        : 3 hari (30 Jam Pelajaran)
f.       Surat Tugas dari                                 : Kepsek SDN 028 Samarinda Seberang (Terlampir)
g.       Penyelenggara/pelaksana diklat        : Dinas Cabang Disdik Kecamatan Samarinda Seberang
h.      Foto kopi sertifikat/Surat keterangan : No.032/DisdikSSbr/III/2012,Tgl.5-03-2012 (Terlampir)
2.    Bagian Isi Laporan
a.      Uraian Tentang Tujuan Khusus Diklat/ Bimtek
Tujuan khusus diklat/ bimtek ini, setelah mengikuti bimtek peserta bimtek diharapkan dapat:
  1. Lebih memahami tentang integrasi pendidikan karakter bangsa melalui kegiatan pembiasaan, intra dan ekstra kurikuler. 
  2. Lebih memahami tentang strategi pengintegrasian pendidikan karakter bangsa melalui kegiatan kepramukaan 
  3. Menerapkan  strategi pengintegrasian pendidikan karakter bangsa melalui kegiatan kepramukaan di sekolah/ Madratsah tempatnya bertugas
b.      Uraian Materi Diklat /Bimtek dan Alokasi Waktu
No
Uraian Materi Bimtek
Alokasi Waktu
1

2
3
4
5
6
7
8
9
10
12
13
14
Pembukaan dilanjutkan kebijakan tentang pendidikan karakter bangsa melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan
Dinamika kelompok dilakukan
Orientasi kegiatan selama
Kebijakan pendidikan karakter bangsa
Pendidikan kepramukaan
Pola pendidikan karakter bangsa
Organisasi dan administrasi gugus depan
Cara mendidik anak dengan mengunakan PDKMK dan system among
Memahami peserta didik siaga dan penggalang serta kebutuhanya
Menciptakan permainan berbasis karakter bangsa
Api unggun sebagai alat pendidik
Permainan sebagai alat pendidikan dan contohnya
Praktik/simulasi contoh-contoh permainan  berbasis karakter bangsa
2 jam

2 jam
1 jam
2 jam
2 jam
2 jam
2 jam
4 jam
2 jam
3 jam
2 jam
4 jam
8 jam
Jumlah Jam
36 jam

c.     Narasumber
Narasumber bimbingan teknis pendidikan karakter bangsa terdiri dari :
  1. Unsur dinas pendidikan kab/kota
  2. Unsur pusdiklatcab Gerakan pramuka
  3. Pengawas sekolah
d.   Peserta Bimbingan Teknis 
Peserta  bimbingan  teknis  pendidikan  karakter  bangsa  melalui  kegiatan  ekstrakurikuler  pada kegiatan kepramukaan adalah para guru pada jenjang pendidikan dasar yang mayoritas adalah pembina pramuka dan pembina muda atau pandega dari berbagai gugus depan dengan jumlah peserta sebanyak 47 orang.

e.   Strategi Kegiatan
Strategi  kegiatan  dalam  bimbingan  teknis  pendidikan  karakter  bangsa  dilakukan  dengan mengkombinasikan antara 30 % teori dan 70 % praktik. Adapun strategi/ pendekatan yang digunakan adalah sebagai berikut :
  1. Menciptakan suasana belajar sesuai dengan topik sajian 
  2. Memberikan petunjuk pembelajaran
  3. Sharing atas temuan yang ada 
  4. Penyimpulan
f.     Hasil/Manfaat Yang Diperoleh
Hasil/manfaat yang penulisperoleh dalam mengikuti kegiatan bimbingan teknis ini antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Bertambahnya pengetahuan, wawasan, keterampilan yang penulis milki khususnya tentang integrasi pendidikan karakter bangsa melalui kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan di sekolah, 
  2. Penulis lebih memahami pentingnya pelaksanaan pendidikan karakter bangsa bagi peserta didik. 
  3. Penulis lebih memahami tentang pola dan metode pembinaan pendidikan karakter bangsa pada anak didik melalui kegiatan pramuka di sekolah.
g.    Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah mengikuti kegiatan bimtek ini adalah sebagai berikut:
  1. Penulis akan melakukan diseminasi kepada teman-teman guru di sekolah penulis, dengan jadwal yang akan dibicarakan dengan kepala sekolah.
  2. Penulis akan mengimplementasikan hasil bimtek ini untuk mengintegrasikan pendidikan karakter bangsa pada semua mata pelajaran terutama Pkn dan IPS.

h.   Dampak Setelah Mengikuti Bimbingan
Setelah penulis mencoba menerapkan hasil bimtek  ini dampaknya antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Kegiatan ekstra kurikuler pramuka di gugus yang penulis bina menjadi lebih aktif, lebih serius dan lebih antusias. 
  2. Anak didik menjadi lebih disiplin dan sikap perilaku mereka menjadi lebih baik. 
  3. Rasa saling menghargai sesama teman, saling membantu sesama teman dan kerja sama di antara sesama peserta didik menjadi meningkat.
i.     Penutup
Penyelenggaraan kegiatan bimbingan teknis pendidikan karakter bangsa melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan ini bagi penulis khususnya dan bagi para guru dan pembina pramuka umumnya sangat membantu dalam melakukan pembinaan kepramukaan di sekolah maupun dalam menanamkan nilai - nilai karakter bangsa.

Penulis berharap agar kiranya bimbingan teknis semacam ini hendaknya dapat diprogramkan dan dilaksanakan secara kontinu agar para guru dan para pembina pramuka dapat meningkatkan kompetensinya khususnya dalam hal kepramukaan dan pendidikan karakter bangsa.

3.    Bagian Akhir

 Matrik Ringkasan Pelaksanaan Diklat 
Nama
Diklat
Tempat
Kegiatan
Jlh Jam
Diklat

Nama-Nama
Fasilitator

Mata Diklat/
Kompetensi
Nama
Penyeleng-
gara
Dampak*)
Bimbingan Teknis Pendidikan Karakter Bangsa melalui                                                                   Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka

SDN 01 Samarinda Seberang
36 jam
1.     Unsur disdik Kab/ Kota
2.     Unsur Pusdiklacab Gerakan Pramuka
3.     Unsur Pengawas Sekolah
1.     Pembukaan dilanjutkan kebijakan tentang pendidikan karakter bangsa melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan
2.      Dinamika kelompok dilakukan
3.      Orientasi kegiatan selama
4.      Kebijakan pendidikan karakter bangsa
5.      Pendidikan kepramukaan
6.      Pola pendidikan karakter bangsa
7.      Organisasi dan administrasi gugus depan
8.      Cara mendidik anak dengan mengunakan PDKMK dan system among
9.      Memahami peserta didik siaga dan penggalang serta kebutuhanya
10.   Menciptakan permainan berbasis karakter bangsa
11.   Api unggun sebagai alat pendidik
12.   Permainan sebagai alat pendidikan dan contohnya
13.Praktik/simulasi contoh-contoh permainan  berbasis karakter bangsa
Dinas Cabang Disdik Kecamatan Samarinda Seberang

1.     Kegiatan ekstra kurikuler pramuka di gugus yang penulis bina menjadi lebih aktif, lebih serius dan lebih antusias.
2.  Penulis lebih memahami pentingnya pelaksanaan pendidikan karakter bangsa bagi peserta didik
3.    Penulis lebih memahami tentang pola dan metode pembinaan pendidikan karakter bangsa pada anak didik melalui kegiatan pramuka di sekolah
Keterangan: *) isinya mengenai perubahan prestasi siswa

4.      Lampiran:
a.       Surat Tugas dari Kepala Sekolah
b.      Foto Copy Sertifikat Lulus Diklat

Lapiran 1: Surat Tugas dari Kepala Sekolah


















































Lapiran 2: Foto Copy Sertifikat Lulus Diklat


















































B.       Kegiatan Workshop Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
1.    Bagian Awal:
a.    Judul diklat yang diikuti                     :  Kegiatan Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
                                                             (PKB)
b.    Waktu pelaksanaan diklat                   :  7-9 Juni 2012
c.    Tempat penyelenggaraan diklat          :  LPMP Provinsi Kalimantan Timur
d.    Tujuan umum diklat                           :  untuk meningkatkan kompentensi penulis khususnya yang
                                                                           berkaitan pengembangan profesi guru.
e.    Lama waktu pelaksanaan diklat          :  3 hari (30 Jam Pelajaran)
f.     Surat Tugas dari                                  : Kepsek SDN 028 Samarinda Seberang (Terlampir)
g.    Penyelenggara/pelaksana diklat          :  LPMP Provinsi Kalimantan Timur
h.    Foto kopi sertifikat/ Surat keterangan :  No.032/LPMP/VII/2012,Tgl.15-06-2012 (Terlampir)
2.    Bagian Isi Laporan
a.         Uraian Tentang Tujuan Khusus Diklat/ Bimtek
Tujuan khusus diklat ini, setelah mengikuti bimtek peserta bimtek diharapkan dapat:
  1. Lebih memahami tentang berbagai peraturan baru terkait dengan kenaikan pangkat/ jabatan  fungsional guru dan kaitannya dengan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). 
  2. Lebih memahami tentang kegiatan pengembangan diri guru dan pelaporannya. 
  3. Lebih memahami tentang kegiatan publikasi ilmiah dan/ atau karya inovatif guru dan pelaporannya. 
  4. Dapat membuat laporan pengembangan diri guru. 
  5. Dapat membuat laporan hasil PTK. 
  6. Dapat membuat buku Pedoman Guru. 
  7. Dapat membuat laporan hasil karya inovatif.
c.       Uraian Materi Diklat  dan Alokasi Waktu
NO
MATA DIKLAT
Jlh Jam Pel
A.
PROGRAM UMUM

1
Pembukaan/ Kebijakan
2
2
Penutupan
1
B.
PROGRAM POKOK

1
Overvew Tentang PKB
2
2
Jenis Kegiatan PKB beserta Angka Kredit dan Cara Penilaiannnya
5
3
Overvew Tentang PTK
3
4
Praktik Membuat Draft Laporan PTK
5
5
Praktik Membuat Laporan Kegiatan Pengembangan Diri
5
6
Praktik Membuat Buku Pedoman Guru
5
C.
PROGRAM PENUNJANG

1
Orientasi Program
1
2
Evaluasi Program
1
Jumlah Jam Pel
30

c.     Narasumber
Narasumber  diklat PKB ini terdiri dari :
1.   Kepala LPMP Provinsi Kaltim
2.   Unsur Widyaiswara LPMP Kaltim
d.    Peserta Bimbingan Teknis 
Peserta  diklat  PKB ini adalah para perwakilan guru SD, SMP, SMA, SMK  se Kalimantan Timur dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang.
e.    Strategi Kegiatan
Strategi  kegiatan  dalam  diklat PKB  dengan mengkombinasikan antara 40 % teori dan 60 % praktik. Adapun strategi/ pendekatan yang digunakan adalah sebagai berikut :
  1. Menciptakan suasana belajar sesuai dengan topik sajian 
  2. Memberikan petunjuk pembelajaran 
  3. Sharing atas temuan yang ada 
  4. Praktik Membuat Laporan Kegiatan PKB 
  5. Penyimpulan
f.     Hasil/Manfaat Yang Diperoleh
Hasil/manfaat yang penulisperoleh dalam mengikuti kegiatan diklat  ini antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Penulis dapat lebih memahami tentang berbagai peraturan baru terkait dengan kenaikan pangkat/ jabatan  fungsional guru dan kaitannya dengan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
  2. Penulis dapat lebih mebih memahami tentang kegiatan pengembangan diri guru dan pelaporannya.
  3. Penulis dapat lebih memahami tentang kegiatan publikasi ilmiah (karya tulis ilmiah) guru dan pelaporannya.
  4. Penulis dapat lebih mebih memahami tentang kegiatan karya inovatif guru dan pelaporannya.
  5. Penulis dapat membuat laporan pengembangan diri guru.
  6. Penulis dapat membuat laporan hasil PTK.
  7. Penulis dapat membuat buku Pedoman Guru.
  8. Penulis dapat membuat laporan hasil karya inovatif.
g.    Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah mengikuti kegiatan bimtek ini adalah sebagai berikut:
  1. Penulis akan melakukan diseminasi hasil diklat ini kepada teman-teman guru di sekolah penulis, dengan jadwal yang akan dibicarakan dengan kepala sekolah.
  2. Penulis akan mengimplementasikan hasil diklat ini untuk mengembangkan profesi penulis sebagai guru.
  3. Menuliskan laporan setiap kegiatan pengembangan profesi yang penulis lakukan di sekolah.
h.   Dampak Setelah Mengikuti Diklat
Setelah penulis mencoba menerapkan hasil diklat  ini dampaknya antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Penulis semakin sadar bahwa sebagai guru, tidak cukup bila hanya melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai guru, namun harus selalu mengembangkan profesinya.
  2. Dengan inovasi - inovasi  pembelajaran yang penulis lakukan dalam pembelajaran di kelas melalui PTK, proses pembelajaran menjadi semakin aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
  3. Motivasi dan hasil belajar siswa  menjadi meningkat.
i.     Penutup
Penyelenggaraan kegiatan diklat PKB ini bagi penulis khususnya dan bagi para guru pada umumnya sangat membantu dalam melakukan pengembangan profesi guru dan kenaikan pangkat dan jabatan/ karir guru.

Penulis berharap agar kiranya diklat semacam ini hendaknya dapat diprogramkan dan dilaksanakan secara kontinu agar para guru dapat meningkatkan dalam pengembangan profesionalisme guru.
j.    Bagian Akhir
     Matrik Ringkasan Pelaksanaan Diklat

Nama
Diklat
Tempat
Kegiatan
Jlh Jam
Diklat

Nama-Nama
Fasilitator

Mata Diklat/
Kompetensi
Nama
Penyeleng-
gara
Dampak*)
Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

LPNP Provinsi Kaltim
30 jam
1.Kepala LPMP Kaltim
2. Widyaiswara LPMP Kaltim
a. PROGRAM UMUM
1) Pembukaan/ Kebijakan
2) Penutupan
b. PROGRAM POKOK
1)  Overvew Tentang PKB
2)  Jenis Kegiatan PKB  beserta Angka Kredit dan Cara Penilaiannya
3)  Overvew Tentang PTK
4)  Praktik Membuat Draft Laporan PTK
5)  Praktik Membuat Laporan Kegiatan Pengembangan Diri
6)  Praktik Membuat Buku Pedoman Guru
c.  PROGRAM PENUNJANG
1)  Orientasi Program
2)  Evaluasi Program
 LPMP Provinsi Kaltim

1.     Penulis semakin sadar bahwa sebagai guru, tidak cukup bila hanya melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai guru, namun harus selalu mengembangkan profesinya
2.     Dengan inovasi - inovasi  pembelajaran yang penulis lakukan dalam pembelajaran di kelas melalui PTK, proses pembelajaran menjadi semakin aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan
3.     Motivasi dan hasil belajar siswa  menjadi meningkat
Keterangan: *) isinya mengenai perubahan prestasi siswa

5.      Lampiran:
a.    Surat Tugas dari Kepala Sekolah
b.    Foto Copy Sertifikat Lulus Diklat

Lapiran 1: Surat Tugas dari Kepala Sekolah


















































Lapiran 2: Foto Copy Sertifikat Lulus Diklat


















































C.       Laporan Kegiatan Kolektif Guru dalam Kelompok Kerja Guru (KKG)
1.    Bagian Awal:
a.    Judul kegiatan yang diikuti                 :  Kelompok Kerja Guru (KKG)
b.    Waktu pelaksanaan kegiatan               :  Pebruari s.d Desember 2012
c.    Tempat penyelenggaraan kegiatan      :  SD Inti (SDN 027 Samarinda Seberang)
d.    Tujuan umum kegiatan                       :  untuk  meningkatkan  kompetensi  penulis, baik
                                                kompetensi pedagogik, profesional, managerial
                                                maupun sosial.
e.    Lama waktu pelaksanaan                    :  10 kali (6 Jam Pelajaran/ pertemuan)
f.     Surat Tugas dari                                  : Kepsek SDN 028 Samarinda Seberang (Terlampir)
g.    Penyelenggara/pelaksana diklat          :  Dinas Cabang Disdik Kecamatan Samarinda Seberang
h.    Foto kopi sertifikat/ Surat keterangan :  No.022/KKGSSbr/XI/2012,Tgl.25-12-2012 (Terlampir)
2.    Bagian Isi Laporan
a.      Uraian Tentang Tujuan Khusus Kegiatan
Tujuan khusus KKG  ini, setelah mengikuti KKG diharapkan peserta KKG dapat:
1)        Memiliki kompetensi pedagogik minimal sesuai standar kompetensi yang ditetapkan.
2)        Memiliki kompetensi profesional minimal sesuai standar kompetensi yang ditetapkan.
3)        Memiliki kompetensi sosial minimal sesuai standar kompetensi yang ditetapkan.
4)        Memiliki kompetensi managerial minimal sesuai standar kompetensi yang ditetapkan.
b.      Uraian Materi Kegiatan dan Alokasi Waktu
Pert. Ke-
Uraian Materi Bimtek
 Waktu Pelaksanaan
1
2
3

4
5
6
7
8
9
10
Penguasaan kompetensi kepribadian yang diintegrasikan dengan pelajaran PPKN.
Penguasaan  kewiraswastaan  yang  diintegrasikan  dengan  pembelajaraan  IPS.   
Penguasaan  kompetensi managerial  yang  diintegrasikan  dengan  pembelajaraan  IPS.   
Penguasaan  kompetensi akademik mata pelajaran di SD.   
Penguasaan  metodologi pembelajaran di SD   
Penguasaan  Publikasi Ilmiah/ Karya Inovatif  Guru   
Penyusunan Kisi – Kisi dan Butir Soal UTS
Penguasaan  Media Pembelajaran.   
Penguasaan  life skill dan implementasinya dalam pembelajaran di SD.   
Pendalaman Materi Mata Pelajaran Matematika di SD.  
Februari 2012
Maret 2012
April 2012

Mei 2012
Juni 2012
Juli 2012
Agustus 2012
September 2012
Oktober 2012
Nopember 2012

Jumlah Pertemuan
10 Pertemuan

c.     Narasumber/ Fasilitator
Narasumber dalam kegiatan KKG ini terdiri dari :
  1. Unsur Pengawas Sekolah
  2. Unsur Kepala Sekolah
  3. Unsur Guru Inti
d.   Peserta KKG 
Peserta  KKG ini adalah para guru kelas SD/MI yang tergabung dalam Gugus V Loa Janan Ilir dengan jumlah peserta sebanyak 32 orang.

e.   Strategi Kegiatan
Strategi  kegiatan  dalam  KKG ini dilakukan  dengan mengkombinasikan antara 30 % teori dan 70 % praktik. Adapun strategi/ pendekatan yang digunakan adalah sebagai berikut :
  1. Paparan Materi oleh Nara Sumber/ Fasilitator
  2. Diskusi kelompok dan diskusi kelas
  3. Penugasan
  4. Praktik
f.     Hasil/Manfaat Yang Diperoleh
Hasil/manfaat yang penulisperoleh dalam mengikuti kegiatan KKG ini antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Meningkatnya kompetensi penulis, baik kompetensi pedagogok, profesional, managerial maupun sosial.
  2. Dengan peningkatan kompetensi pedagogok, profesional, managerial maupun sosial yang penulis miliki, penulis dapat percaya diri dalam melaksanakan tugas sebagai guru profesional.
g.    Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah mengikuti kegiatan KKG ini adalah sebagai berikut:
  1. Penulis akan melakukan diseminasi kepada teman-teman guru di sekolah penulis, dengan jadwal yang akan dibicarakan dengan kepala sekolah.
  2. Penulis akan mengimplementasikan hasil KKG ini dalam pembelajaran di kelas yang penulis ampu.
h.   Dampak Setelah Mengikuti Bimbingan
Setelah penulis mencoba menerapkan hasil KKG  ini dampaknya antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Penulis lebih percaya diri dalam melaksanakan pembelajaran di kelas dikarenakan semakin mantapnya penguasaan kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan managerial. 
  2. Proses pembelajaran di kelas yang penulis ampu, nampak semakin antusias, makin aktif dan makin bersemangat. 
  3. Hasil belajar siswa yang penulis ampu meningkat.
i.     Penutup
Penyelenggaraan kegiatan KKG ini bagi penulis khususnya dan bagi para guru pada umumnya, sangat membantu para guru dalam meningkatkan kompetensinya maupun dalam melaksanakan tugas pokok serta profesionalismenya.

Penulis berharap agar kiranya kegiatan KKG semacam ini hendaknya dapat diprogramkan dan dilaksanakan secara kontinu agar para guru dapat meningkatkan kompetensinya maupun profesionalismenya.

3.    Bagian Akhir
     Matrik Ringkasan Pelaksanaan KKG
Nama
Kegiatan

Peran Guru Sebagai
(Peserta, Pemakalah, Pembahas)
Institusi Penyelenggara

Tempat Kegiatan
Waktu Kegiatan

Nama-
Nama
Fasilitator/ Pemakalah/ Pembahas
Dampak*)
Kelompok Kerja Guru (KKG)

Sebagai Peserta
Pengurus KKG Gugus V Loa Janan Ilir
SD Inti (SDN 022 Samarinda Seberang)
Bulan Pebruari s.d Nopember 2012
1.     Unsur Pengawas
2.     Unsur Kepala Sekolah
3.     Unsur Guru Inti
a.       Penulis lebih percaya diri dalam melaksanakan pembelajaran di kelas dikarenakan semakin mantapnya penguasaan kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan managerial.
b.      Proses pembelajaran di kelas yang penulis ampu, nampak semakin antusias, makin aktif dan makin bersemangat
c.     Hasil belajar siswa yang penulis ampu meningkat
Keterangan:  *) Adanya penambahan kompetensi pada guru sendiri maupun adanya perubahan dalam KBM yang lebih baik dan prestasi siswa.

4.      Lampiran:
a.       Surat Tugas dari Kepala Sekolah
b.      Foto Copy Surat Keterangan Sebagai Peserta KKG

























Lapiran 1: Surat Tugas dari Kepala Sekolah


















































Lapiran 2: Foto Copy Surat Keterangan Sebagai Peserta KKG


















































D.       Laporan Kegiatan Kolektif Guru dalam Kegiatan Seminar Sehari Dengan Tema: “Evaluasi Diri Sekolah Sebagai Sarana Instruspeksi Mutu Pendidikan Menuju Kaltim Cemerlang”

1.    Bagian Awal:
a.    Judul kegiatan yang diikuti                 :  Seminar Sehari dengan tema: “Hasil Evaluasi 
                                                                     Diri  Terhadap Mutu Pendidikan di Provinsi Kaltim,
                                                                     guna mewujudkan Kaltim  
                                                                     Cemerlang”                                               
b.    Waktu pelaksanaan kegiatan               :  5 Januari 2013
c.    Tempat penyelenggaraan kegiatan      :  Gedung Lamin Etam Kantor Gubernur Kaltim
d.    Tujuan umum kegiatan                       :  untuk  meningkatkan  wawasan  penulis, tentang
                                                Mutu pendidikan dan program – program
                                                pendidikan di provinsi Kaltim.
e.    Lama waktu pelaksanaan                    :  satu hari (Jam 08.00 s.d. 17.00 wita)
f.     Surat Tugas dari                                  : Kepsek SDN 028 Samarinda Seberang (Terlampir)
g.    Penyelenggara/pelaksana kegiatan      :  LPMP Provinsi Kaltim
h.    Foto kopi sertifikat/ Surat keterangan :  No.029/LPMP/I/2013,Tgl.5-1-2013 (Terlampir)

2.    Bagian Isi Laporan
a.    Uraian Tentang Tujuan Khusus Kegiatan
Tujuan khusus kegiatan seminar ini adalah sebagai berikut:
1)        Menginformasikan potret mutu pendidikan di provinsi Kaltim berdasarkan EDS tahun 2012, kepada masyarakat, pemerintah dan praktisi pendidikan di wilayah Kaltim.
2)        Menginformasikan kedudukan dan peran LPMP dalam penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan di provinsi, kepada masyarakat, pemerintah dan praktisi pendidikan di wilayah Kaltim Memiliki kompetensi sosial minimal sesuai standar kompetensi yang ditetapkan.
3)        Menginformasikan program – program peningkatan mutu pendidikan di provinsi Kaltim, kepada masyarakat, pemerintah dan praktisi pendidikan di wilayah Kaltim.
c.       Uraian Materi Kegiatan dan Alokasi Waktu
Pert. Ke-
Uraian Materi Bimtek
 Waktu Pelaksanaan
1

2


3

4


Peran Pemerintah Pusat dalam rangka Penyelenggaraan dan Peningkatan Mutu Pendidikan (Oleh: Wakil Kepala Badan DMPK & PMP Depdikbud)
Potret Mutu Pendidikan di Kaltim Berdasarkan Hasil Eds Tahun 2012 dan Peran & Tanggung Jawab LPMP dalam Penjaminan Mutu Pendidikan (oleh Kepala LPMP Provinsi Kaltim)
Program – Program Peningkatan Mutu Pendidikan di Provinsi Kaltim Selama 5 tahun terakhir dan di masa depan. (oleh: Gubernur Kaltim).
Peran dan Tanggung Jawab Dewan Pendidikan Provinsi Kaltim Dalam Penyelenggaraan dan Peningkatan Mutu Pendidikan. (Oleh: Ketua Dewan Pendidikan Provinsi Kaltim)    
08.00 – 10.00

10.15 – 12.15


13.00 – 15.00

15.30 – 17.00
Jumlah Pertemuan
Satu hari

c.     Narasumber/ Fasilitator
Narasumber dalam kegiatan Seminar ini terdiri dari :
1)        Wakil Kepala Badan DMPK & PMP Depdikbud
2)        Kepala LPMP Provinsi Kaltim
3)        Gubernur Kaltim
4)        Ketua Dewan Pendidikan Provinsi Kaltim

d.   Peserta Seminar
Peserta  seminar yang diundang dan hadir adalah sebagai berikut:
1)      Para Kepala LPMP Seluruh Wilayah Indonesia.
2)      Kepala Disdik Provinsi Kaltim.
3)      Kadisdik Kab/ Kota Seluruh Provinsi Kaltim.
4)      Para Kepala Sekolah TK, SD, SMP, SMA, SMK se Kaltim.
5)      Perwakilan guru  TK, SD, SMP, SMA, SMK se Kaltim.
6)      Para Widyaiswara LPMP Kaltim.

e.   Strategi Kegiatan
Strategi  kegiatan  dalam  Seminar iniadalah: Pemaparan oleh Prmbicara/ Fasilitator dilanjutkan dengan diskusi/ tanya jawab yang dipandu oleh Moderator.

f.     Hasil/Manfaat Yang Diperoleh
Hasil/manfaat yang penulisperoleh dalam mengikuti kegiatan Seminar Sehari ini antara lain adalah sebagai berikut:
1)        Mengetahui kedudukan dan peran Pemerintah Pusat dalam penyelenggaraan dan peningkatan mutu pendidikan di NKRI
2)        Mengetahui potret mutu pendidikan di provinsi Kaltim berdasarkan EDS tahun 2012. Kaltim.
3)        Mengetahui kedudukan dan peran LPMP dalam penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan di provinsi Kaltim.
4)    Mengetahui program – program peningkatan mutu pendidikan di provinsi Kaltim

g.    Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan penulis setelah mengikuti kegiatan seminar ini adalah sebagai berikut:
1)        Penulis akan melakukan diseminasi kepada teman-teman guru di sekolah penulis, dengan jadwal yang akan dibicarakan dengan kepala sekolah.
2)        Penulis akan mengajak semua komponen pendidik dan tenaga kependidikan serta para siswa di sekolah untuk selalu berupaya meningkatkan mutu pendidikan.


h.   Dampak Setelah Mengikuti Seminar
Setelah mengikuti seminar ini dampaknya antara lain adalah sebagai berikut:
1)        Penulis menyadari bahwa mutu pendidikan di sekolah penulis khususnya dan di Kaltim pada umumnya masih rendah.
2)        Penulis ingin selalu meningkatkan kompetensi dan profesionalisme, untuk menunjang peningkatan  mutu pendidikan di sekolah penulis khususnya dan di Kaltim pada umumnya.

i.     Penutup
Penyelenggaraan kegiatan seminar semacam ini bagi penulis khususnya dan bagi para guru, serta para pengambil kebijakan pendidikan pada umumnya, sangat bermanfaat dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah maupun di wilayah Kaltim.

Penulis berharap agar kiranya kegiatan Seminar semacam ini hendaknya dapat diprogramkan dan dilaksanakan secara kontinu agar para guru dan para pengambil kebijakan di bidang pendidikan serta masyarakat dapat mengetahui bagaimana mutu pendidikan dan program-program di wilayah Kaltim.

3.    Bagian Akhir

     Matrik Ringkasan Pelaksanaan Seminar.
Nama
Kegiatan

Peran Guru Sebagai
(Peserta, Pemakalah, Pembahas)
Institusi Penyelenggara

Tempat Kegiatan
Waktu Kegiatan

Nama-
Nama
Fasilitator/ Pemakalah/ Pembahas
Dampak*)
Seminar Sehari dengan tema: “Hasil Evaluasi Diri Terhadap                                                             Mutu Pendidikan di Provinsi Kaltim, guna mewujudkan Kaltim                                                           Cemerlang

Sebagai Peserta
LPMP Provinsi Kaltim
Gedung Lamin Etam, Kantor Gubernur Kaltim
5 Januari 2013
a.      Wakil Kepala Badan DMPK & PMP Depdikbud
b.     Kepala LPMP Provinsi Kaltim
c.      Gubernur Kaltim
d.      Ketua Dewan Pendidikan Provinsi Kaltim
a.      Penulis menyadari bahwa mutu pendidikan di sekolah penulis khususnya dan di Kaltim pada umumnya masih rendah
b.    Penulis ingin selalu meningkatkan kompetensi dan profesionalisme, untuk menunjang peningkatan  mutu pendidikan di sekolah penulis khususnya dan di Kaltim pada umumnya
Keterangan:  *) Adanya penambahan kompetensi pada guru sendiri maupun adanya perubahan dalam KBM yang lebih baik dan prestasi siswa.

4.    Lampiran:
a.       Surat Tugas dari Kepala Sekolah
b.      Foto Copy Sertifikat/ Surat Keterangan Sebagai Peserta Seminar
















Lapiran 1: Surat Tugas dari Kepala Sekolah


















































Lapiran 2: Foto Copy Sertifikat/ Surat Keterangan Sebagai Peserta Seminar


















































BAB III
PENUTUP
A.  Rangkuman

Pada bahan ajar ini dibahas serba singkat tentang dua hal pokok, yakni:
1.      Tentang Kerangka isi Laporan Kegiatan Pengembangan Diri Guru.
2.      Praktik disertai Contoh – Contoh Laporan Kegiatan Pengembangan Diri Guru.
Dengan dua hal pokok yang dibahas dalam bahan ajar ini diharapkan para guru benar – benar dapat membuat Laporan Pengembangan Diri sesuai dengan pedoman penulisan dan penilaiannya sehingga besar kemungkinan akan mendapatkan nilai angka kredit sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

B.   Soal Latihan

Buatlah masing – masing sebuah laporan pengembangan diri mengikuti diklat fungsional dan sebuah laporan kegiatan kelompok kerja guru yang lengkap sesuai dengan kegiatan pengembangan diri yang benar – benar diikuti oleh Bpk/ Ibu guru / peserta diklat.
























DAFTAR PUSTAKA

Depdiknas. 2012. Buku Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2012. Buku Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB( dan Angka Kreditnya. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2012. Buku Pedoman Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2012. Buku Pedoman Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Depdiknas.


Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  Nomor  16  Tahun  2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya

Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 03/V/PB/2010 dan Nomor 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.


















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar