1. Latar Belakang Penulisan
Memasuki tahun 2013 nanti, mulai diberlakukan peraturan baru tentang sistim pembinaan dan kepangkatan Jabatan Fungsional Guru dengan diberlakukannya Permeneg PAN dan RB No. 16 Tahun 2009 dan Permendiknas beserta Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) dan Petunjuk Teknis (Juknis) yang menyertainya.
Salah satu peraturan tersebut adalah mulai diberlakukannya sistim Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Kegiatan PKB tersebut terdiri atas tiga komponen, yakni: (1) Pengembangan Diri, (2) Publikasi Ilmiah dan (3) Karya Inovatif.
Bila pada peraturan sebelumnya untuk kenaikan pangkat dan golongan, para guru baru diwajibkan melakukan pengembangan profesi mulai golongan dari IV/a ke IV/b ke atas dan diberikan kebebasan mengenai bentuk/ jenis pengembangan profesinya, namun mulai tahun 2013 mulai dari gol terendah guru yakni dari gol III/a ke gol III/b sudah diwajibkan melakukan Pengembangan Diri, sedang dari golongan III/b ke atas sudah diwajibkan melakukan kegiatan Pengembangan Diri dan Publikasi Ilmiah atau Karya Inovatif dengan nilai angka kredit bervariasi sesuai dengan golongannya.
Salah satu jenis dari Publikasi Ilmiah Guru (istilah sebelumnya disebut Karya Tulis Ilmiah/ KTI), adalah berupa Laporan Hasil Penelitian, yang umumnya berupa Penelitian Tindakan Kelas /PTK) atau Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) khusus bagi Kepala Sekolah.
Untuk melakukan PTK, perlu dipilih berbagai Model atau Strategi Pembelajaran yang diharapkan akan efektif atau dapat memperbaiki prosaes dan/ atau hasil pembelajaran yang selama ini dilakukan oleh guru dan dirasakan ada masalah.
2. Rumusan Pertanyaan
Dalam tulisan ini akan mencoba menjawab dua buah pertanyaan, yakni:
- Model - model pembelajaran apa saja yang efektif?
- Bagaimana pembahasan dari masing - masing model pembelajaran yang efektif tersebut?
Ada dua tujuan utama penulisan makalah ini, yakni sebagai berikut:
- Untuk berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman dengan teman - teman widyaiswara, para guru dan pihak lain yang memerlukannya.
- Untuk membantu teman - teman widyaiswara dan guru dalam memilih berbagai model pembelajaran yang dapat digunakan sebagai tindakan pembelajaran jika para guru ingin melakukan PTK itulah tulisan ini ditulis.
B. PEMBAHASAN
1. Model - Model Pembelajaran yang Efektif
Sebelum dibahas lebih lanjut, perlu dipahami prinsip - prinsip dalam memilih model pembelajaran untuk diterapkan di kelas, yakni sebagai berikut:
- Tidak ada satupun model pembelajaran yang cocok/ efektif diterapkan untuk semua mata pelajaran, semua materi/ topik dan/ atau semua kelas.
- Masing - masing model pembelajaran itu memiliki kelebihan dan kelemahan.
- Untuk memilih model pembelajaran, perlu disesuaikan dengan jenis mata pelajaran, materi/ topik yang dibahas, tingkat kemampuan/ tahap perkembangan kognitif peserta didik, media/ alat peraga yang digunakan dan tentu saja kemampuan dan/ atau pengalaman guru.
- Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning)
- Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI)
- Bermain Peran (Role Playing)
- Pembelajaran Partisipatif (Participative Teaching and Learning)
- Belajar Tuntas (Mastery Learning)
- Pembelajaran dengan Modul (Modular Instruction)
- PAIKEM
- Quantum Learning
- Pembelajaran Inkuiri
- Model Examples Non Examples (Contoh - Contoh dan Bukan Contoh - Contoh)
- Picture And Picture
- Numbered Heads Together
- Cooperative Script
- Kepala Bernomor Struktur
- Student Teams-Achievement Divisions (STAD)/Tim Siswa Kelompok Prestasi (Slavin, 1995)
- Problem Based Introductuon (PBI)/(Pembelajaran Berdasarkan Masalah)
- Mind Mapping
- Make – A Match (Mencari Pasangan) (Lorna Curran, 1994)
- Think Pair And Share (Frank Lyman, 1985)
- Debat
- Role Playing
- Group Investigation (Sharan, 1992)
- Talking Stick
- Bertukar Pasangan
- Snawball Throwing
- Facilitator And Explaining
- Course Review Horay
- Demonstration
- Explicit Intruction/Pengajaran Langsung(Rosenshina & Stevens, 1986)
- Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC)/Kooperatif Terpadu Membaca Dan Menulis (Steven & Slavin, 1995)
- Inside-Outside-Circle/Lingkaran Kecil-Lingkaran Besar (Spencer Kagan)
- Tebak Kata
2. Pembahasan dari Masing - Masing Model Pembelajaran yang Efektif
C. SUMBER BACAAN/ DAFTAR PUSTAKA
- Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka SetiaAbin Syamsuddin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Remaja.Beda Strategi, Model, Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran (http://smacepiring.wordpress.com/)Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega, 1990. Strategi Belajar Mengajar (Diktat Kuliah). Bandung: FPTK-IKIP Bandung.E. Mulyasa.2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konsep; Karakteristik dan Implementasi. Bandung : P.T. Remaja Rosdakarya._________. 2004. Implementasi Kurikulum 2004; Panduan Pembelajaran KBK. Bandung : P.T. Remaja Rosdakarya.Udin S. Winataputra, dkk. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas TerbukaW. Gulo. 2005. Strategi Belajar Mengajar Jakarta :. Grasindo.Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar